Ukuran Kapiler AC, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Fungsi pipa kapiler dalam AC adalah untuk mengatur aliran refrigeran dari unit outdoor (kondensor) ke unit indoor (evaporator). Pipa kapiler adalah salah satu jenis pipa yang digunakan dalam sistem pendingin AC (Air Conditioner).

Pipa kapiler merupakan salah satu komponen kritis dalam sistem AC, dan perlu dijaga agar tidak terjadi kerusakan atau kebocoran. Perawatan dan pemeriksaan rutin oleh teknisi AC yang berpengalaman akan membantu memastikan pipa kapiler dan sistem AC berfungsi dengan baik.

Fungsi pipa kapiler dalam AC

1. Penyempitan Aliran Refrigeran: Pipa kapiler memiliki diameter yang lebih kecil daripada pipa lainnya dalam sistem AC. Fungsi ini adalah untuk menyempitkan aliran refrigeran yang keluar dari kondensor menuju evaporator. Penyempitan ini membantu menciptakan tekanan tinggi pada sisi kondensor dan tekanan rendah pada sisi evaporator, yang diperlukan untuk proses pendinginan.

2. Mengatur Aliran Refrigeran: Pipa kapiler juga berfungsi mengatur aliran refrigeran yang masuk ke evaporator. Dengan diameter yang lebih kecil, pipa kapiler membatasi jumlah refrigeran yang masuk ke evaporator, sehingga mengatur suhu dan tekanan dalam evaporator.

3. Mengubah Fase Refrigeran: Pipa kapiler membantu dalam mengubah fase refrigeran dari cair menjadi gas di evaporator. Ketika refrigeran melewati pipa kapiler, tekanan rendah dan suhu rendah di evaporator menyebabkan refrigeran menguap dan menyerap panas dari udara di sekitarnya.

4. Menjaga Kecepatan Aliran Refrigeran: Pipa kapiler membantu menjaga kecepatan aliran refrigeran yang masuk ke evaporator. Kecepatan aliran yang tepat diperlukan untuk memastikan efisiensi pendinginan yang optimal. Pipa kapiler adalah komponen penting dalam sistem AC yang membantu mengatur aliran refrigeran dan memastikan kinerja pendinginan yang baik. Penting untuk memilih pipa kapiler yang sesuai dengan spesifikasi AC dan sistem pendinginan yang digunakan.

5. Memindahkan Refrigeran: Pipa kapiler bertindak sebagai saluran sempit yang menghubungkan unit evaporator dengan unit kondensor dalam sistem AC. Fungsinya adalah untuk memindahkan refrigeran dari evaporator, di mana refrigeran menguap dan menyerap panas dari ruangan, ke kondensor di mana refrigeran mendingin dan mengeluarkan panas ke udara luar.

6. Membuat Refrigeran Menguap: Pipa kapiler juga berfungsi untuk mengubah refrigeran dari fase cair menjadi fase gas atau menguap. Ketika refrigeran melewati pipa kapiler yang sangat sempit, tekanan turun secara drastis dan menyebabkan refrigeran menguap. Proses pengembunan ini memberikan pendinginan saat refrigeran melewati evaporator dan menyerap panas dari ruangan.

Pipa kapiler adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan AC. Berikut ini adalah cara kerja pipa kapiler dalam AC:

Dampak Kerusakan Pipa Kapiler

Jika pipa kapiler dalam sistem AC mengalami kerusakan, beberapa risiko yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

1. Penurunan Efisiensi Pendinginan: Pipa kapiler yang rusak atau bocor dapat menyebabkan penurunan efisiensi pendinginan. Kebocoran pada pipa kapiler dapat mengakibatkan kehilangan refrigeran yang penting untuk proses pendinginan. Akibatnya, sistem AC mungkin tidak mampu mencapai suhu yang diinginkan atau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan.

2. Kerusakan pada Komponen Lain: Kebocoran atau kerusakan pada pipa kapiler dapat menyebabkan tekanan tidak stabil dalam sistem AC. Hal ini dapat memberikan beban tambahan pada komponen lain, seperti kompresor dan kondensor. Jika tekanan yang tidak stabil terus terjadi, dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada komponen tersebut dan memperpendek umur sistem AC secara keseluruhan.

3. Kinerja AC yang Tidak Konsisten: Pipa kapiler yang rusak dapat menyebabkan kinerja AC menjadi tidak konsisten. Misalnya, suhu ruangan mungkin naik dan turun secara tiba-tiba, atau AC mungkin tidak mampu mendinginkan ruangan secara merata. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan menyebabkan ketidakpuasan.

4. Kebocoran Refrigeran yang Berbahaya: Jika pipa kapiler mengalami kebocoran, refrigeran yang digunakan dalam sistem AC dapat bocor ke lingkungan. Beberapa jenis refrigeran, seperti freon, dapat berpotensi merusak lapisan ozon dan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Selain itu, inhalasi refrigeran dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Oleh karena itu, penting untuk segera menangani kebocoran pipa kapiler dan memperbaikinya.

Tips pengantian pipa kapiler dengan tepat

1. Matikan aliran listrik ke unit pendingin yang menggunakan pipa kapiler.

2. Pastikan bahwa sistem pendingin telah sepenuhnya kosong dari refrigeran. Jika masih ada refrigeran di dalam sistem, Anda perlu mengeluarkannya dengan menggunakan alat penghisap vakum.

3. Identifikasi pipa kapiler yang akan diganti dan pastikan Anda memiliki pipa kapiler pengganti yang sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

4. Gunakan alat yang tepat, seperti pemotong pipa atau gergaji pipa, untuk memotong bagian pipa kapiler yang ingin diganti.

5. Setelah bagian pipa kapiler yang rusak telah dilepas, pasanglah pipa kapiler pengganti dengan hati-hati. Pastikan pipa kapiler baru terpasang dengan rapat dan aman.

6. Setelah pipa kapiler baru terpasang, pastikan tidak ada kebocoran pada sambungan pipa. Gunakan alat pengencang atau perekat yang sesuai untuk memastikan sambungan tersebut kedap udara.

7. Setelah semua langkah selesai, Anda dapat mengisi ulang refrigeran ke dalam sistem pendingin dan memulai kembali aliran listrik. Penting untuk diingat bahwa penggantian pipa kapiler adalah tugas yang memerlukan keahlian dan pengetahuan tentang sistem pendingin. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam melakukan perbaikan ini, disarankan untuk menghubungi teknisi yang terlatih untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Ukuran Pipa kapiler AC

Untuk menentukan ukuran pipa kapiler yang akan digunakan pada AC trainer unit jenis ekspansi langsung, Ukuran pipa kapiler yang direkomendasikan yang ditandai warna kuning merupakan pilihan optimal dari ukuran pipa kapiler. Apabila ukuran

Berikut tabel ukuran pipa kapiler untuk kapasitas AC 1/2 (Setengah) sd 2 (Dua) Pk sesuai penggunaan refrigerant freon.

NO.Kapasitas ACPenggunaan freonPANJANG KAPILERDIAMETER
11/2 – 3/4 – 1 PkR2290 cm0,54 mm
R32100 cm0.70 mm
R410A90 cm0,8 mm
21.5 – 2PkR2290 cm0,70 mm
R32100 cm0,70 mm
R410A90 cm0,80 mm
Tabel ukuran pipa kapiler AC