Penyebab Mesin Cuci Error E1 Dan Cara Mengatasi

Masalah mesin cuci error E1 bisa menjadi masalah umum yang sering dihadapi oleh para pemilik mesin cuci. Error E1 ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Penyebab mesin cuci error E1

Salah satu penyebab umum error E1 adalah gangguan pada pasokan air yang kurang baik. Gangguan ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada bagian kontrol mesin cuci. Untuk mengatasi masalah error E1, pertama-tama periksa pasokan air / air masuk.

Pastikan mesin cuci terhubung dengan sumber air dan tidak ada sumbatan pada kran maupun selang atau filter slenoid. Jika aliran air masuk sudah terjamin,

Langkah pengecekan yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa bagian kontrol air pada mesin cuci sebagai berikut :

  • Periksa apakah pasokan air telah dihidupkan dan tekanan air mencukupi 
  • Periksa apakah selang air tidak tertekuk. 
  • Periksa filter saluran masuk di dalam ujung Katup AirPeriksa sambungan dan kabel ke katup saluran masuk air.

Cara mengatasi mesin cuci Error E1

kode error E1 mesin cuci polytron Buka panel kontrol mesin cuci dan periksa apakah ada kerusakan pada kabel yang terhubung ke bagian kontrol. Jika ada kabel yang lepas atau rusak, segera perbaiki atau ganti kabel yang rusak. Selain itu, periksa juga apakah ada komponen elektronik yang terlihat rusak atau berkarat.

Jika ada, gantilah komponen tersebut sesuai petunjuk dari produsen. Jika setelah memeriksa koneksi listrik dan bagian kontrol mesin cuci masih belum menyelesaikan masalah, langkah berikutnya adalah mencoba mereset mesin cuci.

Caranya, matikan mesin cuci dan cabut kabel listrik dari stopkontak. Biarkan mesin cuci dalam keadaan mati selama beberapa menit, kemudian hubungkan kembali kabel listrik dan nyalakan mesin cuci. Setelah itu, coba jalankan mesin cuci dan lihat apakah error E1 masih muncul.

Jika error E1 masih muncul setelah melakukan langkah-langkah di atas, ada baiknya untuk menghubungi teknisi profesional atau pihak layanan pelanggan dari produsen mesin cuci. Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut dan bantuan untuk mengatasi masalah error E1 dengan tepat.

Penting untuk diingat bahwa mencoba memperbaiki masalah sendiri tanpa pengetahuan yang cukup dapat berisiko, jadi lebih baik meminta bantuan dari ahlinya.