Penyebab Mesin Cuci Error DE & Cara Mengatasi

Penyebab Mesin Cuci Error DE, Kode DE ini merupakan fitur diagnosis kode kesalahan pada kinerja mensin cuci samsung, LG dan merk lainnya

Mesin cuci sudah menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga, untuk mencuci pakaian dalam sehari – hari, namun apa daya bila tiba – tiba mesin cuci error DE, Hal tersebut bikin cemas dalam masalah ini, namun tetapi tidak ada salahnya bila anda mencoba memperbaikin mesin cuci error DE ini, dengan mengikuti tips dan trik yang kami berikan.

Penyebab mesin cuci error DE

Penyebab mesin cuci error DE dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah masalah pada kunci pintu yang tidak terkunci dengan baik, kegagalan pada sensor atau switch pintu, atau ada benda yang terjebak di antara pintu mesin cuci.

Perhatikan kode kesalahan mesin cuci tulisan DE, berikut dari sumber buku panduan dari pabriknya,

  • DE = Door Error – Kode ini berarti pintu mesin cuci belum tertutup dengan rapat.

Kesalahan DE pada mesin cuci biasanya menunjukkan adanya masalah pada pintu atau mekanisme kuncinya. Untuk mengatasi masalah dan mengatasi mesin cuci ada tulisan DE , perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Periksa apakah pintu telah tertutup dan terkunci dengan benar. Jika pintu tidak ditutup atau terkunci dengan benar, hal ini dapat memicu kesalahan mesin cuci tampilan DE.
  • Periksa mekanisme kunci pintu apakah ada kerusakan atau penghalang yang terlihat. Jika ada bagian yang rusak atau terhambat, mungkin perlu diperbaiki atau diganti.
  • Pastikan tidak ada pakaian atau benda asing yang menghalangi pintu untuk menutup dengan benar.
  • Jika langkah di atas tidak mengatasi kesalahan DE, disarankan untuk berkonsultasi dengan produsen atau menghubungi teknisi profesional untuk bantuan lebih lanjut.

Pertama-tama, periksa kunci pintu mesin cuci untuk memastikan bahwa pintu terkunci dengan baik. Kadang-kadang, jika pintu tidak terkunci secara penuh, mesin cuci akan menunjukkan pesan error DE.

Baca Juga : Arti Kode Error Mesin Cuci Sharp Dan Cara Mengatasi

Pastikan juga tidak ada barang atau pakaian yang terjebak di antara pintu, karena hal ini dapat mengganggu kunci pintu dan menyebabkan pesan error muncul.

Selanjutnya, periksa sensor atau switch pintu mesin cuci. Jika salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan atau kegagalan, mesin cuci akan menunjukkan pesan error DE. Coba periksa apakah ada kerusakan pada sensor atau switch pintu dan ganti jika diperlukan.

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, sebaiknya menghubungi teknisi atau layanan purna jual produsen mesin cuci.

Mereka akan dapat memberikan bantuan lebih lanjut untuk memperbaiki masalah error DE pada mesin cuci.


Cara mengatasi kode
 DE pada mesin cuci samsung

Cara mengatasi kode DE pada mesin cuci samsung , penting untuk tetap berhati-hati dan tidak mencoba memperbaiki sendiri jika tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup.

Mengutak-atik mesin cuci tanpa pengetahuan yang memadai dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada mesin cuci atau bahkan membahayakan diri sendiri. Pastikan untuk selalu mematuhi petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen.

Berikut langkah – langkah cara mengatasi mesin cuci samsung error DE :

  • Matikan mesin cuci (tekan tombol off)
  • Kurangi pakaian jika terlalu penuh, biasanya pintu tidak rapat terganjal pakaian
  • Coba hidupkan kembali

Bila cara ini tidak berhasil, silahkan cek switch pintu, biasanya terdapat kabel switch pintu putus, an switch pintu sudah rusak, silahkan ganti switch pintu dnegan yang baru.

Mengatasi Mesin cuci LG error DE

Kesalahan LG DE adalah masalah umum yang terjadi pada mesin cuci LG. Biasanya dipicu ketika ada masalah dengan kait atau kunci pintu. Untuk mengatasi kesalahanmesin cuci LG error DE, ikuti langkah-langkah berikut:

  • kode error de mesin cuci lg front loading – DE atau de1 artinya Door Error

Jenis kerusakan door error / kesalahan pintu ini biasanya mesin cuci akan keluar kode DE1 dan DE2, ketiga jenis kode itu mengidentifikasikan pada 1 kesalahan (door error)

Penyebab mesin cuci LG error DE 1 tabung ini dikarenakan adanya kesalahan seputar pintu, yang berarti pintu tidak tertutup rapat / switch pintu tidak terhubung dengan baik, anda dapat mencoba memperbaiki menutup pintu engan baik.

Apabila pintu mesin cuci sudah tertutup rapat namun mesin cuci tetap keluar tulisan DE silahkan periksa switch pintu.

Oke baiklah inilah cara mengatasi mesin cuci error DE, semoga dapat menambah wawasan dalam perbaikan kerusakan serupa. trimakasih