Penyebab Kulkas Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulkas Nyetrum dan Cara Mengatasinya – Ada beberapa komponen yang mesti anda periksa dan perbaiki sesuai pengalaman kami.

Ketika menggunakan kulkas, tiba-tiba saja Kamu merasakan kesetrum saat menyentuhnya. Hal ini tentu bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan dan bisa membahayakan keselamatan Kamu. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kulkas mengalami hal ini,

Penyebab Kulkas Nyetrum serta cara mengatasinya

Ada beberapa penyebab yang menjadikan kulkas nyetrum yang mesti kamu ketahui, agar nyaman ketika menggunakan, kemungkinan hal ini terjadi kerusakan ringan dan berat baik merek kulkas sharp polytron samsung lg dan merek lain lainnya.

1. Kompresor kulkas rusak (Short Body) Nyetrum

Tahukan kamu, jenis kerusakan kompresor short body ? Short body pada kompresor yaitu kondisi spul atau gulungan didalam kompresor rusak sudah mengelupas, sehingga aliran listrik didalam kabel gulungan terhantar pada kompresor,

Kerusakan kompresor short body biasanya pemakaian kulkas sudah terlalu lama, bahkan kerusakan ini juga menjadi penyebab kulkas nyetrum menjadi tidak dingin.

Mengatasi kompresor short body

Untuk memastikan penyebab kompresor kulkas nyetrum mengalami kerusakan short body perlu tindakan lebih lanjut yaitu, mengecek aliran pin / shoket penghubung komponen apakah terhubung dengan body kompresor,

Kamu bisa memastikannya menggunakan multi tester, berikut langkah – langkahnya :

  1. Siapkan multi tester
  2. Pilih mode ohm
  3. Hubungan kabel multi tester (-) ke pin / shoket kompresor
  4. Hubungan kabel multi tester (+) ke body kompresor

Baca Juga : 8 Penyebab Kulkas 2 Pintu Bawah Tidak Dingin

Ketika jarum multi tester gerak naik atau jika multi tester digital keluar nilainya berati kondisi kompresor benar benar terjadi kerusakan short body,

Dan apabila jarum multi tester tidak gerak naik atau jika multi tester digital tidak keluar nilainya, Maka kompresor tidak bermasalah.

Mengatasi kompresor short body yang menyebabkan kulkas nyetrum yaitu lakukan 2 cara seperti berikut ini :

  1. Menyepul kumparan / lilitan didalam kompresor
  2. Ganti kompresor

Selanjut nya kamu harus memeriksa pada bagian selanjutnya yang dimana bagian yang menjadi penyebab kulkas nyetrum, yakni

2. Rangkaian kabel mengelupas

Didalam unit elektronik pasti terdapat kabel – kabel untuk menghubungkan komponenya dan sebagai mengalirkan arus listrik, seperti kulkas ini,

apabila terdapat kabel yang melupas dan bersentuhan dengan body yang terbuat dari baja maka aliran listrik akan merambat maka ketika kita memegang body kulkas akan tersengat setrum.

Solusi kompresor short body

Kabel yang mengelupas ini biasanya terjadi karena digigit tikus, dan pemakaian kulkas sudah terlalu lama, Hal ini kamu harus cek pada seluruh kabel menggunakan multi tester, oke langsung saja ikuti langkah langkah di bawah ini :

  1. Siapkan multi tester
  2. Pilih mode ohm
  3. Hubungan kabel multi tester (-) ke pin / Stop kontak
  4. Hubungan kabel multi tester (+) ke body kulkas

Ketika jarum multi tester gerak naik atau jika multi tester digital keluar nilainya berati kondisi kabel ada yang melupas menjadi penyebab Kulkas Nyetrum.

Dan apabila jarum multi tester tidak gerak naik atau jika multi tester digital tidak keluar nilainya, Maka kabel tidak masalah atau mengelupas.

3. Grounding tidak fungsi

Salah satu diantaranya adalah masalah grounding pada kulkas itu sendiri. Ketika grounding pada kulkas tidak berfungsi dengan baik, maka muatan listrik tidak bisa dialirkan dengan benar, sehingga membuatnya tersimpan di dalam kulkas dan siap untuk menimbulkan kesetrum saat disentuh.

Selain itu, kulkas juga bisa mengalami kesetrum karena hubungannya yang masih bersentuhan dengan sumber listrik, seperti kabel yang terlampau dekat dengan kulkas.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memeriksa grounding kulkas dengan rutin dan memastikan agar instalasi kabel listrik yang digunakan tidak dalam keadaan rusak dan tetap jauh dari kulkas.

Dengan begitu, Kamu dapat memastikan keselamatan Kamu dan keluarga saat menggunakan kulkas.

Mengatasi Grounding tidak fungsi

Untuk mengatasi Grounding tidak fungsi yang menjadi penyebab kulkas nyerum kamu cukup memsang kabel pada body kulkas dan tanam ditanah.

Okee itulah 3 penyebab permasalahan body kulkas nyetrum serta langkah – langkah mengatasinya, Bila mana kamu hanya pengguna yang awam, kami sarankan untuk meminta bantuan pada ahlinya yaitu teknisi kulkas.

Baik terimakasih, sudah menyimak artikel kami, semoga bermanfaat dapat membantu yang sedang mencari solusi pada kasus unit kulkas nyetrum.