Penyebab AC Error Kode H6 Dan Cara Mengatasi Dengan Mudah

Arti kode error H6 pada ac adalah notifikasi kondisi ac bermasalah yang segera diperbaiki. Secara teknik ac muncul H6 bahwa kipas indoor tidak berfungsi.

Setelah anda memahami inti dari kode error h6 tersebut,Selanjutnya kami akan memberikan tutorial cara melakukan perbaikan ac error kode H6, simak brikut ini.

Cara memperbaiki ac error kode H6

Seperti yang saya tulis seblumnya, Ac error muncul tulisan kode H6 dikarenakan adanya kesalan pada bagian fan kipas indoor yang tidak fungsi.

Sekarang mari kita coba dengan solusi sederhana mengatasi ac error kode H6, yaitu mencoba dengan cara berikut ini :

  • Nyalakan ac hingga keluar kode H6
  • Matikan dengan remot dan cabut stop kontak
  • Tunggu 5 hingga 10 detik, kemudian pasang kembali stop kontak.
  • Nyalakan ac seperti biasanya
  • Apabila masih keluar kode error H6
  • Selanjutnya tekan tobol turbo atau tombol PO setelah menyalakan / menekan tombol ON

Cara sederhana diatas, adalah cara untuk mengetahui kerusakan pada kecepatan kipas dari 1 hingga 3 sudah tidak berfungsi dengan baik.

Namun kembali lagi, apabila ketika anda mengaktifkan fitur turbo atau PO (Jetcool) kipas telah menyala dan tidak keluar kode error H6.

Berarti terjadi kerusakan pada mainborad kecil yang terdapat didalam dinamo.

Ada beberapa cara untuk mengatasi ac error kode H6 secara lebih lanjut, akan kami tuliskan dibawah ini.

Ada beberapa cara diatas tidak bisa mengatasi kode H6 pada ac anda, selanjutnya cara mengatasi fan kipas rusak yang menyebabkan ac keluar kode error H6, lakukan pemeriksaan seeperti berikut :

1. Kapasitor dinamo kipas melemah

Apabila suatu komponen kapasitor sudah melemah atau ukurannya kurang dari normalnya, makan tidak akan bisa mengangkat atau memutarkan sebuah dinamo.

Anda perlu memastikan pemeriksaan secara keseliruhan, yakni mengukur kapasitas kapasitor menggunakn multitester dengan memilih mode UR.

Jika kapasitor tersebut tidak sesuai dengan kapasitas ukurannya atau sudah melemah, segeralah melakukan penggantian kapasotor yang baru, 100% ac akan berkerja dengan baik

Dan tidak mengeluarkan kode error H6 pada display.

2. Dinamo fan indoor macet

Apabila memang masalah dinamo macet pada ac anda yang menyebabkan keluar kode H6, maka segera melakukan pemeriksaan pada motor dinamo,

Biasanya permasalahan dinamo yang macet disebabkan adanya bearing atau lakher sudah aus,

Bila dinamo benar2 terjadi macet karena lakher segera lekukan penggantian lakher atau bearing dengan yang baru, agar dapat berfungsi atau berputar kembali,maka ac tidak akan keluar kode error H6 kembali.

3. Periksa kabel dan soket dinamo maupun kapasitor

Apabila memang terdapat kabel yang putus atau soket ada yang kendor, kita cukup menyambung kabel, dan memperbaiki soket yang kendor saja.Ac error kode H6 biasanya juga disebabkan karena adanya kabel yang putus tergigit tikus, dan terdapat soket sudah kendor.

Kode error H6 pada AC umumnya menunjukkan masalah pada suhu kompresor yang terlalu tinggi, dan biasanya tidak terkait langsung dengan blower indoor yang tidak berfungsi. Namun, jika Anda mengalami masalah dengan blower indoor yang tidak berfungsi dan kode error H6 muncul, ada beberapa kemungkinan penyebab yang perlu diperiksa:

1. Kondisi kelistrikan: Pastikan bahwa pasokan listrik ke unit AC dan blower indoor terhubung dengan baik dan tidak ada gangguan. Periksa juga pemutus arus atau sekering untuk memastikan tidak ada gangguan pada sirkuit listrik.

2. Motor blower rusak: Blower indoor menggunakan motor untuk menggerakkan kipasnya. Jika motor blower mengalami kerusakan atau mati, maka blower tidak akan berfungsi. Periksa motor blower dan pastikan tidak ada kerusakan yang terlihat. Jika motor blower rusak, sebaiknya hubungi teknisi AC untuk penggantian motor.

3. Relay blower bermasalah: Relay blower adalah komponen elektronik yang mengontrol daya yang dialirkan ke motor blower. Jika relay blower mengalami kerusakan, maka blower indoor tidak akan berfungsi. Periksa relay blower dan pastikan tidak ada kerusakan atau kegagalan di dalamnya. Jika relay blower bermasalah, sebaiknya hubungi teknisi AC untuk penggantian komponen.

4. Kabel atau konektor yang lepas: Periksa kabel dan konektor yang menghubungkan blower indoor dengan unit AC. Pastikan tidak ada kabel yang lepas atau konektor yang longgar. Jika ada kabel yang lepas, hubungkan kembali dengan baik. Jika ada konektor yang longgar, pastikan untuk menyambungkannya dengan benar.

5. Masalah pada PCB (Printed Circuit Board): PCB merupakan komponen elektronik yang mengendalikan berbagai fungsi pada unit AC. Jika terjadi masalah pada PCB, termasuk yang terkait dengan blower indoor, hal ini dapat menyebabkan blower tidak berfungsi. Periksa PCB dan pastikan tidak ada kerusakan atau kegagalan di dalamnya. Jika ada masalah dengan PCB, sebaiknya hubungi teknisi AC untuk perbaikan atau penggantian PCB.

Jika blower indoor tidak berfungsi dan kode error H6 muncul, sebaiknya hubungi teknisi AC terlatih untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan. Mereka akan dapat melakukan diagnosis yang lebih akurat dan menangani masalah blower indoor serta masalah suhu kompresor yang mungkin terkait dengan kode error H6.

Baiklah cukup sekian semoga anda berhasil mengatasi sendiri pada ac error kode H6.Namun apabila anda tidak bisa melakukan permasalahan lebih lanjut, segera memanggil teknisi terdekat lokasi anda. Apabia anda berdomisili kota tangerang butuh bantuan dari kami siap datang ke tempat anda.

Oke baik trimakasih, semoga artikel ini dapat menyelesaikan permasalahan ac error kode H6.