Penyebab AC Error Kode EC Dan Cara Mengatasi 100% Mudah

Penyebab AC Error Kode EC Dan Cara Mengatasi denga mudah, Kenapa Ketika AC di nyalakan muncul kode EC? Simak berikut ini.

Arti AC error kode EC

AC error kode EC adalah kode kesalahan yang umumnya terkait dengan masalah komunikasi antara unit indoor dan unit outdoor pada AC.

Terkadang, kode error EC pada AC Shap dapat dikaitkan dengan masalah lebih lanjut seperti kehabisan freon atau refrigeran, masalah ini sama seperti ac merk LG,

Yang dimana AC tersebut Kehabisan freon dapat menyebabkan masalah AC error kode ec yang artinya sirkulasi pendingin freon berkurang atau habis, menyebabkan udara tidak dingin dan membuat unit AC tidak berfungsi dengan baik.

Ada juga mengenai Kode error EC pada AC Samsung dapat menunjukkan masalah pada termistor. Termistor adalah sensor suhu yang bertanggung jawab untuk mengontrol suhu pada unit AC Samsung.

Baca Juga : Fungsi thermistor ac & ukuran (AC Standar – Inverter)

Jika terjadi kerusakan pada termistor, unit AC mungkin akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan suhu ruangan dan kode kesalahan EC dapat muncul, masalah ini juga sering terjadi pada ac merk sanken, tcl, polyton midea dan AC merk china lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan Anda memeriksa termistor AC Samsung Anda untuk pastikan apakah ada kerusakan pada sensor tersebut.

Jika terdapat kerusakan pada termistor, Anda mungkin dapat memperbaikinya dengan mengganti termistor yang rusak dengan yang baru.

Namun setelah penggantian thermistor AC tetao keluar kode error ec biasanya terjadi masalah pada mainboard .

Itulah arti AC error kode EC yang dapat menambah informasi mengenai arti kode kesalahan EC pada berbagai merk AC.

Penyebab AC error kode EC

Setelah memahami arti AC error kode EC berbagai merek seperti pembahasan diatas jadi kita bisa menyimpulkan penyebab utama AC muncul kode error EC yautu :

  1. Tekanan freon berkurang / habis
  2. Thermistir bermasalah
  3. Mainbiard / modul program bermasalah

Dari 3 penyebab – benyebab yang menjadikan aC muncul kode EC diatas pasti banyak sebab kerusakan mengapa itu terjadi.

Baiklah, kami akan rangkum penybab 3 masalah AC yang menyebabkan AC error kode EC, sebagai berikut

Freon Habis / Berkurang

Freon habis / berkurang ditandai dengan kode error EC dikarenakan adanya kebocoran pada sistem refrigerant freon pada bagian tertentu seperti :

  1. Bocor pada pipa
  2. Bocor pada Evaporator & kondensor (korosi)
  3. Bocor valve kran

Thermistor rusak

Thermistor rusak juga menyebabkan AC muncul kode kesalahan EC pada display indoor, berikut penyebab kerusakan oada thermistor :

  1. AC Jarang di service cuci
  2. Pemakaian AC sudah terlalu lama
  3. Suplay listrik tidak stabil

Cara mengatasi AC error Kode EC

Jika anda memiliki masalah pada AC error kode EC segera melakukan perbaiakan. Cara mengatasi AC error kode EC sebagai berikut :

  1. Cek freon menggunakan manifod guage / analizer
  2. Apabila trkanan freon berkurang lakukan penambahan
  3. Jika kondisi tekanan freon kosong, lakukan pemeriksaan dan perbaikan kebocoran selanjutnya isi freong samapai penuh (Freon R22 tekanan maximal 80 sd 100 Psi

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Freon Dan cara mengatasi

Apabila ac error kode EC namun kondisi freon masih utuh / penuh, silahkan cek pada komponen thermistor, buasanya sensor thermistor sudah tidak peka atau erro,

Untuk mengatasi hal ini cukup lakukan penggantian komoponen thermistor dengan yang baru, anda bisa mendapatkan thermistor dintoko online seperti , tokopedia, shopy dan toko fisik terdekat.

Itulan penyebab ac error kode EC dan cara mengatasi, cukup sekian dan trimakasih