Penyebab AC Berisik Dengung Getar Dan Cara Mengatasi

Penyebab AC berisik / begetar, bila AC Anda mengeluarkan suara berisik, dengung, atau getaran yang tidak normal, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya:

Kotor

Bersihkan AC Kotoran atau debu yang menempel pada komponen AC dapat menyebabkan getaran dan kebisingan yang tidak normal. Bersihkan AC secara menyeluruh dengan menggunakan kain lembut atau sikat halus. Pastikan untuk mematikan listrik sebelum membersihkan AC dan hindari menggunakan air langsung.

Karet kaki kompresor rapuh

Jika unit outdoor bersuara getar Periksa kaki AC Pastikan bahwa AC terpasang dengan baik pada kaki atau dudukan yang stabil. Jika kaki AC tidak sejajar atau tidak seimbang, dapat menyebabkan getaran dan kebisingan yang tidak normal. Pastikan kaki AC diatur dengan rapi dan kencangkan baut atau sekrup dengan benar.

Periksa level kebisingan, Tentukan seberapa besar kebisingan yang dihasilkan oleh AC Anda. Jika kebisingan tersebut lebih tinggi dari biasanya, kemungkinan ada masalah dengan komponen internal AC. Jika kebisingan tersebut normal, namun mengganggu, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut.

Dinamo kipas bermasalah

Baling-baling kipas yang kotor atau tidak seimbang dapat menyebabkan getaran dan kebisingan yang tidak normal. Periksa baling-baling kipas dan bersihkan dengan hati-hati. Jika baling-baling kipas rusak atau tidak seimbang,

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan ada masalah dengan komponen internal AC seperti motor kipas atau kompresor. Dalam hal ini, disarankan untuk memanggil teknisi AC terpercaya untuk memeriksa dan memperbaiki masalah yang lebih kompleks.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam melakukan perbaikan sendiri, lebih baik untuk memanggil teknisi AC profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk mengatasi masalah AC dengan aman dan efektif.

Penyebab Outdoor AC bersuara berisik getar dan dengun, Ada beberapa alasan mengapa outdoor AC bisa bergetar keras saat dinyalakan:

Body kendor / berkarat

Kondisi fisik yang buruk Jika outdoor AC mengalami kerusakan fisik seperti komponen yang longgar atau rusak, hal ini dapat menyebabkan getaran yang keras saat dinyalakan. Periksa apakah ada bagian yang tidak terpasang dengan baik atau retak pada unit outdoor AC.

Ketidak seimbangan posisi

Keseimbangan yang terganggu, Ketidakseimbangan pada kipas atau kompresor dapat menyebabkan getaran yang keras saat AC dinyalakan. Ini bisa terjadi jika ada kotoran, kerak, atau kerusakan pada bagian-bagian tersebut. Pastikan unit outdoor AC dibersihkan secara teratur dan periksa apakah ada kerusakan yang mempengaruhi keseimbangan kipas atau kompresor.

Masalah pada kompresor

Kompresor adalah komponen penting dalam sistem AC dan jika mengalami masalah seperti aus atau rusak, hal ini bisa menyebabkan ac bersuara dengung biasanya dikarenakan kapsitor sudah lemah Jika Anda menduga ada masalah dengan kompresor, sebaiknya memanggil teknisi AC untuk memeriksanya.

Suplay listrik tidak stabil

Ketidakseimbangan daya listrik: Kadang-kadang, getaran keras pada outdoor AC dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan daya listrik. Ini terjadi ketika terjadi fluktuasi tegangan yang signifikan. Anda dapat memeriksa tegangan listrik yang masuk ke unit AC atau meminta bantuan dari teknisi listrik untuk memeriksa keseimbangan daya listrik.

Berlebihan gas refrigerant / freon

Jika terlalu banyak gas refrigerant atau freon dalam sistem AC, ini dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk kebisingan yang tidak normal. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kelebihan gas refrigerant dapat menyebabkan kebisingan pada AC:

Tekanan berlebihan: Jika terlalu banyak gas refrigerant dalam sistem AC, tekanan dalam unit dapat menjadi terlalu tinggi. Ini dapat menyebabkan kebisingan yang tidak normal saat AC dinyalakan. Tekanan yang berlebihan juga dapat menyebabkan komponen internal AC bekerja keras dan menghasilkan suara yang keras.

Aliran udara terganggu: Kelebihan gas refrigerant dapat mengganggu aliran udara dalam sistem AC. Ini dapat menyebabkan turbulensi dan suara yang tidak normal saat udara bergerak melalui unit. Periksa apakah ada hambatan atau blokade pada saluran udara atau filter AC yang bisa menyebabkan masalah ini.

Kondensor yang bekerja berlebihan: Kondensor adalah komponen yang bertugas untuk membantu mendinginkan gas refrigerant. Jika terlalu banyak gas refrigerant yang melewati kondensor, ini dapat menyebabkan kondensor bekerja lebih keras dan menghasilkan kebisingan yang tidak normal.

Jika Anda menduga bahwa kelebihan gas refrigerant menyebabkan kebisingan pada AC, disarankan untuk memanggil teknisi AC berlisensi untuk memeriksanya. Mereka dapat memeriksa dan menyesuaikan jumlah gas refrigerant yang sesuai dengan spesifikasi produsen. Selalu penting untuk memastikan bahwa sistem AC beroperasi pada level gas refrigerant yang tepat agar dapat berfungsi dengan baik dan tanpa kebisingan yang tidak normal.

Jika masalah ini terus berlanjut atau Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, disarankan untuk memanggil teknisi AC berlisensi untuk memeriksa dan memperbaiki masalah tersebut.