Mengenal peralatan service ac

Mengenal peralatan yang digunakan untuk service ac – Sebelum menjadi penyedia jasa atau teknisi service ac tidak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu soal peralatan yang akan di gunakan, agar ketika melakukan perbaikan peralatan sudah siap untuk di gunakan untuk melakukan pekerjaan.

Peralatan lengkap untuk service ac

Menjadi penyedia jasa service atau teknisi ac, kita mesti melengkapi peralatan untuk memudahkan dalam pekerjaan sehari hari kita, seperti sevis perawatan, perbaikan maupun bongkar pasang ac, dan di perlukan peralatan yang lengkap.

Peralatan yang digunakan untuk service ac yaitu :

1. Tiga buah alat Obeng

Obeng Untuk melakukan servis perawatan cuci ac maupun perbaikan untuk membuka masing2 baut min dan plus pada cover dan komponen ac lainnya kita membutuhkan 3 buah obeng yang berbeda yaitu :

  • Obeng panjang tipe Plus (+)
  • Obeng panjang tipe min (-) dan
  • Obeng pendek

Sedangkan obeng yang ukuran pendek untuk membuaka kesing outdor dekat tembok sempit.

Memilih obeng yang bagus yakni bagian ujung terdapat magnet agar sa\’at digunkan baut tetap menempel pada ujung obeng dan baut tidak akan terlepas jatuh hilang.

2. Tiga buah alat kunci inggris

Dalam perbaikan maupun pemasangan ac kita harus memiliki 3 buah Alat kunci inggris yang digunakan untuk membuka double nepel atau sambungan pipa, yaitu :

  • 2 buah berukuran 8\”in
  • 1 Buah berukuran 10\”

Dalam melakukan servis ac tentu kita akan menemui ac bermacam – macam ukuran, maka kita harus memiliki kunci inggris 3 buah untuk melakukan bongkar pasang ac untuk pemasangan pipa ac dari 0.5 Pk sampai 2Pk keatas.

Jadi yang kita perlukan kunci inggris yaitu 3buah yaitu 2buah kunci inggris berukuran 8\”in untuk mengunci sambungan pipa ukuran 1/4 dan 3/8 untuk ac 0.5 PK sampai 1Pk . dan 1 buah kunci inggris berukuran 10\”In dan 1 buah ukuran 8\”in untuk membuka sambungan pipa ac ukuran1.5 Pk sd 2Pk ke atas.

3. Kunci L

Kunci L ini digunakan untuk membuka tutup valve atau kran ac, saat melakukan pump down / menyimpan freon sebelum membongkar unit ac, dalam servis ac kita membutuhkan 2 buah yang berbeda ukuran 4 dan 5,

4. Tiga buah alat kunci ring / pass

Kunci ring atau disebut juga kunci pass ini digunakan sa\’at service ac yaitu untuk membongkar pasang breacket dan kaki unit outdoor dan kompreaor ac diantarannya yang harus kita miliki kunci pass yaitu:

  • Kunci ring berukuran 12\” IN
  • Kunci ring berukuran 13\” IN
  • Kunci ring berukuran 15\” IN

Ketiga buah kunci pass ini masing – masing akan kita gunakan untuk untuk membuka dan memasang dinabolt dan baut breaket outdoor berukuran 12\” dan 13\”, dan kunci pass berukuran 15\” untuk membuka baut kaki kompresor

5. Tiga macam alat tang

Alat tang ini di perlukan untuk servis ac, yang di gunakan masing – masih sesuai kebutuhannya dalam perbaikan maupun pemasangan ac, yaitu sebagai berikut

  • Tang kombinasi
  • Tang potong
  • Tang kapiler

Ketiga macam tang ini sangat diperlukan pada masing2 kebutuhannya seperti tang kombinasi untuk melilt menyambung kabel dan memegang suatu benda panas seperti proses pengelasan.

Tang potong yang akan kita gunakan sebagai alat memotong kabel pipa ac dan memotong suatu benda keras lainnya, sedangkan Tang kapiler, digunakan untuk memotong pipa kapiler sehingga lubang pipa tersebut tetap terbuka.

6. alat Cutter pipa

Dalam pemasangan ac kita harus mengatur pipa ac agar rapi, sebagaimana dibutuhkan peralatan khusus untuk memotong pipa, agar tetab terbentuk bulat tidak rusak, oleh sebab itu kita harus memiliki alat cutter pipa.

Seperti biasa sa\’at melakukan pemasangan nut nepel kondisi pipa harus tetap terbentuk bulat agar pipa tersebut mudah masuk ke lubang nut yang akan di gunakan untuk penyambungan pipa.

7. alat flaring

Alat flaring ini diperlukan membentuk ujung pipa seperti mangkuk, digunakan penyambungan pipa, alat flaring ini dapat digunakan beberapa macam ukuran pipa 1/2 1/4 3/8 sesuai yang kita butuhkan ukuran.

8. Palu dan pahat

Peralatan palu pahat ini jarang sekali digunakan, namun kita tetap memilikinya untuk membongkar pasang ac digunakan membobok tembok , memasang breaket indoor outdoor

9. Clam amper

Clam amper ini alat untuk perbaikan ac seperti pengecekan kondisi kompresor, maka kita dapat mengetahui ukuran amper, watt ac tersebut.

Ac yang bermasalah tentu nilai ampernya bisa naik dan turun sesuai kerusakannya, maka dari itu kita membutuhkan clam amper ini.

10. Multi tester

Multi tester ini alat khusus untuk perbaikan ac seperti error mati, yang digunakan untuk mengukur komponen yang rusak seperti kapasitor, thermistor, kompresor, dinamo, dan lain sebagainya

11. Manifold / analizer

Manifold atau disebut juga anilizer yang digunakan untuk pengecekan tekanan dan pengisian freon ac, kita tidak akan bisa mengetahui suatu tekanan freon tanpa menggunakan alat ini

12. Water pass

Alat Water pass ini diperlukan untuk pemasangan breacket indoor maupun outdoor, yakni menetukan suatu persamaan ketinggian dalam 1 benda

Misalnya pemasangan kedua bracket oudoorharus sama tingginya, begitupula breacek indoor sisi kanan kiri harus sesuai sama tingginya agar pemasangan tidak miring

13. Meteran

Ketika pemasangan ac tidak di sengajak kebutuhan pipa instalasi perlu penambahan beberapa meter dan harus mengukur berapa meter yang akan di butuhkan, tentu kita menghitungnya dengan mudah dengan menggunkan alat meteran ini

14. Tangga

Tangga adalah salah satu peralatan yang dapat menjaga kesalamatan kita dalam pekerjasa service maupun pemasangan ac, sebagai teknisi yang mengutamakan kepuasan pelanggan tentu akan membawa sendiri tidak perlu pinjam ke pelanggan,

15. Bor listrik

Peralatan Bor listrik ini sebagai membantu kita dalam pemasangan ac yaitu untuk membobok tembok, pasang dinabolt, fisser pada kedua braket ac.

16. Las oxigen

Dalam perbaikan atau pemasangan ac terkadang kita perlu menyambung pipa ataupun perbaikan kebocoran pada freon, sebagaimana kita membutuhkan peralatan las ini untuk penambalan evap, kondensor dan menyamambung pipa .

17. Seteam jet cleaner

Sebagaimana kita menjadi teknisi ac, tentu saja sehari – hari melakukan cuci ac, dalam pekerjaan serupa membutuhkan alat steam untuk mencuci ac tersebut, dan perlengkapan untuk mencuci ac sebagai berikut

  • Plastik khusus penampung air cucian ac
  • Kanebo
  • Ember
  • Sikat

18. Alat vakum

Alat vakum ini digunakan ketika service ac yaitu membersihkan pipa instalasi maupun unit saat perbaikan maupun pemasangan,

Jadi, apabila teman – teman bila ada yang baru membuka usahanya di bidang service ac, di sarankan untuk melengkapi peralatan seperti diatas karena Teknisi ac yang jenius dan profesional ketika memiliki peralatan yang lengkap.