Membersihkan mesin cuci sendiri supaya awet

Membersihkan mesin cuci juga sangat disarankan agar unit tetap awet, berikut tips untuk ibu dirumah yang ingin membersihkan mesin cuci sendiri.

Membersihkan 4 bagian – bagian komponen mesin cuci

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung, maupun 1 tabung model front loading maupun top loading bisa anda lakukan tanpa resiko atau membongkar komponen, cukum membuka asesoris – asesoris di dalamnya, berikut bagian asesoris mesin cuci yang haru di bersihkan dalam 3 bulan sekali.

1. Membesihkan fulsator

Mesin cuci yang aktif digunakan sehari hari untuk mencuci pakaian yang kotor, tentu kotoran debu dan serabut benang sebagian akan tertinggal di dalamnya, biasanya tersangkut pada fulsator bagian bawah,

Dibawah fulsator mesin cuci biasanya terdapat kerak – kerak rinso bubuk tercampur debu dapat mengurangi kemampuan putaran dinamo hal ini jika dibiarkan bertahun – tahun dinamo motor akan rusak, untuk itu diperlukan membersihkan minimal 3 bulan sekali.

membersihkan fulsator mesin cuci
Fulsator mesin cuci

Cara membersihkan fulsator mesin cuci sangat mudah dan gampang, gunakan obeng min untuk membuka tutup baut dan buka bautnya menggunakan obeng, setelah baut terlepaskan, cukup angkat fulsator, kemudian cuci sikat hingga bersih.

2. Membersihkan filter tabung

Membersihkan filter pada tabung mesin cuci juga harus dilakukan secara berkala, mesin cuci yang digunakan setiap hari kotoran dari pakaian, serabut benang dan kotoran lainnya sebagian akan terjebak didalam filter,

membersihkan filter tabung mesin cuci
Filter tabung mesin cuci

Cara membersihkan filter tabung mesin cuci tentu ibu – ibu dirumah juga bisa melakukan sendiri, cukum mencongkel pada bagian pengait filter dan tarik, selanjutnya cuci dengan sikat hingga bersih.

3. Membersihkan Seal pembuangan (drains)

Membersihkan seal pada pembuangan didalam mesin cuci juga diperlukan secara berkala, biasanya terdapat benang pakaian yang tersangkut, debu tercampr rinso bubuk, dan koin, kotoran seperti itu dapat menyebabkan air tidak bisa terbuang,

membersihkan seal pembuangan mesin cuci
Seal pembuangan mesin cuci

Cara membersihkan seal pembuangan pada mesin cuci sangat mudah cukup putar bagian penutupnya dan tarik tali maka penutup serta seal nya akan terangkat, dan cuci beserta tabung tempat seal, agar saat membuang air mengalir dengan lancar.

4. Membersihkan selang pembuangan drain

Membersihkan selang pembuangan pada mesin cuci juga diperlukan, aga aliran air saat mesin cuci digunakan tanpa masalah, cara membersihkan cukup melepas dan semprot menggunakan kran,

Oke .. cukup mudah kan ? cara merawat membersihkan mesin cuci sendiri dirumah, lakukan mencuci pada 4 bagian seperti diatas, agar mesin cuci dapat digunakan dengan baik dan awet.

Baik terimakasih saya eka setiani pamit, untuk pertanyaan seputar mesin cuci silahkan komentar dibawah ini, kami segera membalasnya dan jika perlu kami jelaskan dan saya buatkan artikel.