Layanan bongkar pasang AC

Apakah anda pernah membongkar pasang ac menggunakan jasa teknisi ?? Namun tetapi tidak tahu bagaimana cara teknisi membongkar pasang ac dengan baik dan benar.

Melakukan bongkar pasang tidak hanya seperti memindahkan barang elektronik lainnya seperti tv kulkas mesin cuci dan lain sebagainya, Namun secara teknik melakukan pemindahan ac harus memiliki skil dan teknik dibidangnya yaitu :

1. Survey lokasi ruangan

Sebelum melakukan pemasangan ac diperlukan mengukur luas ruang, Kenapa? Karena penggunaan ac harus memilih ukuran ac sesuai luas ruangan.

Agar mesin kompresor tetap optimal dapat mendinginkan ruangan sesuai kapasitas nya, dalam teknik ini juga dibutuhkan kalkulasi menggunakan rumus yang valid.

2. Bongkar unit ac

Seperti yang sebelum nya pada layanan isi freon sudah kita ketahui pengertian freon, Gass freon akan hilang ketika tempat penampung terbuka,

Teknisi yang sudah berpengalaman dalam bidangnya tentu akan melakukan penyimpanan freon sebelum membongkar AC, Agar pelanggan tidak mengeluarkan banyak biaya pengisian freon kembali.

Begitu pula saat melakukan membongkar ac akan melepas perangkat nya diantaranya pipa instalasi, maka gas freon akan hilang jika tidak disimpan. Lalu freon tersebut akan disimpan dimana dan bagaimana cara menyimpannya ??

Dalam teknik pendingin ada banyak teknik – teknik dalam melakukan mengerjakan berbagai kebutuhan, diantaranya “Teknik menyimpan freon sebelum membongkar AC.

Menyimpan freon dalam bahasa teknik pendingin disebut juga “TEKNIK PUMPDOWN” yaitu proses penyimpanan freon kedalam unit outdoor.

Biasanya teknik pumpdown ini dilakukan sebelum membongkar AC, Perbaikan kebocoran freon pada unit indoor maupun perbaikan atau penggantian pipa instalasi. Lalu bagaimana cara kerjanya proses penyimpanan freon didalam unit outdoor ??

Menyimpan freon (Teknik Pump down)

Mungkin anda juga ingin tahu bagaimana cara kerjanya proses penyimpanan freon, Baiklah kami akan berbagi sedikit pengetahuan inti proses penyimpanan freon didalam unit outdoor dengan singkat dan jelas.

Didalam sistem AC terdapat mesin kompresor memilik katup hisap dan tekan yang berfungsi untuk mensirkulaikan freon berputar dari kompresor menuju kondensor – pipa instalasi – evaporator dan kembali kekompresor.

Baca Selengkapnya : Cara pump down freon Ac di dalam unit outdoor

Oleh dari itu ketika melakukan proses penyimpanan freon teknisi memanfaatkan kompresor untuk menghisap freon menampung ke dalam komponen kompresor dan kondensor pada unit outdoor.

2. Pasang AC

Air conditioner ini termasuk elektronik bisa dibilang ribet bukan ?? membeli unit ac sudah mengeluarkan uang saat pemasangan, harus menggunakan teknisi dan mengeluarkan biaya untuk jasanya, yang berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri.

Biaya pasang ac juga bisa di bilang mahal, kisaran Rp. 200.00 – 250.000 an, Mungkin pengguna baru banyak bertanya “Kok mahal banget biaya pasang ac, Emang gimana proses pemasangannya ??”

Oke … deh sekarang kita bahas (proses inti) proses pemasangan ac yang baik dan benar, seperti berikt ini :

Bobok tembok

Unit ac memiliki 2 bagian yaitu indoor dan outdoor, yang akan ditempatkan berbeda tempat seperti nama jenis unit nya didalam ruangan dan diluar ruangan,

Maka dari itu dibutuhkan jalur kabel dan pipa instalasi untuk penghubung kedua unit tersebut, oleh sebabi itu harus membobok / membolong tembok.

Memasang breaket

Pemasangan breaket unit indoor harus dilakukan dengan benar. Ketika ac menyala akan menghasilkan embun akan menjadi cairan akan mengalir kedalam jalur air (Talang dan selang drains).

Apabila unit indoor tepasang miring, air tersebut biasanya akan meluap dan terjadi permasalahan netes air didalam ruangan, Lalu bagaimana cara memasnag breaket indoor yang benar ??

Pemasangan breaket indoor agar tidak miring ke kanan atau ke kiri biasnaya teknisi menggunakan alat water pass untuk menentukan keseimbangan atau perataan suatu benda.

Pemasangan pipa instalasi

Pemasangan pipa instalasi ini terkadang harus dengan skil tidak asal asalan, misalnya penyambuangan pipa pada unit ac menggunakan nut nepel dengan baik dan benar agar setelah pemasangan tidak terjadi kebocoran gass freon.

Menentukan lokasi jalur yang tept agar penggunaan pipa tidak banyak, dan rapi.

Memvakum jalur freon

Pernahkah anda mendengar kat kta Vakum dalam kebutuhan pemeliharaan sistem Ac?

Vakum adalah membersihkan ruang penampung freon dengan cara menghisap udara maupun kotoran didalam pipa instalasi maupun sistem ac sebelum melakukan pengisian freon.

Apa itu vakum instalasi & sistem AC

Baca juga : Pengertian vakum sistem AC

Jika saat pemasangan ac, sebelum membuka katup valve kompresor untuk mengeluarkan gas freon ke dalam pipa instalasi dan unit indoor wajip melakukan pemvakuman hingga bersih dan kedap udara (-30Psi)

Runing (Pengecekan seluruh pekerjaan)

Setelah pemasangan selesai, teknisi harus melakukan pengecekan bagaimana hasil dari pemasangan ac tersebut,

Menyalakan ac dan muali pengecekan seluruh kinerja dan bagian yang sering terjdi permasalahan ringan, misalnya pada bagian pembuangan air, temperatur, sambungan pipa.

Nah … Itulah cara teknisi melakukan pekerjaan bongkar pasang AC, sangat dibutuhkan skil dan teknik standar kerja yang mengikuti (sop).

One thought on “Layanan bongkar pasang AC

Komentar ditutup.