Label SKEM Pada AC Sudah Diterapkan Oleh Pemerintah

Tahukah anda Label SKEM Pada AC ? SKEM Label ini diterapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri ESDM No. 7 tahun 2015.

Mengenal Label SKEM Pada AC

Label SKEM pada AC adalah singkatan dari Standar Kinerja Energi Minimum, SKEM mengatur sejumlah persyaratan kinerja energi minimum yang harus dipenuhi oleh peralatan unit AC dan mesin pendingin pada kondisi tertentu.

Tujuan dari label SKEM pada AC yaitu untuk membatasi jumlah maksimum dari energi yang dapat dikonsumsi oleh produk AC tersebut.

Pemerintah telah menerapkan Sistem Klasifikasi Energi Minimum (SKEM) dan label SKEM Hemat Energi pada AC di beberapa negara, termasuk Indonesia. Langkah ini bertujuan untuk mendorong penggunaan AC yang lebih efisien energi dan ramah lingkungan.

Pemerintah Menerapkan Label SKEM Pada AC
Scoure : https://www.sinarharapan.net/wp-content/uploads/2023/05/IMG20230519145210-696×522.jpg

SKEM adalah suatu sistem yang mengklasifikasikan peralatan elektronik, termasuk AC, berdasarkan tingkat efisiensi energinya. Pada label Hemat Energi, biasanya terdapat informasi mengenai konsumsi energi per tahun dan kategori efisiensi AC, seperti A (tertinggi), B, C, dan seterusnya.

Dengan adanya label SKEM pada AC Hemat Energi ini, konsumen dapat dengan mudah membandingkan efisiensi energi berbagai model AC yang ada di pasaran dan memilih yang lebih hemat energi. Hal ini membantu mengurangi pemakaian energi secara keseluruhan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca Juga : Kelebihan Ac Inverter Merek Daikin, Sharp, LG, Gree,

Penerapan SKEM dan label Hemat Energi pada ac ini adalah salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk menggalakkan penggunaan peralatan yang lebih efisien energi dan berkelanjutan. Konsumen juga diuntungkan karena dapat menghemat biaya energi seiring dengan penggunaan AC yang lebih efisien.

5 Alasan Pemerintah menerapkan SKEM pada AC

Berikut alasan mengapa pemerintah menerapkan Label SKEM pada AC dan hemat enrgi pada unit AC Dan Kulkas :

Efisiensi Energi

Salah satu tujuan utama dari implementasi SKEM pada AC adalah untuk mendorong penggunaan AC yang lebih efisien energi. Dengan mengatur standar kinerja energi minimum, pemerintah bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu dan mengoptimalkan penggunaan energi dalam pengoperasian AC.

Penghematan Biaya

AC yang hemat energi dapat menghasilkan penghematan biaya bagi konsumen dalam jangka panjang. Dengan memilih AC yang efisien energi, pengguna dapat mengurangi konsumsi listrik rumah tangga mereka dan mengurangi tagihan listrik bulanan.

Dampak Lingkungan

Peningkatan penggunaan AC di negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia dapat berdampak pada tingginya konsumsi energi yang berasal dari sumber energi fosil. Dengan menerapkan Label SKEM pada AC, pemerintah ingin mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dengan mendorong penggunaan AC yang lebih efisien dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pemenuhan Standar Internasional

Dalam rangka memenuhi standar internasional terkait efisiensi energi, pemerintah mengadopsi SKEM untuk AC agar sejalan dengan perkembangan global dalam pengurangan konsumsi energi dan perlindungan lingkungan.

Kesadaran Masyarakat

Melalui SKEM dan label Hemat Energi pada AC, pemerintah ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan peralatan yang lebih efisien energi.

SKEM dapat membantu konsumen dalam memilih AC yang ramah lingkungan, dan sebagai akibatnya, diharapkan akan ada peningkatan pemahaman dan kesadaran tentang efisiensi energi secara keseluruhan.

Dengan menerapkan SKEM pada AC, pemerintah berharap dapat mengurangi konsumsi energi yang tidak efisien, mengurangi biaya energi, mengurangi dampak lingkungan, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya efisiensi energi dalam kehidupan sehari-hari.

Penting untuk memperhatikan label SKEM pada AC dan Hemat Energi saat membeli AC baru atau saat melakukan penggantian. Memilih AC dengan label Hemat Energi tinggi dapat kita lihat dari tanda bintang yang tertera dan memberikan manfaat jangka panjang bagi konsumen dan lingkungan.

Wajib !! Ketahui Arti Tanda Bintang Pada Label SKEM

Pada label SKEM Terdapat simbol bintang, simbol ini juga dibilang nilai seberapa hematnya energi pada unit AC tersebut, semakin banyak bintang yang tertera pada label AC, semakin hemat energi AC tersebut. Sistem Klasifikasi Energi Minimum (SKEM) menggunakan sistem penilaian dengan jumlah bintang, di mana semakin tinggi jumlah bintang yang tertera pada label AC, semakin efisien dan hemat energi AC itu.

Pada label SKEM, biasanya terdapat skala penilaian dengan jumlah bintang mulai dari 1 hingga 5, di mana 5 bintang menunjukkan tingkat efisiensi energi yang tertinggi dan paling hemat energi, sedangkan 1 bintang menunjukkan tingkat efisiensi energi yang paling rendah.

Jadi, saat membeli AC, disarankan untuk memilih AC dengan jumlah bintang yang lebih tinggi pada label SKEM agar dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi konsumsi listrik secara efisien.

Penting untuk diingat bahwa meski AC dengan jumlah bintang yang lebih tinggi mungkin memiliki harga awal yang lebih tinggi, namun dalam jangka panjang, investasi tersebut dapat menghemat biaya energi secara signifikan dan membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dan saat ini label SKEM dan hemat energi sudah berlaku untuk semua merk AC sepert, Daikin, Panasonic, Sharp, LG, Gree, Changhong, TCL, Aqua, Midea, Polytron, Dan semua ac merek dan tipe terbaru lainnya.