Jenis Kerusakan pada kompresor ac

Jenis Kerusakan pada kompresor ac
Air conditioner pada bagian outdoor terdapat mesin kompresor, setelah digunakan terlalu lama tentu akan mengalami kerusakan, dan terkadang memutuskan untuk mengganti ac baru.

Ada beberapa jenis kerusakan komponen yang tidak berfungsi sehingga menyebabkan kompresor bekerja tidak optimal, perlu anda ketahui kemungkinan dapat di selesaikan tidak harus mengganti kompresornya. yakni sebagai berikut:

1. Jenis kerusakan Kompresor Over heat (Panas berlebihan)

Kerusakan over heat yaitu, kompresor secara otomais berhenti dan menyala jangka 5 sampai 10 menit adanya komponen overload mendetaksi suhu tinggi pada kompresor, faktor komponen yang tidak berfungsi dengan optimal,
Secara otomatis komponen overload akan memutus arus listrik ke kompresor, dan akan menyala kembali setelah suhu kompresor menurun.

Ada beberapa penyebab kerusakan over heat pada kompresor ac antara lain terdapat kerusakan komponen atau sistem pendingin tidak sesuai yaitu
komponen kapasitor, kurangnya cairan oli dan tekanan freon berlebihan sehingga kompresor tidak bekerja dengan optimal seperti jenis kerusakan ini.

2. Jenis kerusakan Kompresor Macet (bersuara dengung)

Kompresor mengalami kerusakan macet bersuara dengung menyebabkan ac menjadi tidak dingin serta MCB listrik turun yaitu salah satunya amper kompresor melampaui batas,

3. Jenis kerusakan Kompresor Press balik

Jenis kerusakan pada kompresor press balik yaitu kerusakan bagian katup hisap.
Ciri Kerusakan kompresor press balik ini kondisi mesin tetap menyala, tekana freon naik melebihi ukuran standar, serta nilai amper menurun.
Dan apabila kita coba menyalakan tanpa pipa instalasi, jalur valve untuk pipa besar tidak ada hisapan.

Untuk menyelesaikan jenis kerusakan ini sebaiknya harus mengganti mesin kompresor tersebut,

4. Jenis kerusakan Short body

Kerusakan kompresor jenis short body yaitu ilitan kompresor terhubung dengan body kompresor. bila kita pegang unit ac bagian yang berzat konduktor, akan tersengat arus listrik.

Kerusakan ini sebaiknya harus mengganti kompresor yang baru saja

Solusi yang dapat mengatasi kerusakan pada kompresor

Beberapa jenis kerusakan kompresor yang di sebabkan karena kerusakan komponen atau sistem pendingin tidak sesuai,
Maka dari itu di perlukan cek komponen berikut ini:

  • Tekanan freon berlebihan
    Tekanan freon berlebihan dapat mempengaruhi penggunaan arus listrik,

    Pengisan freon yang melebihi batas maka kompresor bekerja semakin berat dan panas berlebihan (overheat),
    Sehingga terjadi permasalahan seperti macet bersuara dengung sehingga MCB listrik turun faktor penggunakan suplay listrik melebihi amper yang disediakan.
  • Kapasitor sudah melemah atau mati
    Kapasitor yang berfungsi menampung arus listrik berfungsi untuk menggerakkan kompresor, apabila sudah melemah tentu mesin kompresor kekurangan supaly arus listrik sehingga terjadi macet bersuara mendengung.
  • Kerusakan komponen overload
    Overload berfungsi mendeteksi suhu kompresor, apabila tahanan pagas di dalam overload kendor sehingga memberi suplay arus listrik kekompresor tidak sepenuhnya, maka kompresor akan mengalami macet dengung.

One thought on “Jenis Kerusakan pada kompresor ac

Komentar ditutup.