Jasa Cuci AC Berkala, Apa Saja Yang Di Bersihkan

Cuci AC Berkala – Bila anda pengguna pendingin udara AC tentu sangat dianjurkan melakukan perawatan berkala seperti mencuci ac secara berkala.

disamping itu harus dilakukan dengan ahlinya yaitu teknisi service ac, Berikut kami akan memberikan pengalaman baru mengenai seputar perawatan cuci ac.

Pengertian Cuci AC

Cuci AC adalah proses pembersihan dan perawatan sistem pendingin udara atau AC (Air Conditioner) untuk menjaga kinerja dan efisiensi AC dalam menghasilkan udara dingin.

Cuci AC Berkala meliputi membersihkan bagian dalam dan luar unit AC, termasuk filter, evaporator, kondensor, dan kompresor. Proses cuci AC dapat dilakukan secara manual dengan membersihkan bagian-bagian AC secara terpisah atau dengan menggunakan jasa profesional dari teknisi AC yang terlatih.

Cuci AC yang dilakukan secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem pendingin udara dan memperpanjang umur AC. Selain itu, AC yang bersih juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan penghuni ruangan.

Apakah anda sudah merawat ac anda dengan mencuci membersihkan komponen secara rutin ? Service Cuci AC Berkala sangat dianjurkan dilakukan dengan ahlinya – Jika anda berada di tangerang kota, Kami siap membatu anda untuk melakukan perawatan cuci AC, dan kami akan berikan tips dan trik cara penggunaan ac yang benar.

Pada postingan kali ini kami akan membahas seputar perawatan cuci ac berkala sesuai judul post tersebut.

Layanan Cuci AC Apa saja yang dibersihkan ??

Cuci AC Berkala adalah perawatan mencuci komponen – komponen yang rentan terhadap kotoran debu, biasanya membersihkan pada bagian cover, filter udara, evaporator, kondensor fan kipas talang air, dan juga selang pembuangan.

Melakukan cuci ac ini harus dilakukan pada ahlinya sehingga ac tidak terjadi permasalahan seperti konslet, error dan lain sebagainya, Maka dari itu pengguna AC harus memiliki langganan teknisi untuk perawatan cuci berkala.

Apa yang terjadi jika AC tidak di cuci ?

Apabila penggunaan AC sehari – hari namun tidak pernah dilakukan perawatan cuci ac akan mengurangi peformanya, terjadi permasalahan dan juga dapat mempengaruhi kesehatan anda bagian pernafasan. Berikut permasalahan yang terjadi apa bila unit ac tidak di cuci akan muncul tanda – tanda kerusakan ringan seperti :

1. Kurang dingin

Didalam sistem AC terdapat fan kipas dan saluran udara seperti filter, evaporator apabila kedua komponen tersebut tertutup debu hingga rapat maka gerakan udara yang dihasilkan kipas tidak bisa bersirkulasi, Biasanya pada bagian unit indoor tidak dapat mengeluarkan udara dengan lancar (Udara indoor sedikit)

2. Netes Air

Pernahkan AC anda mengalami netes air di bagian indoor ? Permasalahan ini dampak dari telatnya melaukan cuci ac rutin yang dianjurkan, Perbasalahan netes air ini biasanya pada saluran air seperti talang dan selang drains tersumbat kotoran debu maka terjadi air tidak mengalir keluar, menetes pada unit indoor didalam ruangan.

3. Suara berisik

Terkadang permasalahan suara berisik pada unit AC adanya terjadi kerusakan seperti perlengkapan sudah kendoor, atau gesekan fan kipas, Hal ini perlu diketahui, AC yang kotor berlebihan dapat mengakibatkan putaran yang tidak seimbang sehingga kompresor dipaksa untuk bekerja lebih keras sehinga menimbulkan bunyi getaran yang berisik.

4. Udara AC berbau tak sedap

Sering menemukan keluhan pelanggan permasalahan udara yang dihasilkan unit ac berbau tak sedap, seperti bau busuk dan bangkai, permasalahan ini juga dikarenakan ac tidak dicuci terlalu lama, Biasanya terdapat serangga yan terjebak mati dan membusuk di dalam unit ac seperti cicak kocoa dan lain sebagainya.

Selain itu ac yang di gunakan setiap hari akan mengeluarkan air dan mengalir pada bagian logam tentu akan terjadi korosi, lumut tentu bau karat pada besi maupun lendir lumut akan berbau tak sedap.

Waktu yang tepat melakukan cuci AC

Cuci AC Berkala juga di perlukan perawatan berkala atau secara rutin, Agar peforma selalu terjaga, merawat cuci ac yang dianjurkan yaitu 3 bulan sekali, dan apabila ac sudah terdapat tanda tanda permasalahan ringan seperti yang kita bahas sebelum nya.

Namun sebaiknya jangan menunggu terjadi muncul tanda – kerusakan serupa baru melakukan perawatan, agar kinerja ac selalu optimal lakukan 3 bulan sekali.

Lakukan perawatan menggunakan teknisi pada saat anda dirumah misalnya pada saat libur kerja, Hal ini kita dapat meminta layanan custum serta bisa melihat secara langsung apakah dikerjakan dengan maximal atau tidaknya.

Apakah cuci AC bisa dilakukan sendiri?

Anda juga melakukan perawatan AC secara mandiri tanpa menggunakan peralatan teknik, Agar tidak beresiko Cukup membersihkan filter udara yang terdapat bagian indoor dan mencuci kondensor pada unit outdoor saja , Lakukan minim 2 minggu sekali.

Jika anda rajin melakukannya perawatan mandiri dapat memperpanjang jangka watu perawatan cuci ac menggunakan teknisi hingga 6 Bulan sekali saja, Serta menghemat biaya perawatan cuci ac.

Baca juga : Cara Mencuci AC Sendiri tanpa teknisi dengan mudah

Misalnya, Biaya cuci ac menggunakan teknisi Rp. 70.000 / 3 Bulan seklai jika dihitung dalam 1 tahun biaya khusus untuk cuci ac Rp. 280.000.

Apabila kita melakukan perawatan mandiri 2 minggu sekali, Maka kita cukup melakukan perawatan cuci menggunakan teknisi cuckup 6 Bulan sekali, Biaya cuci ac menjdi Rp. 140.000 dalam 1 tahun. Berati kita sudah menghemat biaya perawatan cuci ac 50%.

Okey … Baik terimakasih sudah menyimak tulisan kami tentang perawatan cuci ac berkala, Semoga dapat memberikan pengalaman baru pengguna AC. Mungkin ada yng perlu ditanyakan, Silahkan berkomentar dibawah ini ….