Fungsi Tombol Remot AC Dan Panduan Penggunaan

Fungsi Tombol Remot AC Lengkap Dan Panduan Penggunaannya, Bagi Yang Belum Memahami Cara Mengoperasikan AC, Pahami Arti Berbagai Macam simbol.

Mengenal bagian –

Mengenal Fungsi Tombol Remot AC

Air Conditioner atau yang biasa kita kenal dengan AC, adalah salah satu perangkat penting yang mengatur kenyamanan suhu di dalam ruangan. Tak dapat dipungkiri, keberadaan AC sangat membantu,

terutama saat cuaca panas. Namun, pemahaman terhadap Fungsi Tombol Remot AC sering kali menjadi hal yang diabaikan. Padahal, pemahaman ini sangat penting untuk memastikan kita dapat mengoptimalkan penggunaan AC sesuai kebutuhan.

Mari kita kenali lebih dalam Fungsi Tombol Remot AC !

Ͼ Tombol Power

Fungsi Tombol power Remot AC biasanya berada di bagian paling atas dari remote AC. Tombol ini memiliki fungsi utama untuk menghidupkan dan mematikan AC. Simbol yang umum digunakan adalah kombinasi dari angka 1 dan 0 yang disatukan.

✥ [TEMP] Temperature

Fungsi Tombol TEMP Remot AC adalah singkatan dari Temperature atau suhu. Biasanya, tombol ini dilengkapi dengan lambang panah ke atas (▲) dan panah ke bawah (▼) yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan suhu.

Jika anda menekan tombol temperatu ini maka pada diplay layar remot pada bagian angka temperatur akan beruba, menaikan dan menurunkan nomor temperatur dari 16 sd 30*Celcius, yang dimana suhu ruangan akan mengikuti temperatur sesuai yang anda pilih.

Misalnya, anda mengatur suhu temperatur 16*C maka ruangan akan dingin, suhu / temperatur 16 ini adalah suhu yang paling dingin, semakin anda menaikan angka temperatur maka ruangan suhu dingin semakin berkurang.

☢ Tombol Fan speed

Fungsi Tombol fan speed Remot AC untuk mengatur kecepatan hembusan AC. Umumnya, tingkat kecepatan kipas ditandai dengan bar dari 1-4 tingkat yaitu :

  1. ✾Fan speed auto
    Ketikan mode fan speed auto kita aktifkan kipas indoor akan berputar auto dari lavel 1 – 2 – 3 berubah – ubah dengan sendirinya.
  2. Fan speed 1
    Dengan mengatur fan speed level 1 maka kipa akan berputa paling lambat mengeluarkan udara sedikit pada ukuran 1 (paling rendah)
  3. ✽ Fan speed 2
    Demikian pula mode fan speed 2 ini bila kita pilih kipas indoor akan mengeluarkan udara sedang lebih tinggi dibanding mode fan speed level 1.
  4. ✿ Fan speed 3
    Fan speed level 3 Ini mode fan speed yang terakhir, saat kita memilih mode fan speed lavel 3 ini, ac akan mengeluarkan udara paling kenceng.

Saat menggunakan AC kita bebas memilih mode fan speed mengikuti seleranya masing – masing.

Tombol Swing

Fungsi Tombol swing Remot AC digunakan untuk mengatur arah hembusan udara AC, entah itu ke atas, ke bawah, atau ke segala arah. ada 4 mode dalam pengaturan swing auto (bergerak) dan custome (Memilih salah satu arah tetap)

Berikut 4 bagian mode pada pilihan swing pada fitur ac :

  1. ⚟ Mode swing auto
    Jika memilih Mode swing auto ini, maka pada display remot akan menampakan tanda panah berkedip ke atas tengah dan bawah, yang dimana anda telah memilih mode swing auto maka swing akan bergerak ketas ke bawah dengan sendirinya secara otomatis,
  2. ➚ Mode swing 1
    Bila anda mengaktifkan mode swing 1, pada display remot akan menampakan tanda panah ke atas, Jika anda tidak suka terkena hembusan udara secara langsung anda dapa mengaktifkan mode swing 1 ini, dmna swing ac akan aktif mengarahkan udara ke atas.
  3. ➙Mode swing 2
    Mode swing 2 ini berfungsi untuk mengarahkan udara ke depan jika anda memilih mode swing 2 ini anda akan mendapatkan hembusan udara sedikit. simbol pada display remot akan menampakan tanda panah ke bawah
  4. ➘ Mode swing 3
    Mode swing yang ketiga, pada display remot akan menampakan tanda simbol panah ke bawah, yang dimana anda telah memilih mode swing 3 yang berfungsi mengarahkan udara ke arah bawah

♷ Tombol Mode

Fungsi Tombol Remot AC ini Dengan menekan tombol MODE, pengguna bisa mengatur mode operasi AC sesuai kebutuhan. Berikut 5 opsi mode yang umum ada pada remote AC :

  • ❆ Mode Dingin (Cool Mode)
    Mode ini ditandai dengan simbol salju (*). Jika mode ini dipilih, ruangan akan menjadi lebih dingin.
  • Mode Kering (Dry Mode)
    Mode ini ditandai dengan simbol tetesan air. Jika mode ini dipilih, AC akan mengurangi kelembapan udara.
  • 🔃 Mode Otomatis (Auto Mode)
    Mode ini ditandai dengan huruf A atau simbol anak panah yang tersusun melingkar. Jika mode ini dipilih, AC akan bekerja secara otomatis untuk menyesuaikan suhu 25*C saja.
  • 🌙 Mode Tidur (Sleep Mode)
    Mode ini ditandai dengan lambang bulan sabit. Mode ini adalah pengaturan ideal saat menggunakan AC saat tidur. dengan memilih mode ini ac akan mengeluarkan udara sedikit / pelan
  • ☢ Mode Kipas (Fan Mode)
    Mode ini ditandai dengan lambang seperti kipas. Jika mode ini diaktifkan, AC akan berfungsi seperti kipas angin karena fungsi pendingin atau mesin luar (outdoor) akan berhenti bekerja.

🕘 Tobol Timer

Fungsi Tombol timer Remot AC, Tombol timer digunakan untuk mengatur durasi kerja AC. Biasanya, tombol ini ditandai dengan lambang berupa jam. Setelah waktu yang ditentukan habis, AC akan mati secara otomatis. ada 4 opsi pada tombol timer untuk memprogram atau mengaktifkan timer sesuai waktu yang kita inginkan.

Berikut 4 tombol opsi temer untuk pengoprasian / mengatifkan timer :

  • 🕘 Timer ON
    Tombol timer on yaitu dimana kita akan memulai mengaktifkan timer dimna ac akan hidup sendiri pada waktu / jam yang telah kita tentukan
  • 🕘 Timer OFF
    Tombol timer off yaitu dimana kita akan memulai mengaktifkan timer dimna ac akan mati sendiri pada waktu / jam yang telah kita tentukan
  • 🕘 SET
    Tombol opsi set timer ini untuk memilh mode opsi ON timer dan OFF timer.
  • 🕘 Cancel
    Tombol opsi pada timer ini untuk membatalkan menon ktifkan timer watu ac ON dan OFF sendiri yang telah kita tentukan waktu / jamnya.

Baca juga : Cara mudah mengaktifkan fitur timer pada AC

🌊 Tombol X-Fan

Fungsi Tombol x-fan Remot AC mengeringkan kelembaban udara, ketika fitur ini di aktifkan, maka ketika ac dimatikan kipas unit indoor tetap berfungsi berbutar mengeluarkan udara, dalam jangka beberapa menit saja,

Fungsi Tombol remot AC sharp

remot ac sharp

Beberapa merek ac memiliki fitur berbeda, kali ini kita akan membahas fungsi dari pada tombol remot ac merek sharp semua type UCY SAY Plasma Dll

🍇 Tombol ION

Fungsi tombol ino pada remot ac sarrp ini adalah salah satu fitur pembunuh virus bakteri yang ada diudara, bila anda mengaktifkan fitur ini maka udara didalam ruangan akan bersih 99% dari bakteri virus jamur dll.

Baca Juga : Fitur teknologi ion plasma dari AC sharp

➦ Turbo / Jet

Tombol turbo pada ac sharp ini berfungsi untuk mengaktifkan kecepatan remot dilevel tertinggi ukuran udara yang keluar pada ac lebih kencang dari pada ukuran lavel mode fan speed.

Ketika mengaktifkan fitur turbo kita akan mendapatkan suhu dingin lebih cepat tidak perlu menunggu lama.

🌄 I-FEEL

Tombol I-FEEL ini mengaktifkan fitur yang menajubkan, yaitu ac dapat beradaptasi berbagai wilayah dingin dan sejuk atau wilayah dataran tinggi dan rendah, yang dmna wiyah itu memiliki suhu temperatu berbeda – beda maka ac akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Misalnya penggunaan ac di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin maka ac akan bekerja lebih ringan karena suhu lingkungan atau wilayah tersebut sudah dingin, dan begitu pula sebaliknya penggunaan ac di wilayah dataran rendah maka ac akan bekerja lebih extra untuk mendinginkan suatu ruangan yang berada di wilayah panas.

Baca juga : 4 fungsi Tombol Remot Fitur I-FEEL AC ini super Menajubkan

Fungsi Tombol Remot AC LG

Ada beberapa tombol pada remot ac LG yang berfungsi untuk mengaktifkan fitur – fitur tertentu yang hanya dimiliki dari AC LG tersebut, Berikut daftar Fungsi Tombol Remot AC LG :

Remot ac LG

➦ Tombol Jet Cool

Mengenal fitur JetCool pad remot AC LG, Jetcool dapat kita artikan cepat dingin, apabila kita mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol jetcool ada perubahan kinerja ac yaitu kecepatan fan kipas menjadi super kencang, yang akan membawa uap dingin didalam ruangan dengan ceapt dan ruangan akan terasa dingin lebih cepat.

⛄ Plasma

Fungsi tombol plasma pada remot ac lg, ketika mengaktifkan fitur plasma ini berfungsi membunuh bakteri firus yang berterbangan bersama udara didalam ruangan,

Baca Juga : 4 Kelebihan fitur AC LG Dual Cool Terbaru

Weh sangat canggih bukan ?? yang dimana unit AC dapat membunuh kuman bakteri bahkan nyamuk didalam ruangan, ketika ac menyala nyamuk yang berterbangan didalam ruangan ikut bersirkulasi didalam ac dan tersaring pada filter ac disitu nyamuk akan mati dengan sendirinya.

🏡 Skin Care

Fungsi tombol Skin Care pada remot AC LG Yaitu, memberi kelembaban terus-menerus pada kulit, dilengkap dengan rancangan sistem penyaringan kebersihan dan kesehatan udara dalam ruang

Namun perlu diketahu dengan adanya fitur skin care pada ac LG, saat mengaktifkan fitur ini kemudian kulit kita menjadi putih bersih glowing heheh bukan begitu ya hahah ..

✨ A/Clean

Fungsi tombol A/Clen tidak jauh dengan fitur I-FEEL yang dimna ac akan mengurangi kelembaban udara mengeringkan efaporator saat ac dimatikan dengan mengaktifkan fitur ini, fan kipas indoor akan tetap bekerja sebagaimana untuk mengeringkan.

Panduan Penggunaan Remot AC:

4 tombol untuk mengoperasikan Ac yang harus kita gunakan agar ac terasa dingin, berikut 5 Tombol Remot AC yang umum dan sering kita gunakan pada saat mengoperasikan AC

  1. Nyalakan AC: Dalam keadaan AC mati, tekan tombol “Power” pada remote AC untuk menghidupkannya.
  2. Atur Mode Operasi: Pilih mode operasi yang diinginkan, misalnya “Cool” (pendingin), “Heat” (pemanas), “Fan” (kipas), “Dry” (pengering), atau “Auto” (otomatis, AC akan menyesuaikan suhu ruangan).
  3. Atur Suhu: Gunakan tombol temperatur panah ke atas (▲) dan panah ke bawah (▼) pada remote untuk mengatur suhu yang diinginkan.
  4. Kipas dan Kecepatan Angin: Jika diperlukan, gunakan tombol (FAN speed) untuk mengatur kecepatan kipas atau kecepatan angin, seperti “Fan Speed” atau “Airflow”.
  5. Swing/Fokus: Beberapa remote AC memiliki tombol Swing yang mengatur gerakan angin secara otomatis ke arah horizontal atau tombol Fokus untuk mengarahkan peniupan angin ke area tertentu.
  6. Matikan AC: Ketika Anda ingin mematikan AC, tekan tombol “Power” lagi untuk mematikannya.

Setiap remote AC mungkin memiliki tombol atau fitur tambahan yang spesifik untuk merek atau model tertentu. Sebaiknya baca manual pengguna yang disertakan dengan AC Anda untuk mengetahui Fungsi Tombol Remot AC dan penggunaan yang tepat.

Artikel Lainnya : Panduan penggunaan remot ac

Oke baiklah sampai disini membahas arti dan Fungsi Tombol Remot AC untuk itu kami mengucapkan banyak trimakasih.