Fungsi overload AC & Ukuran Berbagai Kapasitas

Fungsi overload ac pengertian & Ukuran – overload adalah komponen yang terletak menempel pada bagian body kompresor bagian atas, berfungsi mengamankan kompresor ketika tidak normal. kali ini kami akan membahas pengertian fungsi ukuran overload ac

Overload ini disebut juga sensor temperatur mengatur arus kelistrikan kompresor, memutus dan menyambung arus listrik ketika adanya perubahan suhu temperatur komprsor. Bagaimana cara kerjanya dan pengertian lebih lanjut simak berikut ini:

Memahami Fungsi overload ac

Fungsi overload pada AC (Air Conditioner) adalah untuk melindungi komponen-komponen di dalam AC dari kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebih atau arus berlebih. Ketika beban pada AC melebihi batas yang ditentukan, fungsi overload akan terpicu dan memutus pasokan listrik ke komponen tertentu dalam AC. Beberapa fungsi overload yang umum pada AC meliputi:

1. Perlindungan kompresor: Fungsi overload akan memonitor arus yang masuk ke kompresor. Jika arus melebihi batas yang ditentukan, fungsi overload akan memutuskan pasokan listrik ke kompresor untuk mencegah kerusakan pada motor kompresor.

2. Perlindungan motor kipas: Fungsi overload juga melindungi motor kipas AC dari kerusakan akibat arus berlebih. Jika arus yang masuk ke motor kipas melebihi batas yang ditentukan, fungsi overload akan memutuskan pasokan listrik ke motor kipas untuk mencegah kerusakan pada motor.

3. Perlindungan elektronik: Beberapa AC modern dilengkapi dengan kontrol elektronik yang kompleks. Fungsi overload akan melindungi bagian-bagian elektronik ini dari kerusakan akibat arus berlebih atau beban berlebih. Fungsi overload pada AC sangat penting dalam menjaga kinerja dan keberlangsungan AC.

Jika fungsi overload terpicu secara terus-menerus, hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada AC seperti overloading atau kerusakan komponen lainnya.

Ukuran overload ac split

Overload ini juga memiliki ukuran masing – masing menyesuaikan ukuran yang di gunakan pada kompresor ac tersebut, misalnya untuk kopresor ac berukuran satu PK dua Pk dan sebagainya:

NOUkuran overloadKompresor ac
11/2 Hp 1/2 PK (setengah PK)
23/4 Hp 3/4 PK (tiga per empat PK)
31 Hp1 PK (satu PK)
41,5 Hp1 , 5 PK (satu setengah PK)
52 Hp2 PK (dua PK)

CIri – ciri kerusakan overload ac

Ada beberapa faktor penyebab mesin kompresor ac over heat seperti arus listrik tidak sesuai , tidak ada sirkulasi udara pada unit outdoor sehingga panas tidak terserap oleh kipas fan dan sebagainya, yang menyebabkan kerusakan overload ini

Apabila permasalahan itu di abaikan dapat menyebabkan overload menjadi rusak, seperti berikut ini:

  • Terbakar / meleleh
  • Pegas dalam overload tidak bisa memutus arus listrik, Yang artinya ketika terkena temperatur panas, overload tidak bisa menghentikan kompresor.
  • Dan juga pegas dalam overload terputus tidak bisa terhubung kembali, begitu pula kompresor tidak akan bisa menyala.

Cara tes mengetahui kondisi overload ac

Kita bisa mencobanya atau mempraktikan cara kerja overload ini dengan menggunakan panci (sebagai kompresor) dan alat multi tester sebagai alat tes, sebagai berikut:

  • Pasang overload di permukaan panci, kita bisa menggunakan panci letakkan di atas kompor (biarkan kompor menyala memanaskan panci)
  • Hubungkan ke dua kabel overload pada multi terster, pilih slector ohm, hingga jarum bergerak naik.
  • tunggu beberapa menit, jika panci sudah panas maka overload akan memutus, dan jarum pada multitester akan turun hingga 0 ohm.

Percobaan ini bisa kita gunakan untuk mengetes kondisi overload masih berfungsi atau tidaknya, apabila panci sudah panas, namun overload tidak memutus (jarum multi tester tidak turun hingga 0) maka overload ini rusak tidak bisa mengamankan kompresor dari panas berlebihan,

Apabila kita tes overload tanpa permukaan yang panas, namun jarum multitester tetap diangka 0 berarti overload ini sudah rusak / putus, tidak bisa menghubungkan listrik lagi.

Pengertian overload ac ini semoga kita dapat kita pahami, pada intinya, overload ac ini bekerja untuk mengamankan kopresor yaitu, memutus arus listrik ke kompresor ketika danya suhu panas yang berlebihan pada body kompresor, agar kompresor tidak memaksa menyala dalam kondisi tidak normal.