Fungsi Heater Kulkas 2 pintu dan cara kerjanya

Fungsi Heater Kulkas 2 pintu dan cara kerjanya komponen yang berfungsi untuk menghilangkan atau mencegah penumpukan es di dalam freezer kulkas.

Apa itu heater pada kulkas ?

Fungsi heater kulkas adalah pemanas yang beguna untuk menghilangkan atau pencairan es disebut deftots yang terbentuk pada permukaan evaporator coil di dalam freezer kulkas. Istilah “defrost” berasal dari bahasa Inggris yang secara harfiah berarti “membekukan kembali”. Namun, dalam konteks kulkas, defrost merujuk pada kegiatan sebaliknya, yaitu melarutkan atau mencairkan es yang terbentuk agar tidak mengganggu kinerja kulkas.

Proses heater pada kulkas diperlukan karena ketika kulkas beroperasi, uap air yang ada di udara akan terkondensasi dan membeku pada permukaan evaporator coil yang dingin.

Penumpukan es ini dapat mengganggu aliran udara dingin di dalam freezer dan membuat pendinginan menjadi tidak efisien. Selain itu, penumpukan es yang berlebihan juga dapat menyebabkan ruang penyimpanan dalam freezer menjadi terbatas.

Untuk mengatasi masalah ini, kulkas dilengkapi dengan heater atau elemen pemanas yang berfungsi untuk memanaskan evaporator coil dan mencairkan es yang terbentuk.

Proses ini biasanya dilakukan secara otomatis dengan bantuan sensor suhu atau timer yang mengatur frekuensi dan durasi pemanasan agar efektif. Setelah proses defrosting selesai, air hasil pencairan es akan mengalir keluar melalui saluran pembuangan.

Dengan melakukan proses pemanasan secara teratur, kulkas dapat tetap berfungsi dengan optimal, menjaga suhu yang stabil, dan mencegah penumpukan es yang akan mengganggu kinerja dan ruang penyimpanan. Ini penting agar makanan yang disimpan tetap segar dan kulkas dapat bekerja dengan baik.

Letak komponen heater kulkas 2 pintu

Komponen heater pada kulkas dua pintu biasanya terletak di bagian belakang penutup evap bagian bawah. Untuk lebih spesifiknya, penting untuk mengacu pada petunjuk penggunaan atau diagram pabrik yang disediakan oleh produsen kulkas Anda. Panel akses mungkin perlu dibuka untuk mengakses heater.

Ukuran Heater kulkas

Merek kulkasUkuran heater
Polytron10, 12 dan 13 inc
Sharp10, 12 dan 13 inc
LG10, 12 dan 13 inc
Samsung10, 12 dan 13 inc
Ctt. Masing masing ukuran heater berdasarkan ukuran kulkas.

Fungsi heater kulkas dua pintu

Fungsi utama heater pada kulkas adalah memanaskan evaporator coil agar es yang terbentuk pada coil tersebut dapat mencair dan mengalir keluar melalui saluran pembuangan air. Proses ini disebut dengan defrosting atau pencairan.

Selama pengoperasian normal kulkas, uap air yang ada di udara akan mengembun dan membeku pada permukaan evaporator coil. Jika es terus menumpuk, dapat mengganggu sirkulasi udara dingin di dalam freezer dan menyebabkan kinerja kulkas menjadi tidak efisien. heater berperan dalam mengatasi masalah ini dengan memanaskan coil evaporator untuk mencairkan es tersebut secara berkala.

Baca Juga : Fungsi Thermostat Kulkas 1 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Heater biasanya terbuat dari elemen pemanas listrik yang dilekatkan pada permukaan evaporator coil. Pada beberapa model kulkas, heater juga dapat berupa kumparan panas atau pemanas kawat. Ketika sistem defrosting diaktifkan, heater akan dinyalakan untuk memanaskan coil evaporator dan mencairkan es. Setelah proses defrosting selesai, kulkas akan kembali ke suhu pendinginan normal.

Dengan adanya heater, kulkas dapat menjaga kinerjanya dalam mengatur suhu yang optimal serta mencegah penumpukan es yang berlebihan di dalam freezer. Ini penting agar makanan tetap segar dan kulkas berfungsi dengan baik.

Cara kerja heater kulkas

Heater berkerja secara otomatis di setting oleh Bimetal, bimetal adalah sebuah komponen pada kulkas yang digunakan sebagai saklar termal atau thermostat yang bertujuan untuk mematikan atau pemutus aliran listrik pada heater jika suhu di dalam lemari kulkas sudah mencapai suhu yang diinginkan.

Bimetal dijelaskan sebagai dua lembaran logam dengan koefisien regangan termal yang berbeda digabungkan menjadi satu. Kombinasi ini memungkinkan lapisan logam yang satu lebih cepat bereaksi dari yang lain pada saat dipanaskan atau didinginkan.

Ketika suhu di dalam kulkas mencapai suhu yang sudah diatur, maka bimetal akan melengkung akibat perbedaan koefisien regangan termalnya dan memutuskan aliran listrik yang menghubungkan compressor sehingga compressor akan mati dan lemari kulkas akan menjaga suhu yang diinginkan hingga suhu turun kembali.

Baca Juga : Fungsi Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Begitu suhu di dalam kulkas turun di bawah batas tertentu, bimetal akan naik kembali ke posisi semula dan menghubungkan aliran listrik lagi ke compressor sehingga compressor dapat beroperasi kembali.

Bimetal heater pada kulkas bekerja secara otomatis dan membantu menjaga suhu di dalam lemari kulkas tetap stabil sehingga makanan dan minuman yang disimpan tidak rusak akibat panas.

Bimetal juga membantu mengurangi energi yang terbuang karena compressor akan mati sejenak ketika sudah mencapai suhu tertentu, sehingga kulkas bekerja lebih efisien.

Memahami kerusakan heater pada kulkas

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi heater kulkas antara lain pemakaian yang berlebihan, ketidakmampuan dalam menjaga kulkas agar tetap bersih, atau saat terjadi kesalahan saat proses instalasi.

Jika fungsi heater kulkas tidak bekerja, maka bunga es yang terbentuk di dalam kulkas mungkin tidak bisa mencair dengan baik. Heater berfungsi untuk memanaskan permukaan dalam kulkas dan mencegah terbentuknya penumpukan es secara berlebihan.

Jika funsi heater kulkas rusak, es menjadi sulit untuk meleleh dan akhirnya penumpukan es tidak dapat terpecahkan.

Akibatnya, suhu dalam kulkas bisa menjadi tidak stabil, bunga es dapat terus bertambah dengan cepat, dan ruang penyimpanan dalam kulkas mungkin terbatas karena penumpukan es yang berlebihan.

Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja pendinginan kulkas secara keseluruhan.

Ciri – ciri fungsi heater kulkas rusak

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa tanda fungsi heater pada kulkas rusak:

Penumpukan es yang berlebihan: Jika kulkas tidak dapat melakukan proses defrost dengan benar, maka akan terjadi penumpukan es yang berlebihan pada permukaan evaporator coil di dalam freezer. Anda mungkin akan melihat lapisan tebal es yang menutupi coil dan mengganggu aliran udara.

Suhu yang tidak stabil: Jika fungsi heater kulkas rusak, suhu di dalam kulkas mungkin tidak stabil. Anda mungkin mengalami perubahan suhu yang tidak teratur atau suhu yang tidak sesuai dengan pengaturan yang anda tentukan pada kulkas.

Bising yang tidak normal: Jika ada masalah dengan heater pada kulkas, Anda mungkin mendengar suara yang tidak normal, seperti suara gemeretak atau berdecit dari area freezer. Ini bisa terjadi karena penumpukan es yang tidak dihapus dengan efisien.

Penurunan efisiensi pendinginan: Jika heater tidak berfungsi dengan baik, kinerja pendinginan kulkas dapat menurun. Makanan dan minuman mungkin tidak dingin atau membeku dengan baik, dan Anda mungkin melihat peningkatan suhu dalam waktu yang lebih lama setelah membuka pintu kulkas.

Baca juga : Fungsi Timer Kulkas 2 Pintu Cara kerja & Ciri – Ciri Timer Rusak

Kelembapan berlebihan: Jika heater rusak, Anda mungkin melihat akumulasi kelembapan yang berlebihan dalam freezer atau kulkas. Ini dapat mengakibatkan makanan menjadi lembab atau berembun.

Penyebab fungsi heater kulkas rusak

Ada beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan fungsi heater kulkas rusak tidak bekerja. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kerusakan pada heater kulkas :

Umur dan keausan: Seiring waktu, fungsi heater kulkas dapat mengalami keausan yang menyebabkan kerusakan. Pemakaian yang terus-menerus dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan komponen heater menjadi rusak.

Arus listrik yang tidak stabil: Jika kulkas mengalami fluktuasi arus listrik yang sering, ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik termasuk heater.

Pemakaian yang berlebihan: Pemakaian yang berlebihan atau pemuatan kulkas di atas kapasitasnya dapat menyebabkan tekanan berlebih pada komponen, termasuk heater , yang dapat menyebabkan kerusakan atau pecah.

Kualitas komponen yang buruk: Jika kulkas diproduksi dengan komponen yang buruk atau berkualitas rendah, maka kemungkinan ada kegagalan pada komponen seperti heater.

Kondisi lingkungan yang ekstrem: Jika kulkas terpapar suhu lingkungan yang sangat panas atau dingin, ini dapat menyebabkan kerusakan fungsi heater kulkas.

Salah instalasi: Kesalahan saat instalasi kulkas atau pemasangan heater yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.

Mengatasi kerusakan fungsi heater kulkas 2 pintu

Untuk mengatasi kerusakan fungsi heater kulkas yang tidak aktif, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

Matikan kulkas: Pastikan untuk mematikan kulkas dan mencabutnya dari sumber listrik sebelum memulai perbaikan.

Periksa koneksi listrik: Periksa koneksi listrik pada heater. Pastikan kabel tidak terputus atau kendur. Jika ada kabel yang rusak, ganti dengan yang baru.

Periksa thermostat : Periksa dan uji thermostat defrost kulkas. Thermostat bertanggung jawab mengatur suhu dan waktu operasi heater . Jika thermostat rusak, ganti dengan yang baru.

Periksa komponen lainnya: Selain heater dan thermostat, periksa juga komponen lain seperti relay , timer , dan sensor suhu. Pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang signifikan pada komponen ini. Jika ada kerusakan, ganti dengan yang baru.

Bersihkan dan defrosting kulkas: Jika diperlukan, bersihkan kulkas secara menyeluruh dan lakukan proses heater dengan mengosongkan dan mencairkan es yang terbentuk di dalam kulkas. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen.

Panggil teknisi layanan: Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam memperbaiki komponen kulkas, sebaiknya memanggil teknisi layanan yang terlatih dan berpengalaman. Mereka dapat melakukan perbaikan yang diperlukan dengan aman dan membantu mengembalikan kinerja kulkas seperti semula.

Cara cek kerusakan heater pada kulkas

Langkah – langkah mengukur heater menggunakan multitester atau avometer sebagai berikut :

  1. Siapkan multitester.
  2. Posiisikan putar pada posisi Rotary Switch di ukuran 2K
  3. Hubungkan kabel merah pada multitester ke ujung heater dan kabel multitester warna hitam ke pangkal heater yang sebelah
  4. Jika nilai hasil dari multitester antara 250 -400 ohm maka heater dalam kondisi baik,
  5. Dan bila hasil ukur pada multitester nilai nol Ohm berarti Heater sudah konslet
  6. Dan apaibila hasil ukur pada multitester menjangkau nilai tak terhingga berarti Heater putus atau sudah rusak.

Cara cek kerusakan / mengetahui kondisi heater diatas bisa digunakan untuk pengecekan semua heater pada kulkas semua merk, seperti polytron, samsung, sharp, LG.

Cara mengganti heater pada kulkas dua pintu

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengganti heater pada kulkas dua pintu:

  1. Matikan kulkas: Pastikan untuk mematikan kulkas dan mencabutnya dari sumber listrik sebelum memulai penggantian heater.
  2. Kosongkan kulkas: Hapus semua makanan dan barang yang ada di dalam kulkas untuk memberikan akses yang lebih mudah ke bagian dalam.
  3. Buka panel akses: Cari panel akses yang menutupi heater di dalam kulkas. Panel ini biasanya terletak di belakang dinding belakang kulkas atau di atas freezer. Anda mungkin perlu melepas beberapa baut atau pengunci untuk mengakses panel.
  4. Lepaskan kabel daya: Setelah panel akses terbuka, periksa sambungan kabel daya pada heater. Pastikan untuk mencabutnya dengan hati-hati dari sumber listrik utama.
  5. Lepaskan heater yang rusak: Setelah kabel daya terlepas, periksa bagaimana heater terhubung ke kulkas. Mungkin perlu membuka beberapa penjepit atau melepas beberapa baut untuk melepaskan heater yang rusak dari tempatnya.
  6. Pasang heater yang baru: Setelah heater yang rusak dilepas, pasang heater yang baru dengan membalikkan proses yang sama. Pastikan untuk menjaga kabel daya terhubung dengan benar dan aman ke sumber listrik.
  7. Tutup kembali panel akses: Setelah heater baru terpasang dengan baik, rapatkan kembali panel akses yang telah Anda buka sebelumnya. Pastikan semua baut, pengunci, atau penjepit terpasang dengan sempurna.
  8. Hubungkan kembali kulkas ke listrik: Setelah semua panel terpasang dan mengamankan, sambungkan kembali kulkas ke sumber listrik. Pastikan kulkas menyala dan heater berfungsi dengan baik.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak memiliki keahlian dalam melaksanakan langkah-langkah ini, sebaiknya Anda memanggil teknisi layanan yang terlatih dan berpengalaman untuk mengganti heater pada kulkas Anda. Mereka akan dapat membantu dengan aman dan memastikan penggantian yang tepat dilakukan.

Okelah cukup sampai disini pembahasan, fungsi heater kulkas 2 pintu yang bisa saya sampaikan, semofa dapat menambah wawasan anda bagi teknisi yang baru mendalami skill service kulkas, dan pengguna lainnya.