Fungsi Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Fungsi Defrost bimetal Dan Cara Kerjanya Pada Kulkas – defrost memilik sensor memutus dan menyambungkan listrik pada komoponen heater.

Fungsi defrost bimetal pada kulkas

Defrost pada kulkas adalah proses untuk menghilangkan atau mencairkan lapisan es yang terbentuk di dalam freezer atau ruang pendingin kulkas.

Es ini biasanya terbentuk akibat adanya kelembapan udara yang masuk ke dalam kulkas dan mengembun pada permukaan dingin di dalamnya. Defrosting sangat penting untuk menjaga kinerja optimal kulkas dan mencegah terjadinya penumpukan es yang dapat mengganggu aliran udara serta menghabiskan lebih banyak energi listrik.

Bimetal defrost kulkas 2 pintu

Proses defrost pada kulkas dapat dilakukan secara manual dengan mematikan kulkas dan menunggu hingga es mencair, atau secara otomatis dengan menggunakan fitur defrost yang disediakan oleh kulkas modern.

Cara kerja defrost bimeta pada kulkas 2 pintu

Cara kerja bimeta defrost pada kulkas 2 pintu bergantung pada jenis kulkasnya. Ada dua jenis defrost yang umum digunakan pada kulkas 2 pintu, yaitu defrost otomatis dan defrost manual.

Defrost Otomatis: Pada kulkas jenis ini, defrosting secara otomatis terjadi ketika terjadi pembekuan es yang berlebihan di evaporator (pembeku), sehingga di dalam kulkas terdapat sensor yang akan mendeteksi saat terjadi pembentukan lapisan es dan akan secara otomatis mematikan bagian pendingin kulkas.

Kemudian, pemanasan bagian evaporator akan dilakukan secara otomatis hingga lapisan es mencair dan masuk ke wadah yang khusus untuk menampung air.

Defrost Manual: Pada kulkas dengan defrost manual, pengguna harus melakukan defrost secara manual. Pada umumnya, kulkas ini dilengkapi dengan pengaturan terpisah untuk defrost, sehingga pengguna harus mengaktifkan fungsi defrost secara manual melalui tombol khusus.

Setelah itu, pemanasan bagian evaporator akan terjadi selama beberapa waktu agar lapisan es dapat mencair. Pengguna kemudian harus mengeluarkan air yang dihasilkan dari mencairnya es dalam wadah yang disediakan.

Kedua jenis defrost pada kulkas 2 pintu tersebut dilakukan untuk menghilangkan lapisan es atau embun yang menempel pada evaporator agar kinerja kulkas dapat berjalan dengan optimal, mengurangi konsumsi energi, dan menjaga keawetan kulkas.

Letak bimetal defrost kulkas 2 pintu

Biasanya, bimetal defrost pada kulkas 2 pintu terletak di sekitar atau dekat dengan evaporator.

Untuk menemukan lokasi bimetal defrost, Anda perlu membuka panel tutup evaporator kulkas bagian ruang pintu atas .

Ketika Anda membuka panel belakang tersebut, Anda akan dapat melihat beberapa komponen kulkas, termasuk evaporator.

Bimetal defrost biasanya berbentuk seperti kotak saklar yang dan terhubung dengan kabel terbungkus plastik bening, yang masuk ke kumparan panas di sekitar evaporator. Jadi, letaknya akan berada di dekat atau di sekitar evaporator.

Tanda – tanda kulkas jika fungsi defrost bimetal rusak

Tanda kulkas bila bimetal defrost rusak antara lain:

Terbentuknya lapisan es yang tebal: Bimetal defrost yang rusak dapat mengakibatkan terbentuknya lapisan es yang lebih tebal pada evaporator kulkas. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan bimetal dalam mendeteksi suhu yang benar di dalam kulkas, sehingga defrosting tidak dilakukan dengan baik.

Ciri - ciri kulkas jika bimetal defrost rusak

Kulkas tidak dingin secara efektif: Lapisan es yang terlalu tebal pada evaporator dapat mengganggu aliran udara dingin di dalam kulkas, sehingga kulkas tidak mampu mendinginkan makanan dan minuman secara efektif. Anda mungkin akan merasakan bahwa kulkas terasa lebih hangat dari biasanya.

Komponen bimetal yang tampak rusak: Jika bimetal defrost rusak, Anda mungkin dapat melihat tanda-tanda kerusakan pada komponen bimetal itu sendiri. Hal ini bisa berupa patahan, kekaratan, atau tanda-tanda fisik lainnya yang dapat mengindikasikan masalah pada bimetal defrost.

Siklus defrost yang tidak normal: Jika bimetal defrost rusak, siklus defrost pada kulkas mungkin tidak berjalan dengan baik. Defrosting dapat terjadi terlalu sering atau terlalu jarang, yang dapat mengganggu kinerja kulkas secara keseluruhan.

Jika Anda mencurigai bahwa bimetal defrost pada kulkas Anda rusak, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi atau pusat layanan resmi kulkas untuk memperbaikinya. Mereka akan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Ciri – ciri fisik bimetal rusak

Cici – ciri bimetal defrost rusak ditandai beberapa ciri pada fisik seperti :

  1. Fuse bimetal gosong
  2. Didalam bungkus bimetal terdapat embun
  3. Fuse kawat terlihat pustus

Selain melihat dari tanda – tanda kerusakan bimetal secara melihat dari fisik, kita juga bisa mengecek menggunakan multi tester atau avo meter.

Cara cek bimetal defrost menggunakan multitester

Bimetal yang berfungsi memutus dan menyambungkan aliran listrik pada komponen heater, untuk pengecekan kondisi bimetal masih berungsi dengan baik, maka kita harus cek kondisi 2 fungsi, yaitu pemutus dan penyambung otomatis ketika perubahan suhu didalam kulkas berganti.

Untuk itu saat pengecekan 2 fungsi bimetal kita harus menyiapkan permukaan suhu normal dan suhu dibawah 18°C, yaitu menggunakan batu es.

Berikut cara – cara mengetahui kondisi 2 fungsi defrost bimetal pada kulkas :

Cara Cek fungsi bimetal “ON” otomatis

Berikut langkah – langkah cek kondisi fungsi defrost bimetal menghubung koneksi heater “ON” pada kulkas menggunakan multitester / avometer.

  1. Siapakan multitester
  2. Siapkan batu es dan air dalam gelas
  3. Putar analog pilih mode ohm
  4. Sambungkan kedua kabel multitester pada kedua kabel bimetal.
  5. Masukan bimetal kedalam gelas yang sudah terisi batu es
  6. Jika jarum multitester menujukan ke arah nilai 0 maka bimetal sudah rusak.
  7. Dan Jika jarum multi tester tetap diposisi nilai angka maka bimetal dalam kondisi baik.
Cara Cek fungsi bimetal "ON" otomatis

+Kesimpulan :

Cara ini untuk mengetahui kondisi fungsi defrost bimetal apakah masih bisa menghubungkan koneksi heater secara otomatis saat kulkas terdapat tumpukan batu es.

Pada umumnya bila Defrost bimetal kulkas masih berfungsi dengan baik ketika permukaan sensor bimetal menyentu batu es atau suhu di bawah 13°C maka koneksi bimeral “ON” mengalirkan listrik pada heater, dan mencairkan batu es.

Baca juga : Fungsi heater dan cara kerja pada kulkas dua pintu

Cara cek Defrost bimetal kulkas “OFF” otomatis

Berikut langkah – langkah cek kondisi fungsi defrost bimetal memutus koneksi heater “OFF” l pada kulkas menggunakan multitester / avometer.

  1. Siapkan multitester
  2. Arahkan analog mulitester pada mode ohm
  3. Letakan bimetal ke permukaan bersuhu normal
  4. Hubungkan kedua kabel multitester ke kedua kabel bimetal
  5. Jika jarum multitestes menjukan angka maka kondisi bimetal dalam kondisi rusak.
  6. Dan apabila jarum multitester menunjukan angka 0 maka kondisi bimetal masih bagus.
Cara cek fungsi bimetal "OFF" otomatis

+Kesimpulan :

Pada umumnya bila bimetal yang masih berfungsi dengan baik ketika permukaan sensor bimetal menyentu suhu normal atau di diatas suhu 13°C maka koneksi bimeral “OFF” memutus listrik pada heater, dan kondisi kulkas sedang memproses pendinginan.

Oke lah cukup sampe disini pembahasan fungsi defrost bimetal pada kulkas dan cara kerjanya