Cara Tes mengukur kapasitor pada AC

Cara Tes mengukur kapasitor pada AC – Kapasitor adalah komponen penampung suplay arus listrik untuk menggerakan suatu komponen, seperti pada Unit AC terdapat komponen Kompresor dan Dinamo Kipas, lantas bagaimana cara Tes kapasitor pada AC.

kapasitor memiliki ukuran yang berbeda untuk menggerakan suatu motor sesuai kapasitasnya, jadi kapasitor memiliki nilai dan dapt kita ukura menggunakan peralatan multi tester, seperti langkah – langkah ini :

Lantas bagaimana cara mengukur kapasior ac agar dapat mengetahui kondisinya ?

Menyipkan peralatan

  • Siapkan kapasitor yang akan di cek nilainya
  • Siapkan alat multi tester

Sebelum melakukan Cara Tes mengukur kapasitor pada AC, Perhatikan keterangan kapasitor, pada tulisan ukuran yang menempel pada kapasitor,

Baca Juga : Fungsi thermistor ac & ukuran (AC Standar – Inverter)

Contoh 15+1.5 Uf, 25+1.5 Uf, 30+2Uf Nilai yang besar adalah nilai digunakan untuk kompresor, dan nilai yang kecil untuk fan kipas, Pada analog multi tester juga terdapat mode satuannya, Contoh 2Uf, 20Uf. 100Uf, 200Uf,

Jadi apabila kita ingin cek kapasitor yang berukuran 25Uf, maka mode yang kita pilih pada analog multi tester yaitu ukuran 25uf juga, apabila pada mode multi tester tidak ada nilai 25 uf maka kita bisa pilih mode yang nilainya lebih besar dari pada ukuran kapasitor yang akan kita cek.

Sekema cara cek kapasitor

Langkah – langkah Cara Tes mengukur kapasitor pada AC

  • Langkah pertama : Putar analog multi testes ke arah mode UF yang nilainya lebih besar dari nilai kapasitor
  • Hubungkan kedua kabel Hitam ( – ) dan Merah ( + ) pada pin yang terdapat keterangan Herm dan C untuk mengukur kasitor khusus komreosor.
    • hubungkan kedua kabel Hitam ( – ) dan Merah ( + ) pada pin yang terdapat keterangan Fan dan C untuk mengukur kasitor khusus fan kipas.
  • Jika sudah benar menghubungkan kedua kabel antara multi tester dan kapasitor, perhatikan pada LCD multi tester. Itulah kondisi nilai kapasitor sa\’at ini.

Selesai,