Cara Menggunakan Hand Phone Android Sebagai Remot AC

Cara Menggunakan Hand Phone Android Sebagai Remot AC – Trik menyalakan ac ketika remot rusak atau hilang menggunakan handphone android.
Secara langsung ingin mengganti remot tetapi tidak tahu tempat tokonya, atau membeli online pasti harus menunggu 2 3 hari.

Kali ini kami akan memberi solusi cara untuk mengoperasikan ac anda agar dapat di gunakan kembali Tanpa menggunakan remot, yaitu cukup dengan Menjadikan android sebagai remot ac Anda dapat menggunakan perangkat Android Anda sebagai remote AC dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Pastikan bahwa HP Anda dilengkapi dengan fitur sensor IR (infra Red), atau Anda bisa membeli atau membuat sendiri menggunakan jack handset bekas dan mata sensor remot AC .

2. Unduh aplikasi remote AC dari Google Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah Smart Air Conditioner, Sensibo Sky, dan Tado°.

3. Buka aplikasi remote AC dan ikuti instruksinya untuk menghubungkan perangkat Android Anda dengan AC Anda melalui sensor IR (infra Red).

4. Setelah perangkat terhubung, Anda dapat mengontrol AC Anda melalui aplikasi remote AC. Anda dapat mengatur suhu, kecepatan kipas, mode operasi, dan fitur lainnya dari jarak jauh menggunakan perangkat Android Anda.

5. Pastikan bahwa perangkat Android Anda terhubung ke sensor IR (infra Red) yang sama dengan AC Anda untuk memastikan koneksi yang stabil.

6. Beberapa aplikasi remote AC juga memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal dan pengaturan lainnya, sehingga Anda dapat mengoptimalkan penggunaan AC Anda dan menghemat energi. Dengan menggunakan perangkat Android Anda sebagai remote AC, Anda dapat mengontrol AC Anda dari jarak jauh dan menjaga suhu ruangan tetap nyaman tanpa harus berada di dekat AC.

Menggunakan HP android sebagai remot ac

Namun kembali kepermasalahan terlenih dahulu, apakah kerusakan tersebut pada remot ataukah pada sensor pada ac anda? Anda bisa mencoba cek sensor remot menggunakan kamera terlebih dahulu sebelum menggunakan,

Tidak semua merek AC dapat dihubungkan dengan perangkat Android sebagai remote. Kemampuan untuk menghubungkan AC dengan perangkat Android sebagai remote tergantung pada fitur yang dimiliki oleh AC tersebut. Beberapa merek AC terbaru dilengkapi dengan fitur Wi-Fi atau Bluetooth yang memungkinkan Anda mengontrolnya menggunakan aplikasi remote AC melalui perangkat Android.

Baca Juga : Cara Membuat Sensor Remote Ekternal Infrared Android

Namun, tidak semua merek AC memiliki fitur ini. Untuk mengetahui apakah merek AC Anda dapat dihubungkan dengan perangkat Android sebagai remote, Anda dapat memeriksa dokumentasi AC tersebut atau menghubungi produsen AC untuk informasi lebih lanjut. Selain itu, Anda juga dapat mencari aplikasi remote AC yang kompatibel dengan merek AC Anda di Google Play Store atau App Store.

Jika AC Anda tidak memiliki fitur bawaan untuk terhubung dengan perangkat Android sebagai remote, Anda masih dapat menggunakan adaptor Wi-Fi atau Bluetooth tambahan yang kompatibel dengan AC Anda untuk menghubungkannya dengan perangkat Android Anda.

Selalu pastikan untuk memeriksa kompatibilitas perangkat dan fitur yang didukung sebelum memutuskan untuk menggunakan perangkat Android sebagai remote AC.

Oke sekarang kembali ke topik utama Cara Menggunakan Hand Phone Android Sebagai Remot AC, mari kita simak dan ikuti langkah – langkahnya, sebagai berikut :

1 download Aplikasi hp android remot AC

Download aplikasi hp android Mi Remote controller – for TV, STB, AC atau bisa langsung kunjungi halaman aplikasinya klik disini
Mi Remote controller bisa di gunakan sebagai remot ac, tv, audio, vcd dan sebagainya.

2 Set up aplikasi adroid Remote AC

Sifat Mi Remote controller ini adalah Universal bisa di gunakan berbagai elektronik dan merek , yang berati harus mengatur menyesuaikan jenis elektronik dan merk terlebih dahulu.

Namun tetapi ada hal yang harus di ketahui untuk menggunakan aplikasi Mi Remote controller, agar berfungsi dengan baik, di antaranya sebagai berikut:

  • Merk ac anda harus ada di daftar aplikasi tersebut
  • Hp anda harus terdukung sensor IR (Infra red)

Sensor IR (Infra red) Remot ac

Pada remot Sensor IR (Infra red) terletak bagian atas remot seperti lampu led, Tetapi tidak semua hp memiliki sensor tersebut
Biasanya sensor IR (Infra red) ini di miliki hp xiaomi dan tidak semua merk xiaomi memilikinya.

Hp android yang tidak bisa digunakan sebagai remot, kita dapat memasang sensor IR (Infra red) pada handphone agar dapat di gunakan sebagai remot ac. Yaitu berfungsi mengirim signal dari aplikasi remot yang ada di hp andorid kita ke sensor ac, seperti layaknya remot control.

Alternatif lain untuk mengontrol AC Anda tanpa

Alternatif lain untuk mengontrol AC Anda tanpa menggunakan perangkat Android sebagai remote jika AC Anda tidak mendukung fitur bawaan atau adaptor tambahan. Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Gunakan remote AC yang disediakan oleh produsen AC. Remote AC ini biasanya disertakan saat Anda membeli unit AC dan dapat digunakan untuk mengontrol AC Anda dengan mudah.

2. Gunakan smart plug yang dapat Anda hubungkan ke AC. Smart plug ini memungkinkan Anda mengontrol AC Anda dari jarak jauh menggunakan aplikasi di perangkat Android Anda. Namun, pastikan smart plug yang Anda gunakan mendukung daya listrik yang dibutuhkan oleh AC Anda.

3. Gunakan termostat pintar yang dapat Anda pasang di dinding. Termostat pintar ini memungkinkan Anda mengontrol suhu ruangan dan AC Anda dari jarak jauh menggunakan aplikasi di perangkat Android Anda.

4. Gunakan sistem pintar rumah yang terintegrasi dengan AC Anda. Sistem pintar rumah ini dapat mengontrol berbagai perangkat elektronik di rumah Anda, termasuk AC, dari satu aplikasi di perangkat Android Anda. Pastikan Anda memilih alternatif yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda dan sesuai dengan fitur AC Anda. Selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan dan penggunaan dengan benar untuk menghindari kerusakan pada AC dan perangkat elektronik lainnya.