Cara mengatasi ac error kode E6 dengan mudah 100% berhasil

Cara mengatasi ac error kode E6 dengan mudah 100% berhasil – ini merupakan salah satu tanda kerusakan ikuti langkah ini untuk memperbaikinya.

PAda penggunaan ac sehari hari di rumah maupun dikantor pasti tidak lagi bila ac mengalami kerusakan, sebagai pengguna yang awam tentu sangat penasaran dengan permasalahan ac error kode E6,

Oke jangan panik dan tergesa – gesa dalam menghadapi persoalan kerusakan ac serupa yang keluar kode E6 ini,

ac yang mengalami kerusakan masing – masing memberi kode berbeda – beda, lantas apa maksud kode error in dan bagaimana cara memperbaikinya ?

Penyebab AC error Muncul Kode E6

Kode error E6 pada AC bisa memiliki beberapa penyebab yang berbeda, tergantung pada merek dan model AC yang Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab dari kode error E6 pada AC:

1. Masalah pada koneksi listrik: Salah satu penyebab umum dari kode error E6 adalah masalah pada koneksi listrik. Hal ini bisa termasuk kabel yang lepas, konektor FAN Dinamo motor indoor yang longgar, atau masalah pada pemutus arus atau sekering. Pastikan untuk memeriksa koneksi listrik AC Anda dan pastikan semuanya terhubung dengan baik.

2. Kondisi kelistrikan yang tidak stabil: Jika tegangan listrik yang masuk ke FAN Dinamo motor indoor tidak stabil, bisa menyebabkan kode error E6 muncul. Hal ini bisa terjadi jika ada gangguan pada pasokan listrik seperti lonjakan tegangan atau penurunan tegangan yang tiba-tiba. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan stabilizer tegangan untuk menjaga konsistensi tegangan yang masuk ke AC.

3. Masalah pada sensor suhu: Kode error E6 juga bisa terkait dengan masalah pada FAN Dinamo motor indoor. Dinamo atau kapasitor yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan kesalahan pembacaan Dinamo fan motor dan memicu kode error E6. Dalam hal ini, perlu memeriksa dan memperbaiki atau mengganti sensor suhu yang rusak.

4. Masalah pada PCB (Printed Circuit Board): PCB adalah komponen elektronik yang mengendalikan berbagai fungsi pada unit AC. Jika terjadi masalah pada PCB, termasuk yang terkait dengan FAN Dinamo motor indoor dan Kapasitor atau sistem kontrol lainnya, dapat menyebabkan munculnya kode error E6. Periksa PCB dan pastikan tidak ada kerusakan atau kegagalan di dalamnya.

5. Masalah pada komponen lain: Selain penyebab di atas, Ac muncul tulisan kode error E6 juga bisa terkait dengan masalah pada komponen lain seperti motor kipas, kapasitor, atau rangkaian kabel.

Jika ada masalah pada salah satu komponen ini, perlu dilakukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi AC yang terlatih. Jika Anda mengalami kode error E6 pada AC, sebaiknya matikan AC dan hubungi teknisi AC terlatih. Mereka akan dapat melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam dan menentukan penyebab yang tepat serta melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mengatasi masalah pada AC Anda.

Langkah – langkah memperbaiki ac error kode E6

Ac error yang muncul kode E6 ini menandakan bahwa komponen tidak berfungsi yaitu pada fan kipas pada unit indoor,

sedangkan kipas yang tidak dapat berfungsi / berputar ada beberapa penyebab nya dan perlu kita cek masing – masing komponen. sebagai berikut

Cek kapasitor fan indoor

Jadi kita perlu cek pada bagian kapasitor fan ini serta kabel penghungnya, untuk cek kapasitor kita bisa gunakan alat multi tester pilih analog pada mode UF,

dan cocokan apakah nilai ukuran tersebut masih utuh seperti pada keterangan di body kapasitor tersebut,

Untuk ukuran kapasitor berbeda – beda, misal Ac 0.5 (setengah PK) sd 1 (satu Pk) menggunakan kapasitor berukuran 0.9 sd 1,5 Uf,

sedangkan ac berkapasitas 1.5 (satu setengah PK) dan dua (2 Pk) menggunakan kapasitr fan berukuran 2 sd 3 Uf.

Cek dinamo motor fan indoor

Dinamo motor ini adalah komponen utama di dalam ac yang berfungsi mengeluarkan udara,

apabila dinamo motor ini rusak secara langsung tidak bisa berputar yang menyebabkan ac menjadi erro dengan kode H6.

Cara mengatasi ac error kode E6 – Yang pertama kita bisa cek motor dinamo ini dengan melepasnya dari unit indoor,

di dalam dinamo fan indoor ini terdapat lilitan tembaga kumparan, mainbord kecil, rotor dan bearing,

Biasanya di dalam dinamo ini terdapat kotoran seperti sarang semut debu dll dan bearing yang macet, jalur lilitan putus maka dinamo fan tidak akan berputar,

Jadi kita bisa melakukan pengecekan dinamo pada ketiga bagian tersebut. dengan cara membukanya seperti gambar di bawah ini.

Langkah akhir mengatasi AC error kode e6

Jika kode error E6 tetap muncul setelah dilakukan perbaikan oleh teknisi AC, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Hubungi kembali teknisi AC: Jika kode error E6 masih muncul setelah dilakukan perbaikan, segera hubungi kembali teknisi AC yang telah melakukan perbaikan sebelumnya. Beri tahu mereka bahwa masalah masih ada dan jelaskan secara detail apa yang terjadi. Mereka akan dapat memberikan bantuan tambahan atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan penyebab yang mungkin terlewat.

2. Cari bantuan dari teknisi AC lainnya: Jika teknisi AC sebelumnya tidak dapat memperbaiki masalah dengan kode error E6, Anda juga dapat mencari bantuan dari teknisi AC lainnya. Mereka mungkin memiliki pengalaman atau pengetahuan yang berbeda dan dapat menemukan solusi untuk masalah yang Anda alami.

3. Periksa manual pengguna: Periksa manual pengguna AC Anda dan lihat apakah ada informasi tentang kode error E6 dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasinya. Panduan ini mungkin memberikan petunjuk tambahan atau saran troubleshooting yang dapat membantu mengatasi masalah.

4. Cek garansi AC: Jika AC Anda masih dalam masa garansi, periksalah garansi AC Anda dan hubungi pihak yang bertanggung jawab atas garansi tersebut. Mereka akan dapat memberikan informasi tentang langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil, seperti penggantian unit atau pemanggilan teknisi resmi dari pabrikan.

Penting untuk mencatat bahwa setiap situasi dapat berbeda dan langkah-langkah yang perlu diambil dapat bervariasi tergantung pada merek dan model AC yang Anda gunakan. Jadi, penting untuk mengikuti saran dan rekomendasi dari para profesional yang berpengalaman dalam perbaikan AC.

Sekian dan trimakasih, selamat mencobanya, atau silahkan memanggil teknisi terdekat untuk mengatasi ac error kode E6