Cara membongkar ac tanpa membuang freon dengan mudah dan benar

Cara membongkar ac tanpa membuang freon dengan mudah dan benar yaitu dengan cara Pump down – teknik menyimpan freon ini sangat mudah dilakukan yang memiliki keahlian dalam bidang ini. namun kami akan berbagi mengenai metode bongkar ac tanpa membuang freon untuk anda yang belum memahaminya

Pengguna ac maupun penyedia jasa service ac tentu tidak asing lagi dengan kata – kata menyimpan freon agar utuh di dalam unit ac, Menyimpan freon di dalam unit ac adalah di sebut juga pump down, teknik ini sangat penting di lakukan ketika membongkar ac,

Manfaat melakukan pump down freon ketika membongkar ac

Ada beberapa manfaat jika membongkar ac melakukan menyimpan freon ( pump down) sehingga freon tetap utuh dan tidak tidak terbuang ke luar udara, manfaat bagi pengguna ac tidak di kenakan biaya isi freon, dan juga tidak mengakibatkan pemanasan global dan juga merusak lapisan ozone.

Cara membongkar ac tanpa membuang freon ( pump down freon)

Sebelum memulai langkah – langkah Cara membongkar ac tanpa membuang freon , silahkan menyiapkan peralatan service ac yang akan di perlukan yaitu :

  • Tespen
  • Obeng MIN PLUS
  • Kunci inggris 2 Pcs
  • Kunci L 1set (Sesuaikan ukuran pada penguncian valve)
  • Manyfold guage atau analizer
  • Palu dan pahat
  • Kunci ring ukuran 12″

Sebelum memulai membongkar ac , kita melakukan pum down freon atau penyimpanan freon ke dalam kompresor telebih dahulu, agar freon tidak terbuang sia – sia

Cara pump down menyimpan freon didalam system ac

  • Langkah pertama : Nyalakan ac terlebih daulu
  • Langka kedua : Siapkan tespen Obeng Plus, kunci inggris, Silahkan pergi menuju unit oudoor, Bila anda was – was dengan arus listrik cek body menggunakan tes pen terlebih dahulu.

    Kemudian lepas penutup kabel (menggunakan obeng), ke dua penutup valve nepel high press dan low press dan tutup pentil pengisian (menggunakan kunci inggris), seperti gambar berikut.
\"Cara
penutup kabel valve pentil unit outdoor
  • Langkah ketiga : Siapkan alat manyfod guage.

    WAJIB unit outdoor harus sudah menyala !! Pasang alat manyfold guage pada pentil pengisian freon , tunggu hingga jarum manifold setabil (yang artinya berheti atau tidak bergerak naik)
  • Langkah ke empat : Siapkan kunci L (Pilih ukuran kunci L yang sama ukuran lubang kunci valve nya)
    Masukan kuncil L pada penguncian Valve high press (Jalur pipa kecil ) tutup hingga mentok.

    Penting !!! Perhatikan jarum manifold akan menurun, dan tunggu turun hingga (NOL) 0 PSI. selanjutnya Masukan kuncil L pada penguncian Valve low press (Jalur pipa besar) tutup hingga mentok.
  • Langkah ke lima :
    Matikan unit ac secepat mungkin, Harus dengan cepat.
    Selesai

Perlu di ingat …
Sebelum memulai Proses pump down freon : Perhatikan ini sangat penting !! Untuk persiapan terlebih dahu agar bisa mematikan ac secara cepat setelah melakukan penguncian kedua falve, karena jika kondisi valve tertutup kompresor masih menyala terus menerus dapat mengakibatkan kompresor jebol atau meledak,

Maka dari itu perlu persiapan bagaimana agar bisa mematikan unit ac secepat munggkin setelah penguncian valve.
Yakni dengan cara memotong kabel outdoor, jika teman – teman tidak berani melakukannya,

Silahkan meminta bantuan teman dan bersiap di dalam ruangan unit indoor untuk mematikan ac setelah melakukan penguncian kedua falve. Apabila lokasi antara unit outdoor dan indoor berjauhan, kita dapat berkomunikasi menggunakan telefon.

Okey … selanjutnya proses bongkar unit ac dari instalasinya.

Cara membongkar unit ac yang masih terpasang

Sebelum memulai pastikan memutus kabel power unit ac yang terhubung listrik terlebih dahulu.
Dalam pelepasan ac juga diperlukan secara berurutan agar selama proses bongkar unit ac dilakukan dengan rapi mudah dan cepat, silahkan ikuti tahap – tahap membongkar ac secara berurutan sepeti berikut ini :

Cara membongkar unit outdoor AC

Jika anda memulai dari unit outdoor terlebih dahuhu, Silahkan melepas kabel (menggunakan obeng plus) dan kedua pipa bagian outdoor mengunakan kunci inggris).

Kemudian melepas ke empat baut yang menghubungkan kaki outdoor dan breaket menggunakan kunci ukuran 12” atau 13” (sesuaikan ukurannya), Selanjutnya turunkan unit outdoor dari tempat beraket, dan lepas baut dinabolt pada braket, Selesai.

Cara membongkar unit indoor AC

Untuk membongkar unit ac silahkan di mulai dari bagian sambungan kedua pipa yang menghubung unit indoor terlebih dahulu, buka pembalut ductape potong e dua kabel, dan melepas sambungan pipa menggunakan ke dua kunci inggris.

Selanjutnya cabut unit indoor dari breaket pada instalasinya. kemudian lepas breakte jika pemasnagan breaket mengunakan paku, mengguakan martil atau pahat. selesai

Okey semua nya sudah selesai, pembahasan Cara membongkar ac tanpa membuang freon dan cara membokar unit indoor dan outdoor