Cara Membersihkan AC Sendiri Di Rumah 100% Mudah

Membersihkan AC Sendiri Di Rumah sangat penting, hal ini dapat menghemat biaya perwatan bulanan serta dapat menjaga unit ac selalu optimal.

Berikut tips menghemat perawatan ac yang dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa harus menggunakan jasa teknisi dan kami berikan tutorial cara membersihkan ac sendiri tanpa beresiko.

Biasanya waktu yang ideal mencuci ac secara rutin yaitu 3 bulan sekai dengan bantuan teknisi. Manfaat membersihkan ac sendiri per 2 minggu sekali dapat memperanjang jangka service cuci berkala dengan teknisi hingga 6 bulan sekali saja.

Cara Membersihkan ac tanpa teknisi

Berikut cara melakukan membersihkan ac sendiri dirumah tanpa peralatan teknik dan bantuan teknisi dengan mudah tanpa resiko dijamin 100% aman.

Cuci / membersihkan cover AC

Untuk membersihkan cover AC, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Matikan Listrik: Pastikan AC dalam keadaan mati dengan mematikan saklar atau mencabutnya dari soket listrik. Ini penting untuk menjaga keselamatan saat membersihkan AC.

Buka Cover AC: Carilah pegangan atau kunci yang biasanya terletak di bagian samping cover AC. Buka atau lepaskan cover dengan hati-hati. Jika cover tidak memiliki pegangan, perhatikan pemasangan dan cari cara untuk membukanya dengan alat yang sesuai.

Bersihkan Cover AC: Gunakan kain lembut yang dibasahi dengan air sabun ringan untuk membersihkan cover AC. Lap secara lembut untuk menghilangkan debu, kotoran, atau noda yang ada. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau bergelombang yang dapat merusak cover.

Bilas dan Keringkan: Setelah membersihkan cover AC dengan air sabun, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun. Pastikan cover benar-benar kering sebelum dipasang kembali untuk menghindari masalah seperti karat atau bau tidak sedap.

Pasang Kembali Cover AC: Setelah cover kering, pasang kembali dengan hati-hati dan pastikan terpasang dengan aman. Periksa kembali untuk memastikan tidak ada bagian yang terlepas atau longgar.

Cuci filter udara

Filter udara berfungsi menyaring kotoran debu bakteri dari udara yang bersirkulasi dari dalam ruangan ke unit indoor ac, anda bisa membersihkan dengan cara Seperti contoh gambaran berikut ini :

  1. Buka cover unit indoor (Gambar 1)
  2. Lepas filter udara (Gambar 2)
  3. Cuci filter udara hingga bersih dan keringkan
  4. Pasang kembali filter udara
  5. Tutup kembali cover
  6. Selesai.

Perlu diketahui saat anda melakukan membersihkan ac senndiri jangan bingung akan membuka cover unit indoor, Misalnya cover indoor merek ac Daikin, Sharp, Panasonic, LG, Polytron, Samsung caranya sama saja, cukup mencongkel pada bagian pengait cover seprti gambar diatas.

Cuci blower kipas indoor

Untuk membersihkan blower atau kipas indoor AC, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka Tutup Blower: Gunakan obeng atau alat yang sesuai, buka tutup blower yang terletak di bagian depan atau atas kipas indoor AC. Perhatikan tata letak atau cara buka pada model AC yang Anda gunakan.

Bersihkan Bilah Kipas: Dalam keadaan blower terbuka, gunakan sikat lembut atau kuas untuk membersihkan bilah kipas dari debu, kotoran, atau serpihan lainnya. Anda juga dapat menggunakan vakum dengan attachment yang cocok untuk menghilangkan debu.

Bersihkan Bagian Dalam Blower: Setelah membersihkan bilah kipas, perhatikan bagian dalam blower. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat lembut atau kuas untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin menempel. Pastikan tidak ada benda asing yang terjebak di dalam blower.

Perhatikan Motor Blower: Pada beberapa model AC, bisa ada motor blower yang perlu dibersihkan. Jika ada bagian motor yang terlihat kotor atau berdebu, gunakan sikat lembut atau kuas untuk membersihkannya dengan hati-hati. Pastikan tidak menyebabkan kerusakan pada motor.

Pasang Kembali Tutup Blower: Setelah blower dan komponen yang terkait telah dibersihkan dengan baik, pastikan semuanya kering dan pasang kembali tutup blower dengan benar. Pastikan semua baut atau penguncinya rapat.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam membersihkan blower kipas indoor AC, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi AC profesional untuk membantu melakukan pembersihan yang tepat dan aman.

Cuci evaporator Ac

Cara membersihkan evaporator AC bisa sedikit lebih rumit daripada membersihkan komponen lainnya, tetapi bila dilakukan secara teratur, dapat membantu memperpanjang umur AC dan menjaga kinerja yang optimal. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membersihkan evaporator AC:

Buka panel depan evaporator: Panel evaporator terletak di dalam ruang AC dan biasanya dapat diakses dengan mudah melalui lubang yang ada pada bagian depan unit.

Lepas baut dan dicuci: Setelah membuka panel depan evaporator, lepas baut yang melekat dan dicuci dengan air dingin dan sabun ringan. Pastikan tidak menggores atau merusak permukaannya. Jangan menggunakan pakaian kasar atau bahan pembersih yang kuat yang dapat merusak permukaan evaporator.

Gunakan Vacuum Cleaner: Gunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran dari permukaan dan celah-celah pada evaporator. Jika menggunakan vacuum cleaner, gunakan attachment yang cocok untuk mengambil debu tanpa merusak permukaan evaporator.

Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring: Campurkan air dengan sedikit sabun cuci piring dan lap evaporator dengan kain bersih yang dibasahi dalam larutan tersebut. Pastikan untuk menjaga agar kain lembab dan tidak basah menggenang.

Bilas dan keringkan: Setelah menghapus semua kotoran dan noda, bilas evaporator dengan air bersih atau gunakan semprotan air dan basahi kembali kain untuk menghapus sisa sabun. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih atau biarkan udara meniupinya selama beberapa saat, pastikan evaporator benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Pasang kembali panel depan evaporator: Setelah evaporator benar-benar kering, pasang kembali panel depan evaporator dan pasang bautnya.

Membersihkan saluran pembuangan air / selang drains

Membersihkan saluran drains air ac sangat penting untuk memastikan AC berfungsi dengan baik dan memperpanjang masa pakainya. Berikut ini adalah cara mencuci saluran drains air ac:

Temukan saluran drains air: Saluran drains air biasanya terletak di bagian bawah atau belakang unit AC. Hal ini biasanya berupa pipa atau tabung dari bahan plastik, dan cenderung melengkung di sepanjang bagian unit AC.

Lepaskan pipa: Lepaskan pipa dari bagian unit AC. Pastikan untuk menempatkan wadah di bawah pipa untuk menampung air yang keluar.

Buang kotoran dalam pipa: Gunakan alat khusus seperti alat pembersih saluran atau kawat yang dilengkapi dengan bulu-bulu kecil untuk membersihkan pipa drains air. Masukkan alat ke dalam pipa dan tarik keluar untuk menghilangkan kotoran dan debu yang mungkin menyumbat pipa.

Bilas dengan air bersih: Setelah membersihkan pipa dengan alat pembersih, bilas dengan aliran air bersih. Pastikan air mengalir lancar melalui pipa tanpa ada hambatan.

Pasang pipes: Pasang pipa kembali ke unit AC dengan kokoh dan rapat.

Letakkan AC pada posisi awal: Setelah memastikan pipa drains air bersih dan lancar, pasang kembali AC pada posisi awal dan sambungkan ke soket listrik. Hidupkan dan pastikan AC berfungsi dengan baik.

Cara membersihkan unit outdoor Ac

Yang kedua cara mencuci unit outdoor, mungkin anda juga sering melihat teknisi mencuci ac bagian unit outdoor tanpa membuka kesing dan hanya menyemprot saja, Ya memang benar cara mencuci AC bagian unit outdoor memang seperti itu,

Anda juga bisa melakukannya sendiri dan bersihkan pada bagian tertentu, jika anda belum mengetahui silahkan ikuti petunjuk berikut seperti contoh gambar dibawah ini

Cuci bagian kondensor

Untuk mencuci kondensor AC split, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Bersihkan debu dan kotoran: Gunakan sikat atau kuas dengan bulu lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kondensor. Pastikan untuk membersihkan semua sisi kondensor dengan hati-hati.

Semprot air: Gunakan semprotan air atau selang dengan tekanan rendah untuk membersihkan kondensor. Mulailah dengan menyemprotkan air ke permukaan kondensor dari atas ke bawah. Pastikan untuk membersihkan setiap jarak antara sirip kondensor untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di dalamnya.

Gunakan sabun atau deterjen lembut: Jika ada noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan sabun atau deterjen lembut yang dicampur dengan air hangat. Gunakan spons atau kain lembut yang dibasahi dengan campuran sabun untuk membersihkan kondensor dengan lembut. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif yang dapat merusak kondensor.

Bilas dengan air bersih: Setelah membersihkan kondensor dengan sabun, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sabun dan kotoran yang tersisa. Pastikan semua sabun telah dibilas dengan baik.

Keringkan kondensor: Setelah mencuci kondensor, biarkan kondensor kering secara alami atau gunakan kipas atau kain bersih untuk mengeringkannya. Pastikan kondensor benar-benar kering sebelum Anda menghidupkan AC kembali.

Cuci kipas blower outdoor

Untuk membersihkan blower kipas outdoor AC, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Lepaskan penutup blower: Buka tutup pelindung yang terletak di bagian atas atau samping blower kipas. Biasanya, penutup blower bisa dilepas dengan membuka sekrup atau mengangkat klip atau kait yang memegang penutup.

Bersihkan blower dari debu dan kotoran: Menggunakan sikat halus atau kuas, bersihkan lapisan debu dan kotoran yang ada pada blower kipas. Pastikan untuk membersihkan semua daerah blower dengan hati-hati. Anda juga dapat menggunakan kompresor udara atau alat semprot untuk menghilangkan debu yang lebih halus.

Periksa kondisi kipas: Periksa kondisi kipas pada blower kipas. Jika ada kipas yang rusak atau patah, segera ganti dengan yang baru.

Bersihkan filter blower: Pada beberapa model AC, blower kipas memiliki filter yang terpasang. Lepaskan filter dan bersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan sikat atau mencucinya dengan air bersih. Pastikan filter benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Pasang kembali penutup blower: Setelah membersihkan blower dan filter, pasang kembali penutup blower dengan cara yang sama ketika Anda melepasnya. Pastikan penutup terpasang dengan kokoh dan benar.

Bersihkan seluruh body outdoor

Untuk membersihkan casing (penutup luar) AC outdoor, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bersihkan debu dan kotoran: Gunakan sikat atau kuas lembut untuk membersihkan debu, daun, atau kotoran yang menempel pada casing AC outdoor. Gosok perlahan untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Cuci casing dengan air: Gunakan semprotan air atau selang dengan tekanan rendah untuk membersihkan casing. Mulailah menyemprotkan air dari atas ke bawah pada casing, pastikan seluruh permukaan casing terkena air. Hindari menyemprotkan air langsung ke bagian dalam AC atau ke area kelistrikan.

Gunakan sabun atau deterjen lembut: Jika ada noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan sabun atau deterjen lembut yang dicampur dengan air hangat. Gunakan spons atau kain lembut yang dibasahi dengan campuran sabun untuk membersihkan casing dengan lembut. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif yang bisa merusak casing.

Bilas dengan air bersih: Setelah membersihkan casing dengan sabun, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sabun dan kotoran yang tersisa. Pastikan semua sabun telah dibilas dengan baik.

Keringkan casing: Setelah mencuci casing, biarkan casing kering secara alami atau gunakan kain bersih untuk mengeringkannya. Pastikan casing benar-benar kering sebelum Anda menghidupkan kembali AC.

Nyalakan AC: Setelah casing kering, sambungkan kembali AC ke sumber listrik, hidupkan, dan periksa apakah AC berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk membaca panduan pengguna AC Anda dan mengikuti instruksi pembersihan yang disarankan oleh produsen. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam melakukannya, sebaiknya hubungi teknisi AC profesional untuk membantu Anda membersihkan casing AC outdoor dengan benar.

Selesai (Biarkan 10 menit) dan ac bisa digunakan kemabali.

Perlu diketahui terlebih dahulu, Untuk membersihkan ac bagian unit outdoor lakukan penyemprotan berulang – ulang hingga air yang jatuh tampak bersih, Jangan lakukan penyemprotan pada bagian kran atau valve sambungan pipa,

Oleh karna itu air bisa masuk kedalam mesin unit outdoor tersebut dapat menyebabkan konslet maka dari itu cukup bersihkan menggunakan kain basah saja.

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan ac sendiri

Saat membersihkan AC sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat melakukannya dengan aman dan efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Matikan daya listrik: Sebelum memulai membersihkan AC, pastikan AC dalam keadaan mati dengan mematikan saklar atau mencabutnya dari sumber listrik. Hal ini untuk menghindari risiko kejutan listrik atau kerusakan pada AC.

Gunakan peralatan yang tepat: Pastikan Anda menggunakan peralatan pembersih yang tepat, seperti sikat atau kuas lembut, semprotan air, spons, atau kain lembut. Hindari menggunakan bahan kimia agresif atau alat yang kasar yang dapat merusak bagian AC.

Baca panduan pengguna AC: Pastikan untuk membaca panduan pengguna AC Anda sebelum membersihkan AC. Panduan ini akan memberikan instruksi yang lebih spesifik tentang cara membersihkan AC Anda dan peralatan apa yang aman digunakan.

Hindari menyemprotkan air ke bagian dalam AC: Saat membersihkan casing AC outdoor, hindari menyemprotkan air secara langsung ke bagian dalam AC atau ke area kelistrikan. Air yang masuk ke komponen elektronik dalam AC dapat menyebabkan kerusakan serius.

Jaga kebersihan filter: Filter AC adalah salah satu komponen yang perlu diperhatikan saat membersihkan AC. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter secara teratur sesuai dengan panduan pengguna AC. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan mempengaruhi kinerja AC.

Pastikan casing kering sebelum menghidupkan AC: Setelah membersihkan casing AC, pastikan casing benar-benar kering sebelum menghidupkan kembali AC. Kelembaban yang tersisa di dalam casing dapat menyebabkan korosi dan kerusakan.

Lakukan pembersihan secara rutin: Melakukan pembersihan AC secara rutin adalah kunci untuk menjaga AC tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Jadwalkan waktu untuk membersihkan AC secara berkala sesuai dengan panduan pengguna atau petunjuk produsen.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam melakukannya sendiri, sebaiknya hubungi teknisi AC profesional untuk membantu Anda membersihkan dan merawat AC dengan benar.

Manfaat membersihkan ac sendiri

Seperti yang sudah kami tulis sebelumnya, membersihkan ac sendiri per 2 (dua) minggu sekali dapat memperpanjang jadwal service berkala 3 bulan sekali.

Bila anda melakukan secara rutin selanjutnya anda melakukan perawatan rutin dengan teknisi cukup 6 bulan sekali, begitupula biaya perawatan ac menjadi irit 50%.

Berikut gambaran biaya service ac menjadi irit bila di lakukan sendiri.

Cuci AC SendiriCuci AC Dengan Teknisi Biaya /1 tahun
Tidak3 bulan sekaliRp. 280.000
Ya6 bulan sekaliRp. 140.000
Dihitung dengan harga standard service Rp. 70.000

Membersihkan AC secara rutin sangat penting untuk menjaga AC berfungsi dengan baik dan memperpanjang masa pakainya. Beberapa manfaat membersihkan AC sendiri antara lain:

Meningkatkan kualitas udara: Membersihkan AC dapat membantu menghilangkan debu, kotoran, dan jamur yang menumpuk di dalam AC. Hal ini dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan membantu Anda mencegah alergi dan masalah pernapasan.

Menghemat biaya: Membersihkan AC sendiri dapat menghemat biaya untuk membayar jasa layanan pembersihan AC. Dengan mengikuti panduan pembersihan yang benar, Anda dapat menjaga AC berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan.

Meningkatkan efisiensi AC: Membersihkan bagian dalam AC, seperti blower dan filter, dapat membantu meningkatkan efisiensi AC. AC yang bersih dapat bekerja lebih efektif, menghasilkan udara dingin yang lebih baik, dan menghemat energi listrik.

Memperpanjang umur AC: Membersihkan AC secara teratur dapat memperpanjang umur pemakaian AC dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

Namun, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebelum membersihkan AC untuk menghindari kerusakan yang lebih serius. Jika tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya hubungi teknisi AC profesional untuk membantu Anda membersihkan dan merawat AC dengan benar.

Tips menaja ac tetap optimal

Untuk menjaga kinerja AC secara optimal, disarankan untuk membersihkan AC setidaknya 4 kali dalam setahun atau per 3 bulan sekali. Namun, frekuensi pembersihan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Lingkungan: Jika Anda tinggal di daerah dengan polusi udara tinggi, debu yang berlebihan, atau sering terjadi penumpukan kotoran, Anda mungkin perlu membersihkan AC lebih sering, mungkin setiap tiga bulan.

Penggunaan AC: Jika Anda menggunakan AC secara intensif, seperti di ruangan komersial atau tempat dengan banyak orang, kemungkinan penumpukan debu atau kotoran juga akan lebih cepat. Dalam hal ini, pembersihan lebih sering mungkin diperlukan, misalnya setiap tiga hingga enam bulan.

Hewan peliharaan: Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang menggantungkan AC secara teratur, bulu hewan peliharaan dapat mempercepat penumpukan dan perlu membersihkan AC lebih sering, terutama filter AC.

Adapun pembersihan yang direkomendasikan dapat meliputi membersihkan filter AC, membersihkan casing atau bagian luar AC, dan membersihkan lubang drainase. Jika Anda tidak yakin tentang frekuensi pembersihan yang tepat untuk AC Anda, sebaiknya merujuk pada panduan pengguna atau menghubungi teknisi AC profesional yang akan memberikan rekomendasi berdasarkan kondisi spesifik AC Anda.

Oke dah …. Semoga Cara Membersihkan ac Sendiri ini bermanfaat untuk pengguna air conditioner AC.