Cara Kerja Sistem Pendingin AC Siklus Refrigrasi

Cara Kerja Sistem pendingin AC dan memehami 4 siklus refrigeransi yang memungkinkan ac mengelurkan udara dingin.

yaitu kompresi kondensasi expansi evaporasi pada sistem pendingin ruangan yang memungkinkan ac dapat menyerap temperatur tinggi menjadi rendah sehingga ruangan menjadi dingin.


Ac dapat berfungsi bila di dukungan komponen pendingin freon atau refrigerant namun freon atau refrigerant saja tanpa komponen pendukung lainnya maka ac tersebut juga tidak bisa dingin.


Jadi komponen utamanya apa saja dan bagaimana cara Kerja Sistem refrigerant AC ? yang memungkinkan ac dapat mendinginkan ruangan simak berikut ini:

Mengenal Cara Kerja Sistem pendingin AC

Apa saja komponen pada sistem AC? Air conditioner memiliki komponen utama pada bagian sistem yang akan bekerja sama saling mendungkung satu sama lainnya. Sebelum membahas cara kerja sistem pendingin ac, perlu di ketahui kenali komponen utama dalam sistem pendingin dan fungsingnya

komponen utama sisitem pendingin ac :

1. Kompresor

Apa yang dimaksud kompresor pada sistem AC dan Bagaimana cara prinsip kerjanya?? Kompresor AC berfungsi untuk mengedarkan refrigeran ke komponen di dalam sistem, yang berperan mengubah fluida refrigerant atau gas freon dari tekanan rendah menjadi tinggi serta mengarahkan freon ke bagian kondensor.

2. Kondensor

Kondensor adalah komponen terletak pada unit outdoor berfungsi mengubah freon dari gas menjadi cair dan menurunkan temperatur jika sistem ac sedang bekerja kondensor akan mengeluarkan kalor (Panas) yang di hasilkan siklus refrigerant freon,

Apabila sistem ac tidak di lengkapi freon atau freon tidak bersirkulasi dengan optimal maka kondensor tidak mengeluarkan kalor di bagian unit outdoor.

3. Ekspansi

Ekspansi adalah komponen di dalam sistem ac berperan penting untuk menurunkan tekanan freon dan merubah wujud dari cair menjadi gas kabut sehingga mudah menyebar ke evaporator.

4. Evaporator

Evaporator komponen sistem ac ini terletak di bagian indoor berperan sebagai mengumpulkan embun hasil siklus refrigerant, embun akan di hembuskan ke ruangan menyerap temperatur tingi di dalam ruangan menjadi sejuk.

5. Refrigerant

Freon adalah zat senyawa kimia gas bereran penting untuk menyerap temperatur ruangan, refrigerant ini tidak memiliki berwarna maupun berbau karena freon atau refrigerant ini adalah Zat-zat yang berwujud gas .

Ada beberapa tipe freon sering di gunakan kemungkinan anda harus mengetahui jenis – jenis dan perbedaannya,
untuk melengkapi kebutuhan pendingin di dalam sistem ac juga ada tata cara penggunaan freon agar ac dapat berfungsi dengan optimal

Baca juga : Perbandingan Freon AC R32 R22 R410A dan R290

Refrigerant ini komponen penting didalam sistem pendingin ac yaitu sebagai bahan pendingin yang memungkinkan ac ac menjadi dingin,

4 siklus refrigerant dalam sistem pendingin AC

Bagaimana prinsip kerja dari AC? Sebelum nya kita sudah membahas komponen utama dalam sistem pendingin ac, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kerja 4 siklus utama pada sistem ac.

Ketika kita memasukan gas freon ke dalam ac yang pertama menuju ke kompresor akan mempompa ke bagian kondensor -> expansi -> evaporator kembali ke kompresor akan terjadi perubahan tekanan, temperatur dan zat gas -> cair.

Perubahan tekanan, temperatur dan zat gas -> cair pada freon refrigeran ini membutuhkan 4 siklus operasi yang memungkinkan ac mengeluarkan hawa dingin yaitu : kompresi, kondensasi, expansi dan evaporasi.

Berikut 4 siklus cara kerja sistem refigerant sistem ac:

Kompresi

Kompresi adalah Proses refrigerat freon di dalam kompresor menuju kondensor
bertujuan untuk menaikkan tekanan dan suhu rendah Gas refrigerant sehingga temperatur menjadi tinggi ketik di dalam kondenser,

Kondensasi

Kondensasi adalah Proses freon di dalam kondensor menuju receiver drier
bertujuan gas freon di ubah zatnya dari gas menjadi cair dan menurunkan temperatur di dalam kondensor. freon yang bertemperatur dan bertekanan tinggi di pancarkan dalam kondensor menjadi cairan dan disalurkan ke receiver drier.

Ekspansi

Proses freon didalam ekspansi menuju evaporator, Ekspansi mengatur jumlah dan mengubah cairan refrigerant menjadi gas atau kabut ke dalam evaporator

Evaporasi

Evaporasi  adalah: Proses Refrigerant freon dirubah dari cairan ke gas atau kabut dalam evaporator, Cairan freon refrigerant di kabutkan oleh hisapannya sendiri. saat proses evaporasi panas membutuhkan udara disekitar evaporator.

Ke empat siklus harus terdukung pada 5 komponen yang memungkinkan merubahan tekanan, temperatur dan zat gas menjadi zat cair. Cairan embun pada evaporator unit indoor akan di hembuskan udara oleh kipas ke dalam ruangan sehingga menjadi sejuk dan dingin.

Naaahhh .. itulah Cara Kerja Sistem refrigerant AC sehingga dapat mengeluarkan hawa dingin untuk menyerap temperatur panas di dalam ruangan …