Cara cek kondisi ac kurang atau tidak dingin

Cara cek kondisi ac kurang atau tidak dingin –
Dalam penggunaan air conditioner sering kali kita menemui permasalahan seperti tidak dingin, ac yang bermasalah serupa ini kita dapat cek dengan cara memperhatikan kebiasaan normalnya, yaitu pengecekan secara keseluruhan sebagai berikut:

Cek unit outdoor (Kondisi ac menyala)

Unit outdoor yang bekerja normal dapat kita ketahui dari putaran kipas dan bunyi getaran dari kompresor. Ada 3 kerusakan pada unit outdoor yang dapat kita pahami dari nyala tidaknya antara kompresor dan kipas atau bahkan tidak menyala keduanya yang menyebabkan ac kurang atau tidak dingin yaitu:

  • Unit outdoor Menyala mati secar otomatis jangka cepat (-+ 1menit) – Unit outdoor dengan kerusakan ini ada beberapa faktor permasalahan kesrusakan kompresor, yaitu :

    1. Setelan suhu temperatur pada remot diatur 27 sampai 30C.
    2. Kerusakan pada komponen thermistor (Thermistor yang rusak terkadang tidak mendeteksi suhu dengan akurat)
    3. Jika ac menggunakan Freon R32 / R410 A disebabkan karena freon kurang maksimal
  • Kipas unit outdoor mati namun kompresor masih menyala bergetar Hal ini menyebabkan kompresor cepat berhenti dikarenakan komponen overload mendeteksi suhu panas yang berlebihan secara langsung akan memutus arus listrik ke kompresor, dan kompresor akan menyala kembali ketika suhu kopresor menurun. kita bisa cek komponen kapasior fan kipas dan juga dinamo nya
  • Kompresor mati (Tidak ada getaran) namun kipas masih tetap menyala – Pada kerusakan kompresor tidak menyala tentu saja gas freon tidak akan sirkulasi (berputar) hal ini menyebabkan evaporator menjadi kering dan udara ac tidak dingin.

    Untuk kerusakan ini kita dapat melakukan pengecekan / mengukur nila kapasior, cek overload, apa bila kedua komponen masih normal, cek kompresor.

Cek selang pembuangan air (Drains)

Cek selang air sa\’at ac menyala, analisa ini dapat megetahui kondisi evaporator apakah masih mengeluarkan embun banyak atau sedikit. Penyebab banyak sedikitnya air yang dikeluarkan pada selang drains diantaranya :

Kurang freon
Kondisi freon berkurang menyebabkan embun pada evaporator tidak merata, maka air yang dikeluarkan pada selang drain hnya sedikit, Jadi apabila ac kurang dingin namun pada selang drain masih mengeluarkan tetesan air berarti kondisi freon masih ada.

Banyak sedikit ny air yang keluar pada selang drains dipengaruhi adanya embun hasih sirkulasi (Putaran) freon pada evaporator.

Cek kondisi freon dengan memperhatikan ciri – cirinya

Untuk mengetahui tekanan freon lebih lanjut kita dapat melihat pada kedua pipa yang terhubung pada unit outdoor dengan keadaan setelah menyalakan ac, dengan ciri – ciri sebagai berikut:

1. Pipa kicil membeku – berarti Kondisi freon di bawah -+ 20Psi (Di perlukan perbaikan kebocoran & isi freon kembali)

2. Pipa kecil membeku namun beberapa menit kembali mencair yaitu kondisi freon kurang maksimal (Diperlukan penambahan freon)

3. Pipa kering – yang berarti mesin kompresor tidak menyala.

Freon yang berkurang atau habis tentu ada penyebabnya, karena jika tidak ada kebocoran maka freon ac tidak akan habis. yang menyebabkan pipa ac membeku.

Baca selengkapnya – penyebab freon ac cepat berkurang atau habis

Cek filter udara

Mengecek filter udara untuk memastikan apakah kotor atau masih bersih, ketika filter udara yang kotor penuh debu hungga rapat menjadikan sirkulasi udara tidak lancar, maka kipas indoor tidak mengeluarkan udara dengan maksimal (Pelan)

Ketika setelah membersihkan filter udara, dan sudah ada perubahan kedinginannya bertambah, berarti harus diperlukan perawan cuci ac 3 bulan sekali dengan memanggil teknisi untuk mencucinya.

Apakah ac anda yang sa\’at ini kurang / tidak dingin, adakah permasalahan yang sama seperti di atas???
Seperti:

  • Filter udara kotor rapat tertutup debu
  • Unit outoor menyala mati dengan jangka -+ 1MENIT
  • Suhu temperatur 27 sd 30 C
  • Unit outdoor tidak ada getaran (Kompresor tidak menyala)
  • Unit outdoor – Kipas tidak menyala