Arti Kode Error AC LG Inverter Vesi CH Dan Cara Mengatasi

Arti Kode Error AC LG Inverter Vesi CH, Berikut penyebab kenapa ac LG muncul kode CH dan cara mengatasi dengan mudah sesuai buku panduan AC LG.

Kode error CH pada ac Lg inverter ini biasanya terkait dengan masalah pada sensor suhu komunikasi antara unit indoor dan outdoor, sirkulasi udara, atau tekanan freon maupun komponen lainnya.

Tahukah anda, mengapa ac LG keluar kode error ? –

AC lg inverter yang muncul kode error ch ini bukanlah bermasalah dengan sistem program mainboard nya, perlu anda ketahui bahwa ac yang mengeluarkan kode error yaitu dmna unit sedang mengalami masalah, fitur ini disebut Self-diagnosis adalah fitur yang memungkinkan unit AC untuk mendeteksi dan mendiagnosis sendiri masalah yang terjadi.

Fitur ini memungkinkan AC untuk menampilkan kode error tertentu atau indikator yang menunjukkan jenis masalah yang terdeteksi.

Dengan fitur diagnosis, AC LG Inverter dapat mengidentifikasi berbagai masalah seperti kebocoran refrigeran, kesalahan sensor, masalah koneksi listrik, atau masalah lainnya. Ketika masalah terdeteksi, unit AC akan menampilkan kode error atau indikator yang dapat membantu pengguna atau teknisi dalam memahami sumber masalah.

Self-diagnosis pada AC LG Inverter memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi masalah dan memberikan informasi yang berguna saat memanggil teknisi atau melakukan perbaikan sendiri seperti ketika ac lg inverter muncul kode Ch.

Namun, penting untuk diingat bahwa interpretasi dan perbaikan yang tepat harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan terlatih dalam perbaikan AC.

Pastikan untuk merujuk pada panduan pengguna AC LG Inverter atau menghubungi layanan pelanggan resmi LG untuk informasi yang lebih rinci tentang self-diagnosis pada model dan jenis unit AC yang Anda miliki.

Daftar Kode Error CH AC LG Inverter Serta Artinya

Error CH pada AC LG Inverter adalah kode diagnosis yang menunjukkan adanya masalah pada unit. Setiap kode error CH pada AC LG Inverter memiliki arti dan penyebab yang berbeda. Kode error pada AC LG Inverter terdiri dari dua digit. Berikut adalah beberapa contoh kode error yang mungkin muncul pada unit indoor dan outdoor AC LG Inverter:

Error Indoor Unit

CH 01

CH01 pada AC LG Inverter menunjukkan kesalahan pada suhu ruangan pada unit indoor. Kesalahan ini mungkin terjadi karena masalah pada sensor suhu atau masalah pada koneksi antara sensor suhu dan printed circuit board (PCB).

  • CH 01: error pada indoor unit room temperature (Thermistor)

Untuk mengatasi masalah AC LG error kode CH 01 ini, Anda dapat mencoba melakukan beberapa langkah berikut:

1. Restart AC: Coba matikan dan hidupkan kembali AC Anda. Kadang-kadang kesalahan CH01 dapat diatasi dengan mudah dengan memulai ulang unit, Langkah ini mengembalikan preogram awal.

2. Periksa sensor suhu (Thermistor) : Pastikan sensor suhu terpasang dengan baik dan tidak terlalu kotor atau rusak. Jika (Thermistor) terlihat kotor, Anda dapat membersihkannya dengan lembut menggunakan kain atau sikat halus.

3. Periksa koneksi kabel: Pastikan bahwa koneksi antara sensor suhu (Thermistor) dan PCB terpasang dengan baik dan tidak ada yang rusak atau terputus. Jika ada kabel yang terputus atau rusak, Anda dapat mencoba untuk memperbaikinya atau memanggil teknisi AC terlatih untuk membantu.

CH 02

Sensor suhu rusak: Kode CH02 dapat muncul jika sensor suhu pada unit indoor mengalami kerusakan atau kegagalan. Sensor suhu yang rusak mungkin tidak dapat memberikan bacaan suhu yang akurat, menyebabkan kesalahan pada sistem.

  • CH 02: kerusakan pada indoor unit inlet pipe sensor (Thermistor)

Untuk mengatasi masalah CH02 pada AC LG Inverter, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Matikan AC: Matikan unit AC dan cabut dari sumber listrik. Biarkan selama beberapa menit sebelum melanjutkan.

2. Periksa sensor suhu: Temukan sensor suhu pada unit indoor AC. Periksa apakah ada kerusakan fisik atau koneksi yang longgar. Jika ada kabel yang putus atau terlepas, Anda mungkin perlu memperbaiki atau mengganti sensor tersebut.

3. Bersihkan sensor: Jika sensor Thermistor terlihat kotor atau tertutup debu, bersihkan dengan lembut menggunakan kain lembut atau sikat. Pastikan tidak merusak sensor saat membersihkannya.

4. Nyalakan kembali AC: Setelah membersihkan atau memeriksa sensor, colokkan kembali unit AC dan nyalakan. Perhatikan apakah kode kesalahan CH02 masih muncul. Jika kode kesalahan menghilang, kemungkinan masalahnya adalah sementara dan telah teratasi.

Jika kode kesalahan terus muncul atau jika Anda ragu untuk melakukan langkah-langkah pemecahan masalah, disarankan untuk menghubungi teknisi HVAC yang terlatih atau dukungan pelanggan LG untuk bantuan lebih lanjut. Mereka akan memiliki keahlian untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah spesifik dengan unit AC LG Inverter.

CH 03

Penyebab dan mengatasi AC LG error kode CH 03, Pahami penyebab arti kode error ini ana akan paham dengan cara – cara yang kami tuliskan mengenai kesalahan kode error CH 03 ini.

  • CH 03: error pada wired remote control

Ketika AC LG menampilkan pesan error CH 03 itu menunjukkan bahwa ada masalah dengan remote kontrol. Beberapa kemungkinan penyebab pesan error CH 03 ini termasuk:

1. Kabel terlepas atau rusak: Pastikan kabel remote kontrol yang terhubung ke unit AC tidak terlepas atau rusak. Periksa apakah kabel terhubung dengan kuat di kedua ujungnya dan tidak ada kerusakan fisik yang terlihat pada kabel.

2. Koneksi yang lemah: Jika kabel terhubung dengan baik, tetapi masih munculCH 03, ada kemungkinan ada masalah dengan koneksi yang lemah antara remote kontrol dan unit AC. Pastikan konektor remote kontrol dan unit AC terhubung dengan kuat dan tidak ada kotoran atau korosi yang menghalangi kontak yang baik.

3. Remote kontrol rusak: Pesan error dapat muncul jika remote kontrol itu sendiri mengalami kerusakan atau kegagalan. Coba ganti baterai remote kontrol dan pastikan tombol-tombol berfungsi dengan baik. Jika remote kontrol tetap tidak berfungsi, mungkin perlu diganti atau diperbaiki. Jika Anda menghadapi masalah dengan pesan error CH 03 pada AC LG,

Langkah-langkah mengatasi AC LG error CH 03 berikut dapat membantu:

1. Periksa kabel dan konektor: Pastikan kabel remote kontrol terhubung dengan baik ke unit AC, dan tidak ada kerusakan pada kabel atau konektor.

2. Bersihkan konektor: Jika ada kotoran atau korosi pada konektor, bersihkan dengan hati-hati menggunakan lap yang lembab atau pembersih kontak elektronik.

3. Ganti baterai: Jika baterai remote kontrol lemah atau habis, ganti dengan baterai baru dan pastikan tombol-tombol berfungsi dengan baik.

4. Restart sistem: Matikan unit AC dan cabut dari sumber listrik selama beberapa menit. Kemudian hubungkan kembali dan nyalakan kembali. Mungkin proses restart dapat mengatasi masalah sementara.

CH 04

Terima kasih atas pertanyaannya. Kode kesalahan CH04 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya masalah dengan pompa pembuangan atau sirkuit saklar apung yang terbuka.

CH04 : Pompa pembuangan atau sirkuit saklar apung terbuka

Pompa pembuangan pada AC bertanggung jawab untuk mengeluarkan air kondensasi yang dihasilkan oleh unit AC. Sirkuit saklar apung digunakan sebagai pengaman untuk mengontrol pompa pembuangan agar tidak melebihi kapasitasnya. Jika terjadi kesalahan dengan pompa pembuangan atau sirkuit saklar apung, AC LG Inverter akan menampilkan kode kesalahan CH04.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Periksa saluran pembuangan: Periksa saluran pembuangan air kondensasi dan pastikan tidak ada penyumbatan atau hambatan yang menghalangi aliran air. Bersihkan saluran pembuangan jika diperlukan.

2. Periksa pompa pembuangan: Periksa pompa pembuangan dan pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Jika pompa pembuangan rusak, itu mungkin perlu diganti oleh teknisi AC yang terlatih.

3. Periksa sirkuit saklar apung: Periksa sirkuit saklar apung dan pastikan tidak ada masalah dengan koneksinya. Jika saklar apung terbuka, itu mungkin perlu diganti.

CH 05

Jika AC LG Inverter menampilkan kode kesalahan CH 05 , itu menunjukkan adanya masalah dalam komunikasi antara unit dalam (indoor) dan unit luar (outdoor) AC. Beberapa kemungkinan penyebab kode kesalahan CH04 ini adalah:

  • CH 05: kesalahan komunikasi antara indoor dan outdoor unit

1. Kabel komunikasi rusak: Kabel yang menghubungkan unit dalam dan unit luar mungkin rusak, terlepas, atau terhubung dengan tidak benar. Periksa apakah kabel tersebut dalam kondisi baik dan terhubung dengan kuat di kedua ujungnya.

2. Koneksi yang lemah: Terkadang, masalah komunikasi dapat terjadi jika koneksi antara unit dalam dan unit luar tidak cukup kuat. Pastikan konektor komunikasi pada kedua unit terhubung dengan baik dan tidak ada kotoran atau korosi yang mengganggu kontak yang baik.

3. Gangguan sinyal sensor: Sinyal komunikasi antara unit dalam dan unit luar dapat terganggu oleh interferensi elektromagnetik dari perangkat elektronik lain atau gangguan lingkungan. Pastikan tidak ada perangkat elektronik yang menyebabkan interferensi dekat dengan unit AC.

Untuk mengatasi kode kesalahan CH 05 pada AC LG Inverter, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Periksa kabel dan konektor: Pastikan kabel komunikasi antara unit dalam dan unit luar terhubung dengan baik dan tidak ada kerusakan pada kabel atau konektor. Pastikan juga tidak ada kotoran atau korosi pada konektor yang dapat mengganggu kontak yang baik.

2. Restart unit AC: Matikan unit AC dari sumber listrik selama beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Prosedur restart ini dapat membantu memulihkan koneksi komunikasi yang terputus.

3. Periksa gangguan sensor: Pastikan tidak ada perangkat elektronik lain yang dapat menyebabkan interferensi dekat dengan unit AC. Jika mungkin, jauhkan perangkat elektronik lain dari unit AC.

Jika masalah masih berlanjut setelah mencoba langkah-langkah di atas, disarankan untuk menghubungi teknisi AC yang terlatih atau layanan pelanggan LG untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam mendiagnosis dan memperbaiki masalah komunikasi antara unit dalam dan unit luar AC.

CH 06

Kode kesalahan CH06 pada AC LG Inverter dapat juga disebabkan oleh kerusakan pada sensor pipa keluar indoor unit, seperti yang Anda sebutkan. Sensor pipa keluar indoor unit pada AC LG Inverter berfungsi untuk memantau suhu pipa keluar AC.

  • CH 06 : Kerusakan pada sensor pipa keluar indoor unit.

Jika sensor tersebut mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka AC LG Inverter dapat menampilkan kode kesalahan CH06. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Matikan AC: Matikan unit AC dan lepaskan kabel daya dari sumber listrik. Biarkan unit AC dalam keadaan mati selama beberapa saat agar suhu pipa keluar dapat stabil.

2. Periksa sensor pipa keluar: Periksa sensor pipa keluar pada unit indoor. Pastikan tidak ada kerusakan pada sensor tersebut dan kabelnya terhubung dengan kuat ke PCB.

3. Nyalakan kembali AC: Setelah melakukan perawatan yang diperlukan, sambungkan kembali unit AC ke sumber listrik dan nyalakan. Perhatikan apakah kode kesalahan CH06 masih muncul.

CH 09

Kode kesalahan CH09 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya error pada unit EPROOM. Unit EPROOM pada AC LG Inverter adalah komponen yang menyimpan pengaturan dan informasi penting tentang unit AC. Jika terjadi error pada unit EPROOM, hal tersebut dapat menyebabkan kode kesalahan CH09 muncul.

  • CH 09: error pada indoor unit eproom (IC)

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Matikan AC: Matikan unit AC dan cabut kabel daya dari sumber listrik. Biarkan unit AC dalam keadaan mati selama beberapa saat.

2. Reset unit: Setelah beberapa saat, sambungkan kembali kabel daya ke unit AC dan nyalakan kembali. Beberapa model AC LG Inverter memiliki tombol reset di unit indoor atau remote control. Jika ada, tekan tombol reset tersebut untuk melakukan reset pada unit AC dan menghapus error CH 09 pada unit EPROOM.

3. Hubungi teknisi AC: Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih berlanjut dan kode kesalahan CH09 masih muncul, disarankan untuk menghubungi teknisi AC yang terlatih atau layanan pelanggan LG.

Mereka akan dapat memberikan bantuan lebih lanjut dalam mendiagnosis CH 09 dan memperbaiki masalah pada unit EPROOM. Penting untuk diingat bahwa dalam kasus seperti ini, lebih baik mendapatkan bantuan dari teknisi AC yang berpengalaman dan terlatih untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada unit AC.

CH 10

Kode kesalahan CH10 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya kesalahan pada motor fan indoor. Motor fan indoor pada AC bertanggung jawab untuk menggerakkan kipas dalam unit indoor, yang membantu dalam sirkulasi udara dalam ruangan. Jika terjadi kesalahan pada motor fan indoor, AC LG Inverter akan menampilkan kode kesalahan CH10.

  • CH 10 : indoor unit BLDC motor fan lock

Untuk mengatasi masalah Kode kesalahan CH10 pada AC LG Inverter ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Periksa koneksi listrik: Pastikan motor fan indoor terhubung dengan baik ke sumber listrik. Periksa kabel daya dan pastikan tidak ada koneksi yang longgar atau terputus.

2. Periksa kotoran atau hambatan: Periksa apakah ada kotoran atau hambatan yang menghalangi kipas motor indoor. Bersihkan kipas dan pastikan tidak ada benda asing yang menghambat putaran kipas.

CH 12

Kode kesalahan CH12 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya masalah dengan pipa sensor indoor. Pipa sensor indoor pada AC bertanggung jawab untuk mendeteksi suhu ruangan dan mengatur suhu yang diinginkan.

CH 12: kesalahan di indoor unit middle pipe sensor

Jika terjadi kesalahan pada pipa sensor indoor, AC LG Inverter akan menampilkan kode kesalahan CH12 pada AC LG Inverter. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Periksa koneksi pipa sensor: Periksa koneksi pipa sensor indoor dan pastikan tidak ada kabel yang terlepas atau rusak. Pastikan kabel terhubung dengan baik ke unit AC.

2. Bersihkan pipa sensor: Bersihkan pipa sensor indoor dari kotoran atau debu yang mungkin menempel. Gunakan sikat lembut atau bahan pembersih yang direkomendasikan oleh produsen untuk membersihkan pipa sensor dengan hati-hati.

3. Periksa posisi pipa sensor: Periksa posisi pipa sensor indoor dan pastikan tidak terlipat, tertekuk, atau terjepit. Pastikan pipa sensor berada di tempat yang tepat untuk mendapatkan pembacaan suhu yang akurat.

4. Reset unit AC: Matikan unit AC dan lepaskan daya selama beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali. Hal ini dapat membantu mengatur ulang sistem dan memperbaiki masalah sementara.

5. Hubungi teknisi AC: Jika langkah-langkah di atas tidak mengatasi masalah dan kode kesalahan CH12 masih muncul pada AC LG Inverter, disarankan untuk menghubungi teknisi AC yang terlatih atau layanan pelanggan LG. Mereka akan dapat membantu dalam mendiagnosis masalah pada pipa sensor indoor dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Error Outdoor Unit

CH21

Kode kesalahan CH21 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya masalah dengan DC peak atau IPM (Intelligent Power Module) pada rangkaian AC. DC peak yang melebihi 14 Amps menunjukkan bahwa bagian DC pada rangkaian AC melebihi batas yang ditentukan.

  • CH 21 : DC peak (IPM Fault)

Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti kerusakan pada komponen elektronik atau masalah dengan daya listrik yang masuk. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada PCB inverter atau kompresor yang mengalami korsleting atau ground.

Putuskan sambungan listrik ke komponen kompresor dan periksa resistansi kompresor, Chek berpa Nilai U ke V, V ke W dan W ke U masing-masing memiliki nilai diantara 0,25 dan 5 Ohm. selanjutnya adalah mengukur tahanan belitan kompresor, Menggunakan Megger (Meter Tegangan Tinggi) mengukur resistansi dari salah satu dari 3 terminal kompresor ke titik Bumi (pekerjaan pipa),

Nilainya harus melebihi 2 M Ohm. Jika kompresor gagal dalam pengujian ini, maka kompresor perlu diganti. Kalau kompresornya masih berfungsi silahkan ganti PCB.

Jika kode kesalahan CH21 terus muncul pada AC LG Inverter Anda meskipun sudah melakukan beberapa langkah perbaikan, ada beberapa langkah tambahan yang dapat Anda coba:

1. Matikan dan hidupkan kembali AC: Coba matikan AC dari sumber listrik utama atau melalui pemutus daya selama beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Kadang-kadang, ini dapat mengatasi masalah sementara yang menyebabkan kode kesalahan CH21.

2. Periksa koneksi kabel: Pastikan semua koneksi kabel pada AC, termasuk koneksi ke PCB inverter dan kompresor, terpasang dengan baik dan tidak longgar. Periksa juga apakah ada kerusakan pada kabel atau koneksi yang terputus.

3. Reset pengaturan AC: Beberapa model AC LG Inverter memiliki opsi reset pengaturan pabrik. Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan AC ke pengaturan pabrik dengan mengikuti petunjuk dalam manual pengguna.

CH 22

CH 22 : CT 2 (max CT)

CH 23

CH 23

CH 23 : DC link low volt

CH 26

CH 26 : DC comp position error

CH 27

CH 27 : PSC fault

CH 29

kesalahan sebelumnya. Kode kesalahan CH29 pada AC LG Inverter mengindikasikan adanya masalah dengan aliran arus berlebihan pada fase kompresor. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini:

  • CH 29 : comp phase over current

1. Matikan dan hidupkan kembali AC: Pertama-tama, matikan AC dari sumber listrik utama dan biarkan selama beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali. Kadang-kadang, ini dapat mengatasi masalah sementara dan mereset sistem.

2. Periksa koneksi kabel: Pastikan semua koneksi kabel pada unit AC LG, terutama yang terhubung ke kompresor, terpasang dengan baik dan tidak ada yang longgar atau terputus. Periksa juga apakah ada kerusakan pada kabel atau konektor yang dapat menyebabkan arus berlebihan.

3. Periksa beban listrik: Pastikan tidak ada beban listrik yang terlalu tinggi pada sirkuit yang terhubung ke AC. Beban berlebihan dapat menyebabkan arus berlebihan dan menyebabkan kode kesalahan CH29. Pastikan AC tidak terhubung dengan peralatan listrik lainnya yang menggunakan daya yang tinggi.

CH 32

Kode kesalahan CH32 pada AC LG Inverter mengindikasikan adanya masalah dengan suhu yang berlebihan pada pipa D kompresor inverter. Beberapa penyebab umum dari kesalahan ini antara lain:

  • CH 32 : Inverter compresor D-pipe overheat

1. Sirkulasi udara outdoor unit yang buruk: Udara yang tidak cukup mengalir melalui unit outdoor AC dapat menyebabkan suhu yang meningkat pada pipa D kompresor inverter. Pastikan bahwa unit AC terpasang dengan benar dan tidak terhalang oleh benda-benda lain yang dapat mengurangi sirkulasi udara.

2. Filter AC yang kotor: Filter AC yang kotor dapat membatasi aliran udara dan menyebabkan suhu yang meningkat pada pipa D kompresor inverter. Pastikan untuk membersihkan filter AC secara teratur dan mengganti filter yang sudah kotor.

3. Kondisi lingkungan yang ekstrim: Suhu lingkungan yang sangat tinggi atau rendah dapat menyebabkan suhu yang meningkat pada pipa D kompresor inverter. Pastikan AC terpasang di tempat yang baik dan lingkungan dalam kondisi yang stabil.

4. Masalah pada komponen AC: Komponen AC yang rusak atau aus, seperti sensor suhu atau katup ekspansi, dapat menyebabkan suhu yang meningkat pada pipa D kompresor inverter. Panggil teknisi AC yang berpengalaman untuk melakukan diagnosis dan perbaikan yang diperlukan. Jika Anda mengalami kesalahan CH32 pada AC LG Inverter, sebaiknya matikan unit AC dari sumber listrik utama dan biarkan selama beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali.

CH 34

penyebab dan arti kesalahan CH34 pada AC LG Inverter. Kode kesalahan CH34 pada AC LG Inverter menunjukkan adanya masalah dengan sensor tekanan tinggi yang mendeteksi tekanan yang tinggi pada sistem AC.

  • CH 34 : high pressure sensor high

Beberapa penyebab umum dari kesalahan ini antara lain:

1. Kondensor yang kotor: Kondensor yang kotor atau terhalang oleh kotoran, debu, atau hambatan lainnya dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem AC. Pastikan untuk membersihkan kondensor secara teratur untuk menjaga aliran udara yang lancar.

2. Kipas yang tidak berfungsi: Jika kipas pada unit kondensor tidak berfungsi dengan baik, aliran udara yang diperlukan untuk menghilangkan panas dari sistem AC dapat terganggu. Periksa kipas dan pastikan bahwa kipas berputar dengan baik dan tidak ada kerusakan pada motor kipas.

3. Kondisi lingkungan yang ekstrim: Suhu lingkungan yang sangat tinggi atau rendah dapat menyebabkan tekanan yang tinggi pada sistem AC. Pastikan AC terpasang di tempat yang baik dan lingkungan dalam kondisi yang stabil.

4. Masalah pada katup ekspansi: Jika katup ekspansi pada sistem AC mengalami kerusakan atau terblokir, tekanan yang tinggi dapat terjadi. Panggil teknisi AC yang berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan. Jika Anda mengalami kesalahan CH34 pada AC LG Inverter, sebaiknya matikan unit AC dari sumber listrik utama dan biarkan selama beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali.

CH 35

Penyebab dan arti kesalahan CH35 pada AC LG. Kode kesalahan CH35 pada AC LG menunjukkan adanya masalah dengan sensor tekanan rendah yang mendeteksi tekanan yang rendah pada sistem AC.

  • CH 35 : low pressure sensor low

Beberapa penyebab umum dari kesalahan ini antara lain:

1. Kekurangan refrigeran: Jika sistem AC kekurangan refrigeran, tekanan rendah dapat terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran refrigeran atau kegagalan dalam pengisian refrigeran yang tepat. Dalam hal ini, perlu panggilan teknisi AC untuk melakukan pengecekan dan penanganan kebocoran serta mengisi ulang refrigeran.

2. Katup ekspansi yang rusak: Jika katup ekspansi pada sistem AC mengalami kerusakan atau terblokir, tekanan yang rendah dapat terjadi. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam sirkulasi refrigeran dan penurunan tekanan. Perbaikan atau penggantian katup ekspansi mungkin diperlukan.

3. Filter kering yang kotor: Filter kering pada sistem AC berfungsi untuk memfilter kotoran dan kelembapan dari refrigeran. Jika filter kering terlalu kotor, aliran refrigeran dapat terhambat dan menyebabkan tekanan rendah. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter kering secara teratur.

4. Masalah pada komponen lainnya: Kesalahan pada sensor tekanan rendah itu sendiri atau pada komponen lainnya seperti katup solenoid atau sensor suhu juga dapat menyebabkan kesalahan CH35. Dalam hal ini, perlu dilakukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi AC yang berpengalaman.

CH 36

CH 36 : refrigrant leakage detection

CH 38

Jika Anda mengalami kebocoran freon pada AC yang menyebabkan ac muncul kede error CH 38 Pada ac LG Invert , sebaiknya segera mengambil langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

  • CH 38 : refrigrant leakage detection (Freon Habis)

1. Matikan AC : Pertama-tama, matikan unit AC dari sumber listrik utama. Ini penting untuk mencegah kebocoran freon yang lebih lanjut dan memastikan keamanan Anda.

2. Identifikasi kebocoran: Coba identifikasi sumber kebocoran freon. Anda dapat melihat tanda-tanda kebocoran seperti bercak basah, jejak zat pendingin, atau suara mendesing di sekitar unit AC. Perhatikan area pipa, sambungan, dan komponen lainnya yang terhubung ke sistem pendinginan.

3. Jangan mencoba memperbaiki sendiri: Perbaikan kebocoran freon harus dilakukan oleh teknisi AC yang berpengalaman dan berlisensi. Zat pendingin freon adalah bahan yang berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan benar. Menggunakan teknisi yang terlatih akan memastikan perbaikan yang tepat dan aman.

4. Hubungi teknisi AC: Segera hubungi teknisi AC yang terlatih untuk memperbaiki kebocoran freon. Mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem AC Anda, mengidentifikasi sumber kebocoran, dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Mereka juga akan memastikan bahwa zat pendingin freon diisi kembali dengan benar setelah perbaikan.

Penting untuk diingat bahwa mengisi ulang freon AC adalah tugas yang harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Jangan mencoba mengisi ulang freon sendiri, karena ini melibatkan penanganan bahan kimia yang berbahaya dan memerlukan alat khusus.

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Freon Dan cara mengatasi

Dalam jangka panjang, menjaga AC Anda tetap dalam kondisi yang baik dengan perawatan rutin, seperti membersihkan filter udara secara teratur dan menjaga suhu ruangan yang sejuk, dapat membantu mencegah kebocoran freon dan masalah lainnya.

CH 37

CH 37 : exceed the compression ratio limit

CH 40

CH 40 : CT sensor error

CH 41

CH 41 : D-pipe sensor error

CH 42

CH 42 : low pressure sensor error

CH 43

CH 43 : high pressure sensor error

CH 44

CH 44 : outdoor air sensor error

CH 45

CH 45 : cond middle pipe sensor error

CH 46

CH 46 : S-pipe sensor error

CH 51

CH 51 : excess capacity ( mismatching between indoor and outdoor unit)

CH 53

CH 53 : Communication error (IN-OUT)

CH 61

CH 61 : cond pipe high

CH 62

CH 62 : heatsink sensor temp high

CH 67

CH 67 : BLDC fan motor lock

CH 72

CH 72 : detect 4 way valve transfer failure

CH 93

CH 93 : communication error (in-out)