9 Komponen Unit Kulkas Yang Harus kita Kenali

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Komponen Unit Kulkas apa saja , pertama-tama kita akan memahami terlebih dahulu apa itu kulkas?

Kulkas adalah salah satu peralatan elektronik yang sangat populer dan banyak digunakan setiap hari. Kulkas berfungsi untuk menyimpan bahan makanan minuman agar tetap segar.

Apa itu kulkas / Lemari ES?

Lemari es adalah peralatan rumah tangga yang terdiri dari kompartemen yang diisolasi secara termal dan pompa panas (baik mekanis atau kimiawi) yang memindahkan panas dari bagian dalam lemari es ke lingkungan luarnya sehingga bagian dalam lemari es didinginkan hingga suhu di bawah suhu lingkungan ruangan.

Ada berbagai jenis lemari es, seperti lemari es dada, lemari es di bawah meja, dan lemari es komersial. Komponen utama lemari es adalah kompresor. Kompresor Komponen Unit Kulkas adalah pompa yang memampatkan zat pendingin dan mengalirkannya melalui lemari es.

Baca Juga : Mengenal Komponen Utama AC Rumah Dan Fungsinya

Kompresor Komponen Unit Kulkas digerakkan oleh motor listrik. Kompresor adalah bagian terpenting dari lemari es, karena bertanggung jawab untuk mendinginkan makanan di dalam lemari es.

Komponen lain dari lemari es termasuk kondensor, evaporator, katup ekspansi, dan koil pendingin.

Komponen ini bekerja sama untuk mendinginkan udara di dalam lemari es. Kompresor adalah komponen terpenting dari lemari es, karena bertanggung jawab untuk mendinginkan makanan di dalam lemari es. Komponen lain dari lemari es termasuk kondensor, evaporator, katup ekspansi, dan koil pendingin.

Kenali 9 Komponen Terpenting Pada Unit Kulkas

Kompresor

Kompresor yaitu komponen unit kulkas yang paling utama bagaikan jantungnya unit kulkas. yaitu memompa gas freon keseluruh bagian jalur sistem kulkas. Fungsi utamanya yaitu memproses refrigerant dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi sehingga menjadi embun kabut dan membeku dingin di dalam kulkas.

Evaporator

Komponen evaporator unit kulkas didalam kulkas ini berfungsi menyerap temperatr panas dari benda atau makanan / minuman yang ada dalam kulkas. Jadi ketika Makanan dan minuman akan menjadi dingin ketika didalam kulkas.

Evaporator adalah komponen lemari es yang memungkinkan lemari es untuk mendapatkan refrigerannya. Memiliki unit evaporator compressor yang berfungsi untuk mengubah cairan refrigeran dari cairan menjadi gas untuk mendinginkan udara di dalam lemari es.

Evaporator adalah bagian dari sistem pendingin yang mensirkulasikan uap atau mendinginkan dengankan mengumpulkan panas merubah menjadi dingin.

Kondensor

Kondensor adalah salah satu komponen utama lemari es. Kondensor berperan sebagai komponen transfer energy yang menghilangkan panas dari ruangan dalam ke ruangan luar tempat lemari es berada. Kondensor buatan manusia adalah tabung logam berlubang dengan isi fluida pendingin yang melewati tabung tersebut.

Kondensor menempatkan logam yang mampu tembus panas. Ketika fluida dalam kondensor melewati tabung, panas yang diserap dalam misi pendingin di lemari es dilepaskan melalui permukaan kondensor.

Kondensor pada unit kulkas ini terletak didalam body kulkas di sebelah kanan kiri, Berfungsi mengubah gas freon dari suhu dan tekanan tinggi menjadi cair. Pada unit kulkas terbaru, kondensor ini terletak didalam bodi, samping kanan dan kiri.

Pipa kapiler

Pipa kapiler ini terbuat dari saluran pipa yang terbuat dari tembaga memiliki diameter yang sangat kecil. Berfungsi menjaga perbedaan tekanan kondensasi dan tekanan evaporasi tetap konstan. dan mengatur gas freon dari cair masuk ke evaporator.

Heater

Heater adalah komponen unit kulkas ini terletak dekat dengan komponen evaporator. Fungsi heater pada kulkas ini bukanlah untuk memanaskan makanan yang disimpan di dalam kulkas, namun sebagai pemanas bunga es pada evaporator .

Filter

Filter kulkas berfungsi menyaring kotoran dan menetralisir oli menjadi gas ketika sirkulasi sedang berlangsung.

Overload

Fungsi Komponen Overload kulkas ini memutus aliran arus listrik secara otomatis ketika terjadi peningkatan suhu panas yang tinggi pada kompresor, Overload ini terletak menempel pada body kompresor.

Thermostat

Fungsi Thermostat pada kulkas mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan sesuai temperatur yang kita seting pada thermostatnya (Low Normal High).

Lampu

Lampu kulkas merupakan komponen unit kulkas penting pada unit kulkas. berfungsi memberikan cahaya pada bagian dalam ruang kulkas ketika pintu kulkas terbuka , Jadi kita tidak perlu menggunakan senter ketika makanan didalam kulkas.

Okeee inilah 9 komponen utama pada unit kulkas, semoga dapat menambah pengetahuan … Mungkin Ada yang perlu ditanyakan, silahkan komentar di bawah ini,
Trimakasih,