5 Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan dan solusinya

Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan dan solusinya, Ketika Listrik Turun Saat AC dinyalakan atau mati ini disebabkan adanya kerusakan pada komponen ac, Berikut beberapa penyebabnya dan cara mengatasi.

Biasanya permasalahan ini terjadi konsleting atau pemakaian ac melampau suplay listrik rumah yang tersedia, apabila hanya terlalu banyak pemakaian elektronik terlalu banyak, semua orang pun bisa mengurangi elektronik yang digunakan,

Namun apabila ketika Listrik Mati / Turun Saat AC dinyalakan adanya konslting pada komponen ac nya, kamu harus ketahui terlebih dahulu artikel ini akan membahas kerusakan ac yang menyebabkan Listrik Turun atau jeglek pada MCB Saat AC dinyalakan,

Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan

Oke langsung saja kami bahas penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan yang pertama :

1 Terjadi konslet pada jalur kelistrikan

Konslet pada bagian kelistrikan ini sering terjadi pada kabel yang terbungkus dengan pipa instalasi, Didalam jalur pipa instalasi terdapat kabel penghubung unit indoor dan outdoor biasanya sudah lama digunakan terjadi rapuh dan mengelupas yang menyebabkan Listrik Turun Saat AC dinyalakan .

Konseleting menyebabkan AC turun listrik ketika dinyalakan juga bisa disebabkan kabel kelistrikan pada unit outdoor terbakar melupas terjadi menempel antara kabel L dan N atau menggabung sehingga ketika ac dinyalakan terjadi Listrik Turun / Mati Saat AC dinyalakan.

Hal ini juga bisa disebabkan pada bagian PCB atau mainborad modul yang terletak dibagian unit indoor, niasanya disebabkan oleh lembab / kotoran basah, dan terdapat serangga mati terjebak seperti cicak kecoa.

2 Kerusakan pada kompresor

Ketika kompresor mengalami kerusakan karena terbakannya lilitan tembaga didalam kompresor hal ini juga dapat menyebabkan permasalahan ketika menyalakan AC turun listrik atau jeglek pada MCB listrik.

Listrik Turun Saat AC dinyalakan

3 Naik amper

Kerusakan pada kompresor yang menyebabkan Listrik turun Saat AC dinyalakan ini biasanya terjadi karena amper naik, Ketika kompresor mengalami naik amper sehingga suplay listrik melebihi kapasaitar listrik yang tersedia.

Misalnya rumah menggunakan listrik 4A (Amper) atau 900 watt, Menggnakan ac 1/2 (setengah) Pk 500 wat / 2.5 A, Ketika kompresor ac mengalami naik amper maka penggunaan suplay listrik akan melebihi kapasitasnya diatas 500 wat / 2.5A,

Biasanya saat menyalakan ac ketika kompresor bekerja beberapa menit kemudian kebutuhan listrik akan meninggkat, jika kenaikan amper hingga 3,5 atau mendekati 4.0 A maka secara otomatis listrik akan turun dan mati yang tidak mampu memberikan suplay listrik yang tersedia 900watt / 4A

4 Pemasangan ac melebihi kapasitas listrik

Dalam penggunaan ac juga diperlukan menghitung kebutuhan daya listrik sebelu membeli atau pemasangan, Seperti pembahasan diatas mengenai naik amper, Apabila pengguaan ac memiliki kapasitas melebihi daya listrik yang tersedia maka akan terjadi Meteran Listrik jeglek / Turun Saat AC dinyalakan.

Perlu diketahui ukuran watt ac sesuai kapasitasnya, coba baca selengkapnya

5 Kesalahan pengisian gas freon

Pengisian freon juga dapat mempengaruhi rendah tingginya suplay listrik pada sistem pendingin ac yang menyebabkan menyalakan AC turun listrik, Biasanya ketika pengisian freon melampau batas ukuran dapat menyebabkan Listrik Turun Saat AC dinyalakan, Karena Semakin menambah gas freon semakin tinggi amper yang di butuhkan.

Oke … itulah 5 penyebab kerusakan dan kesalahan dalam penggunaan ac yang dapat menyebabkan menyalakan AC turun listrik, Namun demikian tetaplah terus melajutkan membaca artikel ini untuk mengetahui solusi atau mengatasi Listrik Turun Saat AC dinyalakan

Solusi mengatasi Listrik Turun Saat AC dinyalakan

Untuk mengatasi permasalahan diatas kita bisa melakukan bebrapa cara untuk masing – masing penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan dan 2 jenis yang berbeda ketika proses memulai listrik turun atau mati, yang pertama :

A. Ketika ac dinyalakan beberapa menit kemudian listrik turun

Permasalahan listrik turun atau jeglek kemudian beberapa menit listrik turun / mati, persoalan ini bisa di karenakan pada terjadi naik amper,

Ada beberapa tindakan yang harus kita lakukan pemeriksaan pada unit ac mengalami naik amper yang menyebabkan ac dinyalakan beberapa menit kemudian listrik turun yakni :

1. Periksa tekanan freon

Cek tekanan freon jika melebihi ukuran yang dibutuhkan silahkan kurangi tekanan freon hingga amper menurun sesuai kebutuhan ac tersebut.

Apabila saat pemeriksaan freon tekana tidak melebihi batas ukuran, selanjutnya periksa komponen didalam unit outdoor

2. Periksa kapasitor kompresor

beberapa komponen yang terletak didalam unit outdoor juga bisa menyebabkan naik amper yang menjadikan Listrik Turun Saat AC dinyalakan salah satunya komponen kapasitor.

Kita bisa melakukan pengecekan kapasitor kompresor menggunakan multitester untuk mengukur kapasitas kapasitor, Misalnya kapasitor yang sudah melemah yang berarti nilai ukuran kapasitor sudah menurun.

Apabila menmang benar nilai kapasitor sudah dibawah ukuran standar nya maka lakukan penggantian sesuai ukuran yang dibutuhkan mesin kompresor, untuk ukuran kapasitor dan cara mengukur : Baca selengkapnya

3. Cek amper

Untuk mengetahui permasalahan Ketika ac dinyalakan beberapa menit kemudian listrik turun, yang disebabkan adanya naik amper, kemudian lakukan pengecekan amper,

Ketika ac mengalami naik amper disebabkan beberapa masalah yang sudah kita bahas karena tekanan freon yang berlebihan dan kapasitor kompreor yang sudah lemah.

Namun demikian ada permasalahan yang menjadikan ac naik amper yaitu pada bagia sistem pendingin, biasanya tejadi penyumbatan kotoran atau oli di pipa kapiler, sehingga kompresor bekerja lebih keras dan membutuhkan suplay listrik yang tinggi.

Untuk mengatasi permasalahan pipa kapiler yang tersumbat lakukan flusing, vakum dan penggantian fron baru,

Oke masuk di tindakan metode ke dua.

B. Ketika ac dinyalakan MCB listrik lansung turun

Oke masuk ke metode ke dua, tindakan yang harus dilakukan Ketika ac dinyalakan MCB listrik lansung turun kita bisa langsung mencari penyebabnya yaitu permasalahan konslet sehingga ac nyala listrik berlangsung jeglek mati atau turun yang pertama

1. Periksa kabel instalsai

yang menghubungkan antara unit indoor dan outdoor terbungkus dengan pipa instalasi, Biasanya kabel instalasi yang sudah lama digunakan akan rapuh dan bungkus melupas sehinga kabel bagian L dan N terhubung dan terjadi Listrik Turun Saat AC dinyalakan.

2. Periksa / cek bagian PCB modul atau mainboard

Didalam unit indoor terdapat modul mainbord terdapat onderdil elektronik yang memfungsikan program dan fiturnya yang berarti terdapat aliran listrik, Biasanya kejadian konslt pada unit ac juga disebabkan adanya terbakarnya mainborad dikarenakan terdapat serangga seperti cicak kecoa yang terjebak didalamnya.

Untuk solusi kasus seperti ini, bersihkan bangkay serangga, dan keringkan bagian yang lembab, apabila terdapat komponen yang terbakar, segera ganti sesuai ukuran yang dibutuhkan.

3. Periksa kabel kelistrikan unit outdoor

Seperti pembahasan mengenai terjadi konslet pada mainborad atau modul di unit indoor, didalam unit outdoor juga terdapat rangkaian kelistrikan untuk memfungsikan komponennya, konslet pada bagian unit outdoor biasanya terdapat kabel yang putus sehingga bagia N dan L terhubung, penyebab rusaknya kabel ini biasanya dikarenakan adanya tikus, yang menjadikan ac konslet hingga turun listrik atau jeglek.

4. Priksa lilitan motor dinamo

Apabila tidak ada kerusakan diantara 3 bagian diatas, kemungkinan besar penyebab terjadi pad kerusakan lilitan dinamo kompresor, kipas indoor dan oudoor, untuk itu apa yang harus kita lakukan dan cara pengecekan kondisi lilitan ketiga dinamo tersebut menggunakan multi tester.

Oke … demikan dan sekian artikel dari kami pada pembahasan Listrik Turun Saat AC dinyalakan, Semoga bermanfaat dan berguna untuk pengguna ac, ataupun teknisi yang sedang mencari penyebab listrik turun ketika ac dinyalakan.

Terimakasih banyak dan sebanyak.
Salam dingin by Rahman – Erajasa HVAC