5 Penyebab AC Cepat Kotor Dan Cara Pencegahannya

Penyebab AC Cepat Kotor – Pada penggunaan AC harus melakukan cuci secara rutin, tips ini anda dapat memperpanjang jadwal cuci ac, segera cegah Penyebabnya.

Ada beberapa penyebab AC cepat kotor, antara lain:

1. Lingkungan / ruangan yang berdebu: Jika lingkungan di sekitar AC banyak debu, maka debu tersebut akan mudah menempel pada filter udara dan bagian dalam AC, sehingga membuat AC cepat kotor.

2. Kualitas udara yang buruk: Jika kualitas udara di dalam ruangan buruk, seperti terlalu lembab atau terdapat banyak asap rokok, maka AC akan cepat kotor karena kotoran yang terdapat di udara akan menempel pada filter udara dan bagian dalam AC.

3. Penggunaan AC yang intensif: Jika AC digunakan secara intensif, maka filter udara dan bagian dalam AC akan lebih cepat kotor karena lebih banyak debu dan kotoran yang terhisap ke dalam unit AC.

4. Kurangnya perawatan: Jika AC tidak dibersihkan secara rutin, maka kotoran dan debu akan menumpuk dan mempercepat pengotoran pada filter udara dan bagian dalam AC sehingga membuat AC cepat kotor.

5. Kondisi filter udara yang rusak atau kotor: Filter udara yang kotor atau rusak akan mengakibatkan kotoran dan debu tidak terfilter dengan baik, sehingga dapat menyebabkan cepatnya pengotoran pada bagian dalam AC. Untuk mengatasi masalah AC cepat kotor, sebaiknya membersihkan AC secara rutin dan mengganti filter udara secara teratur. Selain itu, menjaga kualitas udara di dalam ruangan dan lingkungan di sekitar AC juga dapat membantu mengurangi pengotoran pada AC.

Dampak AC jika tidak pernah di cuci

1. Berkurangnya efisiensi pendinginan: Kotoran dan debu yang menumpuk pada filter udara dan bagian dalam AC dapat menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi pendinginan AC. Akibatnya, AC akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, sehingga meningkatkan konsumsi energi dan biaya listrik.

2. Penurunan kualitas udara dalam ruangan: AC yang kotor dapat memperburuk kualitas udara dalam ruangan. Debu, kotoran, dan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur yang terperangkap dalam AC dapat terhirup oleh penghuni ruangan, menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, alergi, atau masalah kesehatan lainnya.

3. Kegagalan komponen AC: Akumulasi kotoran dan debu yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen AC, seperti evaporator, kipas, atau kompresor. Hal ini dapat mengakibatkan AC mengalami kegagalan atau kerusakan yang memerlukan biaya perbaikan yang lebih mahal.

4. Peningkatan risiko kebakaran: Jika AC sangat kotor dan terdapat kotoran yang mudah terbakar seperti serbuk kayu atau serbuk logam di dalamnya, ada risiko terjadinya kebakaran akibat panas yang dihasilkan oleh AC.

5. Pemendekan umur AC: AC yang tidak dirawat dan dibersihkan secara rutin cenderung mengalami penurunan umur pakai. Kotoran dan debu yang terus menumpuk dan merusak komponen AC dapat mempercepat kerusakan dan mempersingkat masa pakai AC.

Oleh karena itu jika AC cepat kotor, penting untuk membersihkan AC secara rutin guna menjaga kinerja, efisiensi, dan kualitas udara dalam ruangan yang sehat. Selain itu, perawatan rutin oleh teknisi AC juga dianjurkan untuk memastikan AC tetap berfungsi dengan baik dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

Pencegahan mengurangi penumpukan debu pada AC

Berikut adalah beberapa langkah-langkah pencegahan Penyebab AC Cepat Kotor yang dapat diambil untuk mengurangi penumpukan debu dan kotoran pada AC:

1. Bersihkan filter udara secara rutin: Filter udara adalah komponen yang paling mudah terkena penumpukan debu dan kotoran. Membersihkan atau mengganti filter udara secara rutin, sesuai dengan petunjuk pabrik, akan membantu menjaga aliran udara yang baik dan mencegah penumpukan debu.

2. Jaga kebersihan ruangan: Menjaga kebersihan ruangan secara umum dapat membantu mengurangi penumpukan debu dan kotoran pada AC. Bersihkan permukaan meja, lantai, dan furnitur secara rutin, serta vakum permadani atau karpet secara teratur.

3. Hindari merokok di dalam ruangan: Asap rokok mengandung partikel-partikel yang dapat menyebabkan penumpukan pada AC. Hindari merokok di dalam ruangan untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran yang disebabkan oleh asap rokok.

4. Jaga kebersihan lingkungan sekitar AC: Pastikan area di sekitar unit AC bersih dari dedaunan, rumput, atau benda-benda lain yang dapat masuk ke dalam AC dan menyebabkan penumpukan debu. Bersihkan secara rutin area sekitar unit AC untuk mencegah masuknya kotoran ke dalam AC.

5. Panggil teknisi AC secara rutin: Selain membersihkan filter udara secara rutin, penting juga untuk memanggil teknisi AC secara rutin untuk melakukan perawatan dan pembersihan yang lebih menyeluruh. Teknisi AC dapat membersihkan bagian-bagian dalam AC yang sulit dijangkau oleh pengguna biasa.

6. Gunakan penutup AC saat tidak digunakan: Jika AC tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, gunakan penutup AC untuk melindunginya dari kotoran dan debu yang dapat masuk ke dalam unit.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat mengurangi penumpukan debu dan kotoran pada AC, menjaga kinerjanya, dan memperpanjang masa pakainya.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Sendiri Di Rumah 100% Mudah

Cara membersihkan AC secara rutin dan efektif:

1. Matikan aliran listrik AC: Pastikan untuk mematikan aliran listrik AC sebelum membersihkan AC. Hal ini untuk menghindari risiko kecelakaan listrik.

2. Bersihkan filter udara: Keluarkan filter udara dari unit AC dan bersihkan dengan kuas lembut atau vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Jika filter terlalu kotor, bisa dicuci dengan air bersih dan sabun ringan, lalu keringkan sebelum dipasang kembali.

3. Bersihkan evaporator: Evaporator adalah bagian dalam AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Bersihkan evaporator dengan menggunakan pembersih evaporator dan kuas lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

4. Bersihkan bagian luar AC: Bersihkan bagian luar AC dengan menggunakan lap bersih dan lembap. Jangan menggunakan air untuk membersihkannya, kecuali jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan.

5. Periksa kondisi pipa AC: Periksa kondisi pipa AC secara teratur untuk memastikan tidak terdapat kebocoran atau kerusakan pada pipa.

6. Panggil teknisi AC: Selain membersihkan AC secara rutin, sebaiknya juga memanggil teknisi AC untuk melakukan perawatan rutin dan pengecekan kondisi AC secara berkala. Hal ini untuk memastikan AC tetap dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk membersihkan AC secara rutin dan teratur, sebaiknya dilakukan setidaknya sekali dalam beberapa bulan atau setahun sekali. Jika dibiarkan kotor dan tidak dirawat, AC dapat mengalami kerusakan dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Oke baiklah, Inilah tips dari kami Penyebab AC Cepat Kotor dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat, Trimakasih.