4 Penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mudah Mengatasi

Penyebab ac tidak dingin banyak faktor penyebabnya dan banyak indikasi yang perlu dietahui agar mudah melakukan cara mengatasi kerusakannya.

Pada umumnya pengguna Air conditioner AC ketika bermasalah sebenarnya banyak indikasi – indikasi yang menyebabkan ac tidak ingin, namu banyak orang yang tidak memahaminya.

Penyebab Ac Tidak Dingin + Cara Mengatasi

Indikasi – indikasi yang umumnya terjadi pada ac tidak dingin atau kurang dingin bisa kita lihat perbedaan kinerja ketika ac normal dan saat bermasalah, berikut indikasi ac tidak dingin atau kurang dingin dan sekaligus cara mengatasinya.

Kotor

Ac kotor yang tidak di cuci secara berkala menyebabkan Hembusan udara pada indor terasa sedikit, oleh sebab itu embun pada evaporator tidak terbuang atau bersirkulasi didalam ruangan, maka AC akan terasa tidak atau kurang dingin.

Apakah hembusan udara pada indoor ac anda sangat sedikit? tidak seperti biasanya?

Berikut penyebab ac tidak dingin dengan indikasi hembusan udara pada indoor sangat sedikit :

  1. Filter udara kotor
    Ketika filter udara didalam unit indoor kotor maka kipas tidak bisa menghisap / mengeluarkan udara (Sirkulasi) didalam ruangan, maka embun dingin pada evaporator tidak bisa terbuang di dalam ruangan yang menyebabkan ac menjadi kurang / tidak dingin.

    Cara mengatasi : Anda harus melepas filter udara dan mencuci hingga bersih, apabila hembusan udara pada indoor tetap sedikit / belum maximal, Silahkan panggil teknisi untuk mencuci keseluruhan pada unit indoor maupun outdoor (Service cuci berkala)
  2. Kipas indoor kotor
    Daun kipas didalam indoor juga bisa kotor debu – debu yang menumpuk pada kipas menjadi beban motor dinamo ketika berputar, maka motor tidak akan berputar dengan maximal, anda bisa cek baling – baling kipas didalam indoor, Bagaimana kondisiny?

    Cara mengatasi : Bila anda tidak memiliki peralatan khusus untuk mencuci AC, kami lebih menyarankan untuk meminta bantuan teknisi ac untuk mencuci secara keseluruhan.
  3. Kapasitor fan indoor lemah
    Kapasitor adalah komponen berfungsi menampung energy listrik yang akan menggerakan dinamo motor, apabila kapasitor sudah melemah maka putaran dinamo menjadi pelan sehingga hembusan udara pada indoor tidak sempurna.

    Cara mengatasi : Kapasitor memiliki nilai kapasitas berbeda – beda, Ketika kapasitor sudah lemah ukuran nilanya akan berkurang misalnya, 1.2uf berkurang menjadi 0,8Uf tentu hal ini mengurangi tenaga putaran dinamo,

    Artikel terkait : Pengertian Dan Fungsi Kapasitor AC – Ukuran – Dan Harga

    Agar dapat kinerja dinamo kembali normal seperti semula, silahkan lakukan penggantian kapasitor sesuai ukurannya

Unit outdoor tidak hidup

Unit outdoor salah satu mesin yang memproses pendinginan, ketika ac tidak dingin di inikasikan dengan mesin luar (outdoor) tidak menyala, ada bebeapa faktor yang harus kita ketahui dan mengatasi.

Artikel terkait : Penyebab Outdoor ac mati hidup sendiri

Apakah benar unit outdoor ac anda tidak menyala ? Berikut faktor – faktor mesin pendingin pada outdoor ac tidak berfungsi, dan cara mengatasi masing – masing indikasi berbagai kondisi.

  1. Thermistor rusak
    ketika ac tidak dingin terindikasi mesin luar tidak berfungsi pada umumnya dikarenakan komponen thermistor sudah rusak error (tidak peka mendeteksi suhu ruangan).

    Artikel terkait : Fungsi thermistor ac & ukuran

    Apabila ac anda (support fitur self diagnosis) ketika mengalami kerusakan pada thermistor akan muncul kode error f1/f2/e1/e2/f4 pada display unit indoor.

    Cara mengatasi : Matikan AC dengan remot, cabut stop kontak (Colokan listrik AC) tunggu 5 – 10 detik, kemudian pasang stop kontak kembali dan nyalakan menggunakan remot. Apakah cara ini dapat unit outdoor menjadi hidup kembali ?

    Jika tidak cek pada bagian komponen – komponen berikutnya yang menyebabkan unit outdoor tidak hidup ac menjadi tidak dingin.
  2. Kabel penghubung indoor ke outdoor putus
    Faktor penyebab outdoor tidak menyala dikarenakan kabel penghubung indoor ke outdoor putus ini jarang sekali,

    Biasnya jika pembalut pipa sudah rusak terkeluas dan kabel akan rapuh, dan juga bisa putus karena digigit tiku.

    Cara mengatasi : Anda bisa melakukan pengecekan pada bungkusan pipa dan kabel yang menghubung ke unit outdoor apakah ada yang rusak.
  3. Kapasitor / kompresor mati
    Kapasitor berfungsi menggerakan kompresor, jika kompresor tidak berfungsi , refrigerant freon tidak bisa berputar / bersirkulasi sampai ke unit indoor. faktor ini sangat menghentikan proses pendinginan sehinga kondisi ac terasa tidak dingin.

    Cara mengatasi : Anda harus melakukan pengeceka kapasitor dan mesin kompresor, ada beberapa faktor penyebab kompresor AC tidak berfungsi diantaranya, Overheat, naik amper, kompresor jebol dll yang menyebabkan ac tidak dingin atau berkurang.

    Baca juga : 7 Penyebab kerusakan kompresor ac

    Permasalahan ini tentu harus ditangani onleh ahlinya, bila mana anda bisa melakukan tindakan memperbaiki kerusakan kompresor, lebih baiknya menghubungi teknisi ac untuk memperbaiki.
  4. Salah setting remot
    Kejadian salah setting remot juga kerja terjadi bagi pengguna yang awam soal penggunaan remot ac, biasanya terjadi kesalahan mengatur mode pada remot ac,

    Cara setting remot yang benar :
    1. Pilih mode Cool.
    2. Atur temperatur 16 – 20*C

    Artikel terkait : Fungsi Tombol Remot AC Dan Panduan Penggunaan

Tanda indikasi ketika ouutdoor tidak hidup !

Ketika unit outdoor tidak hidup, biasa dilihat dari indikasi – indikasi lainnya, seperti, kedua pipa dekat outdoor kering, dan pada selang drain tidak mengeluarkan air

Tekanan Freon rendah

Jumlah Tekanan freon pada AC juga mempengaruhi peformanya, biasanya jika freon berkurang maka ac menjadi kurang dingin, dan jika tekanan freon pada ac sudah kosong maka hembusan udara ac tudak dingin

Jika c kekurangan bahan pendingin refrigerant / freon dapat kita lihat dari Indikasi pada pipa sambungan / kran ac bagian unit outdoor,

pipa tersebut akan mengeluarkan bunga ES / membeku ini artinya permasalahan pada bagian pendingi yang tidak sempurna,

biasanya jika ac yang menggunakan freon R32/410A pada display pada indoor AC keluar kode FO, Pipa AC bagian outdoor berbunga ES ini ada beberapa indikasi dan permasalahan, seperti berikut ini :

  1. Pipa kecil AC membeku
    Berikut faktor – faktor yang menyebabkan pipa kecil pada ac membeku :

    – Tekanan refrigerant / freon habis atau dibawah minumum, ini dapat menjadikan unit ac menjadi mati hidup, jika ac anda menggunakan freon R32/R410A yang dilengkapi fitur self diagnosis display pada indor akan muncul kode F0/U0/E0 dll.

    Cara mengatasi : Jika memang tekanan freon berkurang, akukan isi freon hingga penuh, isi freon sesuai type freon yang digunakan. misalnya, R22/R32/R410A

    -Sirkulasi refrigran didalam unit outdor tersubat biasanya pada bagian pipa kapiler, jika ac anda type inverter biasanya terjadi kerusakan pada Expansion Valve (EEV), pada display akan muncul kode diagnosi-F3

    Cara mengatasi : Ganti kapiler. jika ac anda type inverter, bersihkan nagian katup Expansion, atau bisa juga lakukan penggantian Expansion Valve (EEV) dengan pipa kapiler

  2. Pipa besar AC membeku
    • Uit indoor kotor berlebihan hal ini menyebabkan udara didalam indoor tidak bersirkulasi sehingga embun efaporator menumpuk dan berbunga es sampai ke pipa besar,

      Cara mengatasi : Cuci besar unit indoor / cuci overhaul
    • Jalur pipa instalasi terhambat (tertekuk / tersumbat) periksa jalur pipa instalasi,

      Cara mengatasi : Lakukan pengecekan atara amper dan tekanan freon, jika atara amper dan tekanan freon tidak seimbang, lakukan flusing seluruh system refreigerant.
Pipa Ac Beku

Dari beberapa indikasi pada pipa ac yang dapat kita jadikan pokok tanda – tanda kondisi unit ac, ada3 Macam indikasi pada pipa ac dapat kita artikan sebagai berikut

  1. Pipa membeku = Tekanan freon rendah
  2. Pipa Kering = Sistem pendingin tidak bekerja
  3. Pipa berembun = Sistem pendingin normal

Oke … baiklah itulah indikasi / tanda – tanda kinerjas unit ac yang dapat kita jadikan patokan untuk memahami permasalahanya, indikasi ini yang biasa umumnya akan terjadi ketika kondisi ac tidak dingin.

Untuk mengatasi permasalahan berat, apabila anda tidak bisa melakukan sendiri silahkan menhubungi teknisi terdekat, bila mana jika anda berdomisili di kota tangerang ada baiknya bila langsung menghubungi kami untuk menyelesaikan permasalahan ac tidak dingin.

Proses pemasangan tidak di vakum

Pemasangan ac baru maupun ac bekas jika tidak dilakukan pemvakuman juga menyebabkan ac menjadi tidak dingin. biasanya masalah ini sering terjadi pada ac yang menggunakan tipe freon R32 dan R410a.

Baca Juga : Cara Vakum AC Unit Baru dan AC Lama 100% Mudah

Ciri – ciri dan indikasi AC tidak dingin dikarenakan pemasangan tidak dilakukan pemvakuman sebagai berikut :

  1. Embun pada evaporator tidak merata atau sedikit
  2. Air pembuangan pada selang drains menetes sedikit
  3. Outdoor AC menghembuskan udara suhu normal
  4. Kondisi tekanan freon penuh
  5. Namun Kedua pipa pada sambungan unit outdoor terlihat kering dan tidak dingin

Cara mengatasi :

  1. Kuras freon didalam unit ac yang sudah tercampur udara.
  2. Vakum ulang (jalur freon dari outdoor pipa instalasai sampai ke unit indoor)
  3. Isi ulang freon baru

Kapasitas Ac tidak sesuai ukuran ruangan

Saat pembelian ac jikas tidak sesua kapasitas ruangan juga dapat menyebabkan Ac tidak dingin, misalnya AC 1/2 ssetengah PK yang seharusnya digunakan pada ruangan kamran berukuran max 3×4, namun ac 1/2Pk tersebut di gunakan pada ruangan ukurannya lebih dari 3×4 maka ac tersebut tidak memadai diatas kemampuannya.

Disarankan sebelum membeli unit ac perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak toko maupun teknis, anda akan mendapatkan saran dan cara cara penggunaan air conditioner (AC)

Baca Juga : cara mudah menghitung kebutuhan ac sesuai ruangan

Baiklah cukup sampai disini itulah 4 penyebab AC Tidak Dingin Dan Cara Mengatasi 100% Mudah

Trimakasih – Salam Dingin – @erajasa_hvac