3 Penyebab udara ac tidak merata / sedikit mudah diatasi

Permasalahan udara ac tidak merata pada bagian unit indoor, kamu tidak perlu khuatir ini merupakan permasalahan ringan dan mudah diatasi.

Sebagai penggunaan ac ketika menemui permasalahan sedikit wajar saja ingin tahu penyebab serta cara mengatasinya, Ada beberapa penyebab udara ac tidak merata yang harus kamu ketahui agar lebih mudah menyampaikan dengan teknisi sehingga sama – sama memahami.

Oke langsung saja kita masuk di topik pembahasan

Penyebab udara ac tidak merata / sedikit dibagian indoor

Ketika udara ac yang menyebur didalam ruangan tidak merata, biasanya pada bagian kanan tidak terasa dingin serta udara sebelah kiri tidak ada semburan udara dan sebaliknya.

Ada beberapa penyebabnya yang menjadikan udara ac tidak merata yang pertama :

1. Telat mencuci berkala

Kesalahan pengguna ac ketika telat dalam perawatan ac seperti membersihkan secara rutin, semakin lama debu akan menempel pada bagian filter udara dan evaporator saluran udara sehingga pada bagian tertentu udara tidak bersirkulasi.

Berikut permasalahan udara ac tidak merata karena kotor tidak pernah dicuci

  1. Saluran udara tertutup debu
  2. Putaran Blower kipas terbebani debu

Kasus ini bisa kamu tes melakukan cuci filter udara dan bedakan perubahan udara yang keluar dari unit indoor, apakah ada perbedaan atau tetap sama.

Info tips cara membersihkan ac sendiri dirumah

Sebenarnya Permasalahan tersebut adalah kerusakan ringan yang mudah diperbaiki cukup dengan melakukan perawatan cuci berkala. Namu ketika melakukan cuci biasa tidak menyelesaikan masalah, diperlukan tindakan lebih lanjut pengecekan saluran udara pada evaporator.

Biasanya kotoran debu lendir terlalu banyakyang kmenumpuk dibagian dalam, permasalahan ini harus dilakukan dengan mecuci besar overhaul keseluruhan baca selengkapnya artikel cuci besar overhaul.

Oke selanjut nya pembahasan permasalahan udara ac tidak merata / sedikit dibagian indoor sesuai pengalaman kami ketika merawat / service ac di pelanggan.

2. Kipas blower indoor melemah

Seperti pembahasan diatas putaran kipas yang melemah atau tidak kencang disebabkan adanya debu yang menumpuk sehingga mengurangi tenaga dinamo, Namu permasalahan ini juga bisa disebabkan kerusakan pada komponen yang bersangkutan dengan kipas,

Apabila ac kamu mengalami udara ac tidak merata / sedikit dibagian indoor namun tetapi kondisi blower masih bersih, permasalahan ini juga dikarenakan kerusakan diantara 2 komponen sehingga putaran kipas melemah atau tidak kencang diantaranya :

  1. Dinamo fan kipas
  2. Kapasitor dinamo

Kemudian tindakan apa yang akan dilakukan ketika ac udara ac tidak merata / sedikit dibagian indoor dikarenakan putaran kipas tidak masimal ? Kita dapat melakukan pengecekan ke dua komponen diatas yaitu dinamo fan dan kapasitornya menggunakan multitester,

Baca selengkapnya Cara mengukur atau cek kapasitor ac

3. Proses evaporasi tidak efisien

Apa itu proses evaporasi ? evaporasi adalah proses freon didalam pipa evaporator bekerja sebagai pengembunan atau penguapan uap dingin pada permukaan luar evaporator,

Ketika proses evaporasi tidak bekerja dengan efisien, maka penguapan embun dingin tidak merata di permukaan luar evaporator, permasalahan ini disebkan beberapa faktor seperti

  1. Tekanan freon kurang maksimal
  2. Pipa evaporator tersumbat oli
  3. Kemampuan kompresor lemah

Permasalahan yang ke tiga ini adalah kerusakan berat yang berurusan pada sistem pendingin, Perlu tindakan lebih lanjut untuk mengatasi 3 faktor permasalahan evaporasi yang menyebabkan udara ac tidak merata / sedikit atau kurang dingin.

Maka dari itu diperlukan pemeriksaan tekanan freon, flusing pipa evaporasi, Cek kemampuan kompresor dalam penekanan (High press) maupun bagian hisab (Low press) untuk mengembalikan peforma proses evaporasi yang tinggi dan efisien.

Oke … inilah 3 penyebab udara ac tidak merata / sedikit, semooga bermanfaat dan semoga berhasil untuk mengatasinya.

Apabila anda pengguna ac sebaiknya segera memanggil teknisi service ac terdekat untuk melakukan perbaikan lebih lanjut mengenaik permasalahan udara ac tidak merata / sedikit, ada baiknya bila anda berdomisili di kota tangerang, segera hubungi kami, siap membantu permasalhan serupa.

Info penyedia jasa service dikota tangerang baca selengkapnya

Oke sekian terimakasih