2 Cara mengetahui ukuran PK ac dengan mudah

Cara mengetahui ukuran PK AC – Hal ini wajib anda ketahui sebelum membeli atau pemasangan ac agar sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Apa itu kata PK pada AC

PK pada AC merupakan singkatan dari “Pemakaian Kelistrikan” atau “Power Consumption” dalam bahasa Indonesia. PK mengacu pada ukuran daya yang dikonsumsi oleh unit AC. Daya AC diukur dalam satuan PK atau Watt (W).

Ukuran PK AC menunjukkan seberapa besar daya yang dibutuhkan oleh unit AC untuk beroperasi. Semakin tinggi nilai PK, semakin besar daya yang dibutuhkan. Sebagai contoh, AC dengan ukuran 1 PK akan memiliki daya yang lebih rendah dibandingkan dengan AC dengan ukuran 2 PK.

Pemilihan ukuran PK AC yang tepat sangat penting untuk memastikan AC dapat berfungsi dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan ruangan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ukuran PK AC meliputi luas ruangan, isolasi termal, jumlah orang yang berada di dalam ruangan, serta peralatan atau sumber panas lain yang ada di ruangan tersebut.

Sebelum membeli AC, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi AC atau ahli HVAC untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat mengenai ukuran PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Mereka dapat melakukan perhitungan yang lebih akurat berdasarkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk mengetahui jumlah PK atau BTU (British Thermal Units) yang tercantum pada AC yang sedang Anda pertimbangkan untuk dibeli, Anda dapat melihat spesifikasi teknis yang biasanya tertera pada kemasan atau brosur produk, atau pada situs web produsen atau penjual.

Jika Anda sedang melihat brosur atau situs web produk, biasanya informasi tentang kapasitas AC dalam satuan PK atau BTU akan tercantum di bagian spesifikasi teknis atau informasi produk. Anda dapat mencari istilah seperti “kapasitas”, “daya”, “PK”, atau “BTU” untuk menemukan informasi yang Anda cari.

Selain itu, jika Anda berada di toko fisik dan melihat langsung AC yang ingin Anda beli, Anda dapat melihat pada label yang biasanya terdapat pada bodi AC itu sendiri. Label tersebut akan mencantumkan informasi tentang kapasitas AC dalam satuan PK atau BTU.

Jika Anda masih kesulitan menemukan informasi tersebut, sebaiknya Anda bertanya kepada penjual atau konsultan AC yang ada di toko atau menghubungi produsen AC tersebut secara langsung. Mereka akan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai kapasitas AC yang Anda pertimbangkan untuk dibeli.

Perbedaan PK dan BTU

PK (Pemakaian Kelistrikan) dan BTU (British Thermal Units) adalah dua satuan yang sering digunakan untuk menentukan kapasitas AC. Meskipun keduanya digunakan untuk mengukur kapasitas pendinginan AC, namun keduanya memiliki perbedaan.

PK (Pemakaian Kelistrikan) adalah satuan yang digunakan untuk mengukur daya listrik yang digunakan oleh AC. Satu PK setara dengan daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan AC sebesar 746 watt. Misalnya, AC dengan kapasitas 1 PK akan memerlukan daya listrik sebesar 746 watt.

Sementara itu, BTU (British Thermal Units) digunakan untuk mengukur jumlah panas yang dapat dihilangkan oleh AC dalam waktu satu jam. Satu BTU setara dengan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu satu pon air sebesar satu derajat Fahrenheit. Semakin besar jumlah BTU yang dimiliki AC, semakin banyak panas yang dapat dihilangkan dalam waktu satu jam.

Dalam prakteknya, kapasitas AC yang diukur dalam satuan PK dan BTU seringkali menjadi acuan yang saling melengkapi. Sebagai contoh, AC dengan kapasitas 1 PK setara dengan 9.000 BTU/hour. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan satuan yang tepat dalam menentukan kapasitas AC harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan yang ingin didinginkan.

Cara Mengetahui Ukuran PK AC

kali ini kami akan membagi informasi Cara mengetahui ukuran pk ac dengan memperhatikan langkah – langkah di bawah ini untuk mengetahuinya,

Berikut 2 cara melihat ukuran pk ac, yang dapat anda cocokan pada unit ac anda untuk mengetahui ukuran PK nya, untuk ac rumah kurang lebih menggunakan ukuran seperti di bawah ini:

Menentukan Ukuran PK ac (BTU)

Perhatikan pada gambar di bawah ini, untuk menentukan ukuran ac dengan cara memperhatikan tabel kapasitas nilai BTU/h nya

Ukuran ac daikin

Gambar diatas, terdapat tabel kapasitas 8.200 / 8.500 Btu/h, jadi unit ac tersebut berukuran 1Pk, namun apabila nilai btu tidak sampai pada patokan 1Pk (9000 Btu) tetapi diatas kapasitas 7000Btu, tetap dinyatakan ac tersebut berukuran 1 Pk yang berkapasitas / ukuran tipe low wat. nilai 9000Btu/h adalah ukuran type ac standar.

NoNilai btu/hukuran unit ac
15.000 Btu/hSetengah (Pk)
27.000 Btu/hTiga per empat (Pk)
39.000 Btu/hSatu (Pk)
412.000 Btu/hSatu setengah (Pk)
518.000 Btu/hdua (Pk)
Ukuran ac sesuai kapasitas (BTU)

Apabila Ac anda yang memiliki kapasitas kurang dari nilai btu seperti tabel diatas, adalah ac berukuran type lowat, contoh: 4500 Btu = ac berukuran setengah Pk Low wat. 8.500Btu = ac 1 Pk Low wat

Apabila name plate tidak ada table kapasitas BTU/h, Kita juga bisa menentukan ukuran ac dengan cara memperhatikan pada kode tipe/model yang tersedia.

Mengetahui Ukuran PK ac sesuai kode type / model

Mengetahui ukuran ac dengan cara melihat pada kode model / type pada name plate yang terdapat pada unit maupun kardus pack, seperti berikut ini:

Gambar dibawah terdapat keterangan model dan kode nya, yaitu MODEL AU-X12NSY, Kode ini tidak jauh beda dengan ukuran nilai btu seperti tabel sebelum nya,

Ukuran ac sharp

Jadi namplate pada gambar diatas menujukan ac tersebut yaitu 1.5 Pk (Satu setengah PK)

Tabel kode model / tipe ac yang dapat kita gunakan untu mengetahui ukuran ac, sebagai berikut:

Nah itulah cara – cara mengetahui ukuran pk ac, Yang dapat kami share , semoga dapat di pahami dengan mudah,

Ukuran PK AC Standar

Ukuran AC atau kapasitas AC diukur dalam satuan PK (Pemakaian Kelistrikan) atau Watt (W). Ukuran yang tepat dari AC tergantung pada luas ruangan dan kondisi termalnya, jumlah orang yang berada di dalam ruangan, kondisi isolasi ruangan, serta jumlah peralatan elektronik atau sumber panas lain yang ada di dalam ruangan.

Berikut ini adalah panduan umum untuk memilih ukuran AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan:

  • Ruangan dengan luas kurang dari 10 m² membutuhkan AC dengan ukuran 1/2 PK (5.000 BTU/hour).
  • Ruangan dengan luas antara 10-16 m² membutuhkan AC dengan ukuran 3/4 PK (7.500 BTU/hour).
  • Ruangan dengan luas antara 16-21 m² membutuhkan AC dengan ukuran 1 PK (9.000 BTU/hour).
  • Ruangan dengan luas antara 21-30 m² membutuhkan AC dengan ukuran 1.5 PK (12.000 BTU/hour).
  • Ruangan dengan luas antara 30-40 m² membutuhkan AC dengan ukuran 2 PK (18.000 BTU/hour).

Namun, panduan ini hanya bersifat umum. Sebelum membeli AC, sebaiknya lakukan perhitungan yang lebih akurat dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi AC atau ahli HVAC untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat mengenai ukuran AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda

Cara mengetahui PK AC R32 / R410A dari Watt

Berikut cara mudah mengetahui ukuran PK AC terbaru R32 dan R410A, melalui ukuran wat :

  • 300 – 490 watt = 1/2PK (Setengah)
  • 500 – 690 Watt = 3/4PK (Tiga seper empat)
  • 700 – 899 Watt = 1Pk (Satu)

Jika ada pertanyaan seputar ukuran unit ac, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, trimakasih …